Revolusi per menit

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Rotasi per menit)
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

[1]

Revolusi per menit (rpm) adalah unit untuk frekuensi. Umumnya, unit ini digunakan untuk menyatakan kecepatan revolusi (perputaran) setiap menitnya. Biasanya digunakan sebagai satuan untuk menunjukkan kecepatan mesin mobil atau kecepatan hard disk komputer. Misalnya, bahkan dalam golf atau baseball, ketika sebuah bola terbang sambil berputar dengan kecepatan konstan, RPM digunakan sebagai unit untuk menunjukkan berapa kali bola berputar per menit. RPM adalah satuan yang menyatakan jumlah putaran per menit dari semua benda yang berputar.

Dalam kasus mobil dan sepeda motor, itu ditampilkan melalui takometer, dan mobil umumnya mengacu pada takometer mesin yang dipasang pada panel instrumen. Jika Anda melihat tachometer ini, angka 0 hingga 9 ditampilkan. Di sini, 1 berarti 1.000 rpm, dan 2 berarti 2.000 rpm. 1.000 rpm berarti poros engkol, poros utama mesin, berputar 1.000 putaran per menit. Dengan kata lain, jika mesin berputar 1.000 kali per menit, itu adalah 1.000rpm, dan jika berputar 1.500 kali, itu adalah 1.500rpm.

Peningkatan RPM berarti peningkatan kecepatan putaran mesin, dan peningkatan kecepatan putaran berarti output dan kecepatan kendaraan juga terpengaruh. Dengan kata lain, jika torsi konstan, semakin tinggi RPM, semakin tinggi kecepatannya. Namun, RPM dan kecepatan kendaraan belum tentu proporsional. Karena keluaran kendaraan (tenaga kuda) adalah produk dari torsi, yang merupakan gaya putar mesin, dan RPM, maka juga dipengaruhi oleh torsi.

Di komputer, ini mengacu pada kecepatan di mana piringan hard disk berputar per menit. Platter adalah istilah yang digunakan untuk membedakan disk dalam hard disk drive (HDD) dari jenis disk lainnya, dan mengacu pada disk bundar tempat data direkam pada hard disk. Platter harus berputar untuk membaca data dari hard disk, dan semakin cepat kecepatan putaran, semakin cepat kecepatan membaca. Di sisi lain, karena berputar dengan kecepatan tinggi, ada kerugiannya yaitu panas meningkat dan kebisingan meningkat. Secara umum, semakin tinggi RPM, semakin tinggi kualitasnya, dan semakin tinggi harganya.

Kecepatan floppy disk biasanya sekitar 300 rpm, sedangkan kecepatan putaran hard disk adalah 3.600 rpm atau lebih. Baru-baru ini, 5.400·7.200rpm produk sedang diproduksi, dan hard disk SCSI dengan 10.000rpm atau lebih tinggi sedang dirilis.

contoh lain[sunting | sunting sumber]

Contoh: mesin mobil berputar antara 600 sampai 6.000 rpm berarti berputar sebanyak 600 sampai 6.000 kali per menit, plat piringan hitam berputar pada 78 rpm yang berarti berputar pada kecepatan 78 kali per menit, dan cakram CD audio berputar dengan kecepatan antara 180 dan 500 rpm yang berarti berputar sebanyak antara 180 dan 500 putaran per menitnya.

masalah definisi[sunting | sunting sumber]

Perlu diperhatikan beberapa orang mungkin keliru dalam definisi rpm ini, kesalahan dalam definisi mungkin terjadi akibat penerjemahan yang salah dari bahasa inggris (rpm = revolution per minutes) ke bahasa indonesia (rpm = rotasi per menit) atau jadinya (rpm = rotation per minutes).

Namun, pada nyatanya kedua definisi yang berbeda itu tetaplah sama. rpm tetap mengartikan (putaran per menit). Menyatakan banyaknya suatu benda berputar pada porosnya selama satu menit.

mari kita analisa lebih lanjut, Kita tahu bahwa rpm memiliki hubungan dengan frekuensi dimana 1Hz sama dengan 60rpm atau 1rpm sama dengan 1/60Hz.

f = banyaknya putaran / sekon

rpm = banyaknya putaran / menit, atau banyaknya putaran / 60 sekon.

Dengan kata lain, rpm = 1/60 f dan f = 60 rpm.

dari data diatas dapat diketahui jika : Memang benar bahwa rpm = revolusi per menit atau banyaknya putaran per menit.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ GridOto.com. "Belum Banyak yang Tahu, Ini Arti Singkatan RPM". www.gridoto.com. Diakses tanggal 2021-03-27.