Apink

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Apink
에이핑크
Apink di bulan July 2018 (Dari kiri ke kanan: Na-eun, Bo-mi, Ha-young, Cho-rong, Eun-ji, Nam-joo)
Apink di bulan July 2018
(Dari kiri ke kanan: Na-eun, Bo-mi, Ha-young, Cho-rong, Eun-ji, Nam-joo)
Informasi latar belakang
AsalSeoul, Korea Selatan
GenreK-pop, Pop, Dance-pop
Tahun aktif2011–sekarang
LabelIST, UMG (EMI)
Situs webplanaent.co.kr/apink (Korea)
AnggotaPark Chorong
Yoon Bomi
Jung Eunji
Son Naeun
Kim Namjoo
Oh Hayoung
Mantan anggotaHong Yookyung

Apink (bahasa Korea: 에이핑크) adalah grup vokal wanita asal Korea Selatan yang beranggotakan 6 orang di bawah IST Entertainment (sebelumnya A Cube Entertainment, Plan A Entertainment, Play M Entertainment). Grup ini debut pada 19 April 2011 dengan mini album Seven Springs of Apink. Di awal kariernya, mereka terkenal dengan imej imut dan polos di panggung musik, sangat berbeda dengan kebanyakan girlband Korea Selatan masa kini yang kebanyakan memiliki konsep seksi dan dewasa. Grup ini terdiri dari Park Cho-rong, Yoon Bo-mi, Jung Eun-ji, Son Na-eun, Kim Namjoo dan Oh Hayoung. Hong Yookyung keluar pada April 2013 karena memilih untuk fokus kepada pendidikannya. Hingga kini Apink bertahan dengan 6 anggota.

Sejak debut mereka, Apink telah memenangkan penghargaan di acara-acara seperti Golden Disc Awards, Seoul Music Awards dan Mnet Asian Music Awards. Kemenangan program musik pertama mereka adalah di M! Countdown pada 5 Januari 2012, dengan lagu "My My" dari mini album kedua mereka Snow Pink. Hingga saat ini, Apink telah merilis sembilan mini album Korea, tiga album studio Korea, dan tiga album studio Jepang.

Anggota[sunting | sunting sumber]

Nama panggung Nama lahir Tanggal lahir Posisi Fansclub
Romanisasi Hangul Romanisasi Hangul
Chorong 초롱 Park Cho Rong 박초롱 3 Maret 1991 (umur 30) Leader, Vocal, Main Rapper Chokies
Bomi 보미 Yoon Bo Mi 윤보미 13 Agustus 1993 (umur 28) Lead Vocal, Main Dancer Blommies
Eunji 은지 Jung Hye Rim 정혜림 18 Agustus 1993 (umur 28) Main Vocal, Visual EunMazing
Naeun 나은 Son Na Eun 손나은 10 Februari 1994 (umur 27) Vocal, Lead Dancer, Visual Naeunnies
Namjoo 남주 Kim Nam Joo 김남주 15 April 1995 (umur 26) Lead Vocal, Lead Rapper Joosters
Hayoung 하영 Oh Ha young 오하영 19 Juli 1996 (umur 25) Maknae, Vocal, Rapper HayZelnut

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pra-debut[sunting | sunting sumber]

Pada Februari 2011, A Cube Entertainment mengumumkan trainee pertama untuk girl grup baru, Apink, adalah Son Na-eun, yang tampil dalam video musik Beast '"Soom" (숨; "Breath"), "Beautiful" dan "Niga Jeil Joha" (니 가 제일 좋아; "I Like You the Best") pada akhir 2010. Park Cho-rong, yang muncul di akhir video musik Jepang "Shock" Beast, bergabung berikutnya, sebagai pemimpin grup. A Cube mengumumkan Oh Ha-young sebagai anggota ketiga. Pada bulan Maret, Jeong Eun-ji diperkenalkan sebagai anggota keempat di akun Twitter A Cube melalui videonya menyanyikan lagu Jennifer Hudson yang berjudul "Love You I Do". Hong Yoo-kyung juga diumumkan melalui video online ketika dia bermain piano. Dua anggota terakhir, Yoon Bo-mi dan Kim Nam-joo, diperkenalkan melalui reality show grup, Apink News.

