Gaon Chart

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Gaon Chart adalah tangga lagu nasional Korea Selatan. Tangga lagu ini dikompilasi oleh Asosiasi Industri Konten Musik Korea dan disponsori oleh Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Korea Selatan, dengan tujuan untuk membuat tangga lagu nasional untuk Korea mirip dengan Billboard dan tangga lagu Oricon. Pelacakan penjualan sejak awal 2010,[1] dan secara resmi diluncurkan pada bulan Februari 2010 dengan acara peluncuran diadakan pada 23 Februari 2010 di hotel Westin Chosun, Seoul. Peluncuran ini juga termasuk upacara pemberian kecil, yang diberikan kepada girlband Girls' Generation dengan artis top Januari dan boy band Super Junior dengan album terbaik tahun 2009.[2]

Ini awalnya dimulai pada tahun 2009 untuk penjualan bulanan singel teratas, dan telah diperluas untuk mengandung singel mingguan dan penjualan album.[3] Chart dirilis setiap hari Kamis.

Mulai bulan Februari 2011, Gaon menerbitkan informasi tentang penjualan album baik online dan offline tahun 2010, termasuk rincian dari data grafik online dan penjualan album secara off-line dirilis pertama kali sejak 2008 ketika Asosiasi Konten Musik Korea berhenti mengumpulkan data.[4]

Format[sunting | sunting sumber]

Ada dua grafik utama: Gaon Album Chart dan Gaon Single Chart. Daftar tangga lagu 'penjualan, internasional seniman-seniman penjualan domestik dan penjualan secara keseluruhan gabungan dalam format mingguan, bulanan dan akhir tahun.

Gaon Album Chart peringkat penjualan album fisik, termasuk album mini. Hal ini sesuai dari data offline yang diberikan oleh label rekaman dan distributor: Loen Entertainment, Mnet Media, SM Entertainment, Sony Music Korea, Universal Music Korea, dan Warner Music Korea.

Gaon Digital Chart menempati urutan terlaris non-fisik, penjualan musik digital terdaftar sebagai konten streaming, download, musik latar, nada dering, karaoke dan single grafik menggabungkan secara keseluruhan. Chart ini mengecualikan penyiaran radio dan versi berbeda dari sebuah lagu terdaftar sebagai entri terpisah. Hal ini sesuai dari data online yang disediakan oleh web penyedia layanan berbasis musik: Bugs, Flo, Genie, Melon, VIBE, dan Soribada.

Digital Chart merilis daftar 200 lagu teratas sedangkan Album Chart merilis daftar penjualan100 album teratas.

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Han, Sang-hee (23 February 2010). "Korea Launches First Official Music Charts Gaon". The Korea Times. The Korea Times. Diakses tanggal 2010-11-24. 
  2. ^ Seung-hun, Kang (23 February 2010). "Korea launches integrated K-pop music chart 'Gaon'". 10 Asia. Diakses tanggal 27 April 2012. 
  3. ^ Seo, Jung-min (February 23, 2010). "대중 음악 공인 '가온 차트' 출범". The Hankyoreh (dalam bahasa Korean). The Hankyoreh. Diakses tanggal October 3, 2010. 
  4. ^ "Super Junior's 4th Album Ranked Top-Seller of 2010" Chosun Ilbo. 8 February 2011. Retrieved 2011-11-17

Pranala luar[sunting | sunting sumber]