Perahu motor

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Hacker-Craft 2010 tripelkokpit Runabout
2004, Spencer Runabout 22 kaki
1928 Chris Craft Cadet
1929 Richardson Croisette, 29 kaki, mesin Chrysler Ace

Perahu motor adalah perahu yang memiliki mesin. Sebagian perahu bermotor dipasangi mesin dalam, yang lain memiliki mesin tempel yang dipasang di bagian belakang, memuat mesin pembakaran dalam, kotak gigi dan baling-baling dalam sebuah unit portabel.

Mesin dalam/tempel memuat cangkokan pembangkit listrik dan tempel, dan mesin pembakaran dalaman dipasang di dalam perahu, sedangkan kotak gigi dan baling-baling di luar.

Terdapat dua susunan dalam, yakni persneling-v dan persneling langsung. Persneling langsung memiliki pembangkit yang dipasang dekat bagian tengah perahu dengan batang baling-baling lurus ke belakang, yang persneling-v memiliki pembangkit yang dipasang di bagian belakang perahu yang menghadap ke belakang dan memiliki batang ke depan perahu kemudian membuat putaran 'V' ke belakang. Persneling-v menjadi semakin populer berkat olahraga wakeboarding dan wakesurfing.

Perahu motor memiliki beraneka macam ukuran dan konfigurasi, dari 4 meter, jenis konsol terbuka hingga megayacht mewah yang sanggup menyeberangi samudera.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sungguh pun baling-baling sekrup telah dipasang di mesin uap pada awal abad ke-18 di Birmingham, Inggris oleh James Watt, mesin bensin baru ada pada paruh terakhir abad ke-19, yang pada saat itu Frederick William Lanchester menyadari potensi dari penggabungan kedua komponen untuk menciptakan perahu motor Britania pertama, yang setelah diuji di Oxford, perahu bermotor pun lahir. Belakangan, nelayan di San Francisco mulai mengubah falukkahnya menjadi kliper monterey generasi pertama, juga dikenali di situ sebagai put-puts.

Lanchester mulai mengalami konflik antara pekerjaannya sebagai pengurus dan kerja penyelidikannya terganggu. Dengan itu, pada tahun 1893, dia berhenti dari kedudukannya dan digantikan oleh adiknya George. Pada masa yang sama dia menghasilkan mesin kedua yang sama rancangannya dengan sebelumnya tetapi menggunakan benzena 800 r.p.m. Bagian penting mesin barunya adalah karburatornya yang revolusioner karena mencampurkan bahan bakar dan udara dengan benar. Penemuannya dikenal sebagai kaburator sumbu, kerana bahan bakar ditarik masuk melalui baris sumbu, yang kemudian menguap. Dia mematenkan ciptaannya pada tahun 1905.

Lanchester memasang mesin bensin barunya pada kapal berkas berlantai dasar buatannya, yang mesin berputar menggunakan roda pendayung belakang. Lanchester membuat kapal berkasnya di taman rumahnya di Olton, Warwickshire. Perahu ini diluncurkan di tempat peluncuran Salter di Oxford pada tahun 1904, dan merupakan perahu motor pertama.

Galeri[sunting | sunting sumber]