Sebelum debut grup, film dokumenter Apink News ditayangkan di saluran kabel Korea Trend E. Acara tersebut mencatat proses pembentukan Apink. Episode dipandu oleh berbagai selebriti, termasuk G.NA, Mario, MBLAQ Seung Ho dan G.O, Beast, 4minute, 2AM Jinwoon, Secret Sunhwa dan Hyoseong. Seminggu sebelum debut resmi Apink, mereka merilis iklan televisi pertama mereka untuk Ceylon Tea.

2011[sunting | sunting sumber]

Grup ini merilis mini album debut mereka, Seven Springs of Apink dan video musik untuk singel utamanya, "Mollayo" (몰라요; "I Don't Know"), pada 19 April 2011. Album ini terdiri dari lima lagu, termasuk "It Girl "dan" Wishlist ". Video musik untuk "Mollayo" menampilkan member Beast, Lee Gi-kwang. Apink membuat penampilan panggung debut mereka dengan "Mollayo" di M Countdown Mnet pada 21 April untuk mempromosikan album mereka. Setelah beberapa bulan mempromosikan "Mollayo", mereka mulai mempromosikan "It Girl". Apink juga merekam lagu "Uri Geunyang Saranghage Haejuseyo" (우리 그냥 사랑 하게 해주세요; "Please Let Us Love") untuk drama SBS, Protect the Boss, yang soundtracknya dirilis pada September 2011. Pada November 2011, Apink mulai merekam acara televisi realitas berjudul Birth of a Family bersama boyband Infinite. Pertunjukan tersebut menunjukkan upaya kedua grup untuk merawat hewan yang terlantar dan teraniaya selama delapan minggu.

Grup ini merilis mini album kedua mereka, Snow Pink, pada 22 November 2011, dengan singel utama "My My" yang dibuat oleh Shinsadong Tiger. Promosi untuk "My My" dimulai pada 25 November di KBS Music Bank. Promosi untuk "My My" termasuk kafe teh idola satu-hari, melayani penggemar untuk mengumpulkan keuntungan untuk amal, di mana anggota grup menyiapkan makanan dan minuman sendiri. Para anggota juga melelang barang pribadi mereka untuk amal. Di bulan yang sama, Apink menerima penghargaan pertama mereka, "Female Rookie Award", di Mnet Asian Music Awards 2011 yang diadakan di Singapura. Pada bulan Desember 2011, Apink dan Beast merilis video musik dari lagu "Skinny Baby" untuk seragam sekolah merek Skoolooks. Pada Januari 2012, mereka menerima tiga penghargaan "Rookie Awards" lagi, di Korean Culture & Entertainment Awards dan Golden Disk Awards yang diadakan di Osaka dan High 1 Seoul Music Awards di Seoul.

2012[sunting | sunting sumber]

Apink menampilkan "Bubibu" di acara Mnet M! Countdown Smile Thailand Southeast Asia, 2012.

Pada Januari 2012, Apink memenangkan penghargaan acara musik pertama mereka di M! Countdown Mnet untuk "My My". Pada bulan Februari, mereka menerima penghargaan "Rookie of the Year" di Gaon Chart Awards pertama. Grup ini tampil di Canadian Music Fest pada Maret 2012. Apink News dilanjutkan selama tiga musim. Untuk season 3, yang mulai mengudara pada Juni 2012, anggota Apink berkontribusi sebagai penulis, operator kamera, sutradara, dan pekerjaan produksi lainnya.

Grup ini selanjutnya merilis lagu khusus "19 April" (4월 19일) untuk merayakan ulang tahun pertama mereka. Lagu tersebut dibuat oleh Kim Jin-hwan, dengan lirik yang dibuat oleh pemimpin grup, Park Cho-rong. Lagu tersebut dimasukkan ke dalam album studio pertama mereka, Une Année, yang dirilis pada 9 Mei 2012. Grup ini memulai promosi album dengan penampilan mingguan di program musik untuk membawakan lagu utama "Hush" hingga bulan Juni. Mereka terus mempromosikan album tersebut di bulan Juli dengan merilis single ketiga mereka dari album tersebut, "Bubibu". Single ini dipilih oleh penggemar melalui polling di situs Mnet.

