World Music Awards

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

World Music Awards (WMA) adalah sebuah ajang penghargaan musik internasional yang dibentuk pada tahun 1989. Ajang tahunan ini diberikan kepada para artis rekaman berdasarkan jumlah penjualan albumnya di dunia, dihitung oleh Federation of Phonographic Industry (IFPI). Penghargaan ini juga merupakan penghargaan pertama di Dunia yang memberikan konsep penghargaan kepada setiap penyanyi dengan penjualan album terbanyak di setiap negara di Dunia. John Martinotti merupakan Executive Producer dan Co-founder acara ini. Ajang penghargaan ini berada di bawah lindungan Pangeran Albert Monako, Monte-Carlo.

Acara ini telah disiarkan di seluruh penjuru Dunia dengan jumlah penonton mencapai satu miliar di 160 negara. Di Indonesia, acara WMA 2008 disiarkan oleh stasiun TV Indosiar. Di antara perusahaan yang berkontribusi dalam publikasi WMA adalah The International Academy of Music Arts and Sciences.

Artis yang paling banyak memenangkan penghargaan ini adalah Mariah Carey dengan total 19 buah piala WMA. Sementara untuk di posisi ke dua ada Michael Jackson dengan 15 buah piala WMA. Whitney Houston tercatat sebagai artis dengan jumlah kemenangan terbanyak dalam 1 tahun, yaitu pada WMA 1994 dengan 5 piala. Adapun penyanyi asal Indonesia yang sudah empat kali tampil diajang ini sekaligus mendapat penghargaan adalah Anggun.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]