2013[sunting | sunting sumber]

Pada Januari 2013, Apink merekam single lain bersama dengan Beast untuk mempromosikan Skoolooks. Pada tanggal 5 Januari, di konser AIA K-POP 2013 di Hong Kong, grup ini menampilkan beberapa lagu mereka bersama dengan grup Cube Entertainment lainnya, 4Minute dan Beast. Pada April 2013, Play M Entertainment merilis pernyataan bahwa Hong Yoo-kyung meninggalkan grup karena jadwal pendidikan dan Apink akan terus berlanjut sebagai grup beranggotakan enam orang tanpa menambahkan anggota baru.

Mini album ketiga mereka, Secret Garden, dan musik untuk lagu utamanya, "NoNoNo", dirilis pada 5 Juli 2013. "NoNoNo" adalah single dengan peringkat tertinggi mereka, memuncak hingga menduduki nomor 2 di Billboard's K-Pop Hot 100. Pada November 2013, di Mnet Asian Music Awards 2013, A Pink menerima penghargaan the Next Generation Global Star. Pada bulan Desember, Apink berkolaborasi dengan Beast, 4Minute, BTOB, G.NA, Roh Ji-hoon, Shin Ji-hoon dan Kim Kiri untuk merilis "Christmas Song". Di bulan yang sama, mereka merekam single kolaborasi dengan B.A.P, berjudul "Mini" untuk Skoolooks. Pada Juli 2013, Apink terpilih sebagai duta kehormatan untuk Seoul Character & Licensing Fair 2013.

2014[sunting | sunting sumber]

Apink pada Unison Festival, 5 September 2014

Pada 13 Januari 2014, Apink merilis lagu "Good Morning Baby" yang dibuat oleh Duble Sidekick, untuk merayakan hari ke-1.000 sejak debut grup. Lagu tersebut menduduki peringkat 6 di chart mingguan Gaon. Mini album keempat mereka, Pink Blossom, dan video musik untuk lagu utama, "Mr. Chu", yang juga dibuat oleh Duble Sidekick, dirilis pada 31 Maret. Lagu ini menduduki peringkat 2 di Billboard's K-Pop Hot 100. Apink memenangkan enam piala di pertunjukan musik untuk "Mr. Chu", dan lagu tersebut menjadi lagu digital terlaris kedelapan pada tahun 2014, menurut grafik akhir tahun Gaon.

Pada Juni 2014, Yoon Bomi dan Kim Namjoo membentuk sub-unit bernama Apink BnN, yang merilis single "My Darling" untuk Proyek Ulang Tahun ke-10 Brave Brothers. "My Darling" kemudian dimasukkan ke dalam Pink Luv, mini album kelima Apink. Single "Break Up to Make Up" untuk proyek A Cube for Season #Sky Blue, menampilkan Jeong Eunji dan rekan satu labelnya Huh Gak, dirilis pada 8 Juli, peringkat pertama di chart digital mingguan Gaon. Pada bulan Agustus, Apink dipilih untuk menggantikan Beast di reality show MBC Every1, Showtime. Showtime Apink pertama kali ditayangkan pada 7 Agustus 2014, dan ada total delapan episode. Pertunjukan tersebut mengikuti aktivitas sehari-hari anggota Apink.

Apink memulai debutnya di Jepang dengan showcase pada 4 Agustus di Tokyo dan pada 15 September di Osaka dengan 6.000 penggemar yang hadir. Single berbahasa Jepang pertama mereka, "NoNoNo" dan "My My" versi Jepang, dirilis pada 22 Oktober. Single ini menduduki peringkat 4 di chart single mingguan Oricon. Lebih dari 20.000 penggemar berkumpul untuk acara debut mereka yang diadakan di tiga kota di Jepang itu.

Sejak September hingga November 2014, Apink mengumpulkan dana untuk Seungil Hope Foundation untuk membangun rumah sakit bagi pasien ALS. Pada bulan November, klub penggemar online Apink melampaui 100.000 anggota. Pada 13 November, Apink menerima penghargaan Best Female Dance di MelOn Music Awards ke-6 untuk video mereka "Mr. Chu".

Pada November 2014, grup ini merilis mini album kelima mereka, Pink Luv, serta video musik untuk lagu utamanya, "Luv", yang dibuat oleh Shinsadong Tiger. Lagu ini menduduki peringkat pertama di tangga lagu digital mingguan dan bulanan Gaon, dan mini album Pink Luv menduduki puncak tangga lagu album mingguan Gaon di minggu pertama rilis. Apink pertama kali membawakan "Luv" secara live di sebuah showcase pada tanggal 20 November, diikuti oleh penampilan Music Bank keesokan harinya, sebelum album dirilis. Grup ini memenangkan tempat pertama di ketiga acara musik utama Korea dua minggu berturut-turut, satu-satunya grup wanita yang melakukannya pada tahun 2014. Selain The Show dan Music Core, mereka juga memenangkan triple crown di Inkigayo, yang hanya memungkinkan jika mendapat tiga kemenangan sebelumnya. Mereka menyelesaikan tahun ini dengan memenangkan semua acara musik di bulan Desember dengan "Luv". Pada peringkat akhir tahun Gaon, Apink adalah girl grup terlaris ketiga pada tahun 2014.

2015[sunting | sunting sumber]

Apink selama konser Pink Paradise di Shanghai

Pada tanggal 10 Januari 2015, Apink menjadi grup pertama yang memenangkan penghargaan Five Consecutive dalam Music Core. Di bulan yang sama, Apink menerima Penghargaan "Digital Bonsang" dan "Grup Penampilan Wanita Terbaik" pada Golden Disk Awards ke 29 di Beijing, "Bonsang" dsn Penghargaan "Popularitas" di acara Seoul Music Awards, "Best Female Group" pada Korean Culture and Entertainment Awards dan "Single Terbaik Bulan Desember" pada acara Gaon Chart K-Pop Awards. Konser utama pertama mereka, disebut sebagai 'Pink Paradise', diadakan di Olympic Hall, Olympic Park, pada tanggal 30 dan 31 Januari. 7.200 tiket konser terjual habis dalam waktu dua menit setelah mulai dijual. Apink released a Japanese version of "Mr. Chu" pada 18 Februari 2015, yang juga menyertakan versi Jepang dari "Hush". Lagu tersebut mencapai nomor 2 di tangga lagu mingguan Oricon, terjual 54.000 salinan pada minggu pertama perilisannya.

Pada bulan Februari 2015, Apink memasuki "Forbes" Korea Power Celebrity untuk pertama kalinya di nomor 18. Pada bulan yang sama tersebut, grup tersebut terpilih sebagai salah satu dari "3 Artis Baru Terbaik (Asia)" di Japan Gold Disc Awards, yang diadakan oleh Recording Industry Association of Japan.

Apink menajuk konser luar negeri pertama mereka "Pink Paradise" di Singapura di The MAX Pavilion pada tanggal 22 Maret. Mereka tampil di Korean Times Music Festival di Los Angeles pada bulan Mei, acara "Music Bank" di Hanoi, Vietnam menampilkan "Pink Paradise" di Shanghai.

Apink merilis single berjudul Promise Upada 19 April, yang ditulis oleh Jeong Eun-ji untuk memperingati ulang tahun keempat Apink. Versi Jepang dari "Luv" dirilis pada 20 Mei sebagai single ketiga mereka, dengan "Good Morning Baby" sebagai sisi-B. Mereka membawakan lagu tersebut untuk pertama kalinya di "Girls Award 2015 Spring/Summer" di Tokyo pada 29 April sebelum perilisannya.

Pada tanggal 16 Juli, grup ini merilis album lengkap kedua mereka, Pink Memory, bersamaan dengan lagu utama "Remember". Pada tanggal 22 dan 23 Agustus, grup tersebut mengadakan konser kedua mereka "Pink Island" di Jamsil Indoor Stadium, setelah itu mereka memulai aktivitas di luar negeri termasuk fan meeting di Thailand, mengadakan tur konser pertama mereka di Jepang, dan pertunjukan di Panggung Dunia MTV di Malaysia 2015. Pada tanggal 26 Agustus, grup ini merilis album lengkap Jepang pertama mereka Pink Season.

Pada November 2015, Apink mengumumkan tur pertama mereka di Amerika Utara dan dijadwalkan tampil di Vancouver, Dallas, San Francisco and Los Angeles. Single Jepang keempat grup itu "Sunday Monday" dirilis pada 9 Desember, bersama dengan "Petal" versi Jepang sebagai lagu sisi-B. Pada akhir 2015, Apink menerima Top 10 untuk MelOn Music Awards. Grup ini menutup tahun sebagai girl grup terlaris kedua tahun 2015 dengan penjualan album Pink LUV dan Pink Memory.

2016[sunting | sunting sumber]

Apink memulai tur Amerika Utara mereka pada 5 Januari di Vancouver, diikuti dengan pertunjukan di Dallas, San Francisco dan Los Angeles. Pada bulan yang sama, mereka dianugerahi Bonsang untuk Seoul Music Awards dan Disk Bonsang untuk Golden Disk Awards. Pada 24 Januari, grup diundang untuk menghadiri KKBOX Music Awards di Taiwan. Pada tanggal 25 Februari, grup ini merilis video musik untuk lagu asli Jepang pertama mereka yang berjudul "Brand New Days". Lagu tersebut adalah lagu tema pembuka untuk anime Rilu Rilu Fairilu ~Yousei No Door~. Grup ini tampil di Asian Film Awards ke-10 pada 17 Maret. Pada tanggal 2 April, grup tersebut menampilkan konser mini "Pink Memory Day" di Singapura. Pada tanggal 19 April, Apink merilis single digital berjudul "The Wave", yang ditulis oleh Park Cho-rong untuk merayakan ulang tahun ke-5 mereka bersama dengan sebuah photobook berjudul "Girls' Sweet Repose".

Apink di Upacara Pembukaan Korea Sale Festa, 30 September 2016

Apink tampil bersama artis internasional OneRepublic, Far East Movement, Bebe Rexha dan artis Filipina Gary Valenciano, putranya Gabriel, James Reid dan Nadine Lustre untuk MTV Music Evolution di Manila pada 24 Juni. Apink mengadakan tur konser Jepang kedua mereka pada bulan Juli, dimulai di Sapporo pada 7 Juli. Mereka tampil di depan 20.000 penggemar selama enam konser di lima kota dan dijadwalkan untuk merilis single Jepang ke-6 mereka, "Summer Time!", pada 3 Agustus. Untuk mempromosikan lagu tersebut, Apink mengadakan acara perilisan di tujuh kota berbeda, mulai 1 hingga 7 Agustus, dimulai di Fukuoka, diikuti dengan acara di Hiroshima, Nagoya, Osaka, [[Kobe] ], Tokyo dan Niigata.

Apink merilis album Korea full-length ketiga mereka, Pink Revolution, pada 26 September 2016, setelah jeda satu tahun dua bulan, grup terlama sejak debut. Lagu utama, "Only One" (내가 설렐 수 있게), digunakan untuk mempromosikan album bersama dengan trek-B "Boom Pow Love" and "Ding Dong". Di hari yang sama, mereka menggelar showcase yang disiarkan langsung melalui V-live. Apink bekerja dengan Black Eyed Pilseung untuk judul lagu, serta produser terkenal seperti Shinsadong Tiger dan Dsign Music untuk B-side (sisi-B). "Only One" menduduki puncak tujuh tangga musik di Korea hanya beberapa jam setelah dirilis. Selama showcase, leader Cho-Rong menyatakan bahwa "Pink Revolution" akan menggabungkan rasa baru pertumbuhan dan kedewasaan Apink sejak debut, sementara Eun-ji menjelaskan bahwa Apink akan mulai fokus pada pembuatan musik yang kompleks dan indah, daripada trek yang "menyenangkan dan catchy." Apink mempromosikan "Only One" and Pink Revolution selama hampir sebulan, dan album tersebut telah terjual lebih dari 50.000 salinan di Korea Selatan.

Pada November 2016, Apink memulai Tur Asia "Pink Aurora" mereka, tampil di berbagai tujuan di seluruh Asia Timur, termasuk Taiwan dan Singapura. Plan A Entertainment juga mengumumkan konser Korea ke-3 Apink "Pink Party", yang diadakan di Seoul pada tanggal 17 dan 18 Desember. Setelah pengumuman ini, tiket terjual habis hanya dalam waktu dua menit. Juga selama waktu ini, Apink kembali ke Jepang untuk mempromosikan album Jepang kedua mereka yang akan datang, Pink Doll, yang akan dirilis di Jepang pada 21 Desember.

On November 30, Pada tanggal 30 November, Plan A Entertainment mengumumkan melalui Naver bahwa Apink akan kembali pada tanggal 15 Desember dengan album spesial pertama mereka, Dear, meskipun aktivitas dan promosi yang ketat sepanjang akhir tahun 2016. Plan A menyatakan bahwa album ini akan memuji cinta yang tak tergoyahkan dan dukungan yang tak ternilai dari penggemar mereka sejak debut. Dear memiliki lima lagu orisinal baru, tiga di antaranya adalah duet yang dinyanyikan dan ditulis secara eksklusif oleh pasangan anggota. Sebuah video musik untuk lagu utama album, "Cause You're My Star," diunggah di YouTube oleh kanal resmi 1theK dan Apink. Album ini juga menyertakan versi instrumental dan balada dari hit Apink sebelumnya termasuk "Mr. Chu", "NoNoNo", "Luv", dan "April 19".

2017[sunting | sunting sumber]

Apink tampil di Mercedes Benz Donatic & Race Event pada Mei 2017

Pada 21 Maret, Apink merilis single Jepang ketujuh mereka, "Bye Bye". Pada 19 April, Apink merilis lagu penggemar yang lain, yaitu "Always".

Pada tanggal 26 Juni, Pink Up dirilis, bersamaan dengan single "Five", yang ditulis oleh Shinsadong Tiger. Dalam minggu pertama perilisannya, Pink Up menduduki puncak Gaon Album Chart, yang pertama sejak Pink Luv. "Five" memuncak di nomor 4 di chart digital.

Apink merilis single Jepang kedelapan mereka yang bertajuk "Motto GO! GO!" pada tanggal 25 Juli dan mempromosikan lagu tersebut dengan mengadakan tur Jepang ketiga mereka, '3 Years' - tampil di Kobe pada tanggal 22, Nagoya pada tanggal 26, dan Yokohama pada tanggal 30 Juli. Sebagai kolaborasi dengan rekan satu label Huh Gak dan Victon, Apink merilis "Oasis" pada 3 Agustus, sebuah remake dari lagu Brown Eyed Girls tahun 2007.

Mulai bulan Agustus, Apink memulai Tur Asia "Pink Up" mereka, tampil di Hong Kong, Bangkok, dan Taipei. Pada bulan Oktober, Apink kembali ke Jepang untuk mempromosikan single Jepang kesembilan mereka, "Orion", dan kemudian pada bulan itu juga mengumumkan penutupan fan club Jepang mereka, yaitu 'Panda Japan'. Di Asia Artist Awards pada 15 November, Apink memenangkan 'Penghargaan Selebriti Terbaik'.

2018[sunting | sunting sumber]

Apink di bulan Maret 2018

Apink mengadakan konser Korea keempat mereka "Pink Space" di Seoul pada tanggal 12 dan 13 Januari. Konser tersebut, yang diumumkan pada bulan Desember 2017, telah terjual habis tiketnya tiga menit setelah pengumumannya. Untuk merayakan ulang tahun ketujuh mereka, Apink merilis single "Miracle" dan photobook pada 19 April, diikuti dengan fan meeting yang diadakan pada 21 April.

Pada tanggal 2 Juli, Apink merilis mini album ketujuh mereka One & Six. Lagu utama, "I'm So Sick" (Hangul1도 없어), digunakan untuk mempromosikan album bersama dengan lagu-B "Alright". Sekali lagi, Apink bekerja sama dengan kolaborator umum Black Eyed Pilseung untuk lagu utama, yang sebelumnya memproduksi "Only One". Dengan comeback kali ini, mengambil arah yang berbeda secara konseptual, dengan imej yang lebih berani dan suara yang lebih canggih. "I'm So Sick" menduduki puncak beberapa tangga musik di Korea Selatan setelah dirilis. Album itu sendiri menduduki puncak tangga lagu Gaon dan membawa Apink mencapai posisi tertinggi mereka di tangga lagu Album Dunia Billboard di No. 11. Keberhasilan lagu dan album selanjutnya membuat Apink membuat debut mereka di tangga lagu Social 50 Billboard, dibuka di No. 39. Billboard telah memilih judul lagu tersebut sebagai salah satu dari 20 Lagu K-Pop Terbaik tahun 2018, dengan catatan bahwa "terasa sedikit meta -- karena girl grup beranggotakan enam orang menukar citra kekanak-kanakan mereka untuk sesuatu yang jauh lebih menarik."

Pada bulan Agustus, Apink memulai tur Asia lainnya, mengunjungi Hong Kong, Kuala Lumpur, Jakarta, Singapura, Tokyo, dan Taipei. Pada tanggal 1 Desember, Apink menerima penghargaan Top 10 Artists di MelOn Music Awards untuk lagu mereka "I'm So Sick".

2019[sunting | sunting sumber]

Apink di bulan Januari 2019

Apink mengadakan konser Korea kelima mereka "Pink Collection: Red and White" di Seoul pada tanggal 5 dan 6 Januari. Konser tersebut, yang diumumkan pada bulan Desember, terjual habis semua tiket tiga menit setelah pengumumannya. Lalu diikuti oleh konser "Apink Japan Live Pink Collection" di Tokyo, yang diadakan pada tanggal 2 dan 3 Februari.

Pada tanggal 7 Januari, Apink merilis mini album kedelapan mereka Percent, bersama dengan single "%%(Eung Eung)", yang disusun oleh kolaborator Black Eyed Pilseung dan Jeon Goon. Single ini, yang melanjutkan arah baru yang diambil oleh Apink dengan "I'm So Sick", menduduki puncak beberapa tangga musik di Korea Selatan setelah dirilis dan memuncak di No. 17 di tangga lagu digital Gaon, sementara album tersebut mencapai No. 3 di chart Korea dan No. 14 di chart Billboard World Albums. Untuk mempromosikan album baru ini, Apink menampilkan "%%(Eung Eung)" di berbagai acara musik, bersama dengan lagu B-side "Hug Me", selama dua minggu yang dimulai pada tanggal 9 Januari.

Untuk merayakan ulang tahun ke-8 mereka, Apink merilis single digital "Everybody Ready?" didedikasikan untuk para penggemar pada 19 April 2019.

2020[sunting | sunting sumber]

Apink menggelar konser keenam mereka yaitu "Welcome to PINK WORLD" pada tanggal 1 dan 2 Februari di Olympic Hall, Olympic Park. Konser ini sekaligus menjadi konser solo bagi mereka untuk para penggemar. Tiket konser tersebut dijual habis selama 5 menit sejak penjualan dimulai. Pada 13 Maret 2020, Play M Entertainment mengumumkan bahwa Apink akan melakukan comeback perkiraan bulan April, setelah hiatus selama 1 tahun 3 bulan. Pada tanggal 13 April, Apink merilis album mini kesembilan mereka Look, serta single "Dumhdurum". "Dumhdurum" disusun dan ditulis oleh Black Eyed Pilseung and Jeon Goon, yang mengerjakan lagu mereka sebelumnya, di antaranya “I’m So Sick” and “%%(Eung Eung)”. Setelah dirilis, lagu tersebut menduduki empat tangga lagu realtime utama di Korea Selatan dan menjadi lagu pertama mereka yang mencapai nomor satu di Melon dalam 5 tahun, sejak "Remember". Untuk mempromosikan album baru, Apink menampilkan "Dumhdurum" di berbagai acara musik, bersama dengan trek sisi-B "Be Myself", "Love is Blind", dan "Moment" untuk jangka waktu dua minggu yang dimulai pada tanggal 17 April. Apink dibagi menjadi dua sub-unit yaitu YOS (Bo-mi, Ha-young, Na-eun) untuk mempromosikan lagu "Be Myself" dan JooJiRong (Nam-joo, Eun-ji, dan Cho-rong) untuk mempromosikan lagu "Love is Blind". "Look" memulai debutnya di nomor 2 di Tangga Album Gaon sementara "Dumhdurum" memuncak di nomor 2 di Tangga Lagu Digital, memberikan grup ini singel 10 teratas kesembilan mereka. "Dumhdurum" juga menduduki peringkat ke-2 dalam lagu-lagu K-pop teratas Billboard tahun 2020.

Apink mengadakan konser daring atau Online Stage pada tanggal 27 Desember 2020 dengan nama "Pink of the Year" untuk menyampaikan rindu mereka kepada para penggemar.

2021[sunting | sunting sumber]

Apink di bulan Desember 2021

Untuk merayakan ulang tahun ke 10 mereka, Apink merilis single digital baru "Thank You" pada 19 April 2021.

Pada tanggal 29 April 2021, Play M Entertainment mengumumkan bahwa Na-eun memutuskan untuk tidak memperpanjang kontraknya dengan agensi, sementara lima anggota lainnya memperbarui kontrak. Walaupun demikian, grup tidak akan dibubarkan dan Apink tetap beranggotakan enam orang anggota yang sama.

Mengikuti pengumuman dari IST Entertainment pada tanggal 25 November 2021, di mana Apink mengadakan fan-meeting dengan nama "Pink Eve" pada tanggal 31 Desember 2021 di Daeyang Hall di Universitas Sejong untuk merayakan 10 tahun mereka debut sekaligus menutup tahun 2021 bersama para penggemar secara luring dan disiarkan langsung secara daring.

Pada Desember 2021, IST Entertainment mengumumkan bahwa Apink akan comeback pada Februari 2022. Hal ini juga diumumkan pada saat fan-meeting "Pink Eve" sedang berlangsung.

2022[sunting | sunting sumber]

Pada 17 Januari, Apink mengumumkan melalui akun resmi Twitternya bahwa Na-eun tidak berpartisipasi dengan kelima anggota grup lainnya dalam promosi panggung comeback mereka, kecuali untuk foto jaket dan video musik.

Diskografi[sunting | sunting sumber]

}}

Menang di Program Musik[sunting | sunting sumber]

Tahun Tanggal Lagu Program Musik
2012 5 Januari "My My" Mnet M! Countdown

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Korea Times announces 2nd lineup "2015 Korea Times Music Festival"". Koreaboo. March 10, 2015. Diakses tanggal March 14, 2017. 
  2. ^ 기사입력 (2015-04-19). "'뮤직뱅크 인 하노이' 엑소·에이핑크·샤이니, 한 목소리로 '런투유'". TvReport. Diakses tanggal 2017-03-07. 
  3. ^ iReporter Malaysia (2015-09-15). "A Pink Perform For 20,000 Fans Alongside Carly Rae Jepsen, Jason Derulo At MTV World Stage Malaysia". kpopstarz.com. Diakses tanggal 2016-09-18. 
  4. ^ Hicap, Jonathan (2016-06-25). "Apink captivates fans in Manila debut". mb.com.ph. Diakses tanggal 2016-09-18. 
  5. ^ "Korea Times Music Festival 2017 Lineup". Koreatimes. Diakses tanggal March 14, 2017. 
  6. ^ "『KCON 2017 JAPAN × M COUNTDOWN』第1弾ラインナップにApink、ASTRO、JUNHO (from 2PM)、K.will、MONSTA Xの出演が決定!". PR TIMES (dalam bahasa Japanese). March 22, 2017. Diakses tanggal April 3, 2017. 
  7. ^ Winners from the 2011 Mnet Asian Music Awards
  8. ^ Winners from the 2011 Bugs Music revealeds
  9. ^ Winners from the 26th Golden Disk Awards
  10. ^ KARA, B2ST, and more win at 7th annual Asia Model Awards
  11. ^ Winners from the 21st Seoul Music Awards
  12. ^ "The "1st Gaon Chart K-Pop Awards" winners revealed". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-02-25. Diakses tanggal 2012-02-25. 
  13. ^ https://web.archive.org/web/20160303214924/http://mwave.interest.me/enewsworld/en/article/29075/the-2nd-gaon-chart-k-pop-awards-take-place-on-february-13
  14. ^ "[2013 MAMA] G-Dragon Wins Artist of the Year, EXO Takes Album of the Year and Full List of Winners"
  15. ^ https://web.archive.org/web/20141228070355/http://mwave.interest.me/enewsworld/en/article/58425/exo-wins-big-awards-from-gaon-chart-kpop-awards
  16. ^ https://www.donga.com/news/List/article/all/20140116/60219359/1
  17. ^ https://web.archive.org/web/20141027134247/http://mama.interest.me/2014mama/vote

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Penghargaan dan prestasi
Didahului oleh:
Miss A
13th Mnet Asian Music Awards - Best New Female Group
2011
Diteruskan oleh:
Petahana