Re'eh

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Gambaran artis dari Bait Allah Salomo. Beberapa orang memandang sentralisasi ibadah Yahudi di Yerusalem sebagai tujuan dari Ulangan 12.

Re'eh, Reeh, R'eih, atau Ree (רְאֵהIbrani untuk "lihat", kata pertama dalam parsyah tersebut) adalah Bacaan Taurat Mingguan (פָּרָשָׁה, parashah) ke-47 dalam siklus bacaan Taurat Yahudi dan keempat dalam Kitab Ulangan. Bacaan tersebut meliputi Ulangan 11:26-16:17. Dalam parsyah tersebut, Musa memberikan pilihan antara berkat dan kutuk kepada bangsa Israel. Musa memerintahkan bangsa Israel agar mereka menaati hukum, termasuk hukum tempat ibadah tersentralisasi. Musa memperingatkan dewa-dewa lain dan nabi mereka dan menghimpun hukum kashrut, persepuluhan, tahun Sabat, budak Ibrani, hewan-hewan sulung dan tiga perayaan ziarah.

Parsyah tersebut adalah bacaan Taurat mingguan terpanjang dalam Kitab Ulangan (meskipun bukan dalah Taurat,[1] dan terdiri dari 7.442 huruf Ibrani, 1.932 kata Ibrani, 126 ayat dan 258 baris dalam Gulungan Kitab Taurat (סֵפֶר תּוֹרָה, Sefer Torah). Yahudi umumnya membacanya pada Agustus atau awal September.[2] Yahudi membaca bagian parsyah tersebut, Ulangan 15:19-16:17, yang mengisahkan Tiga Perayaan Ziarah (שלוש רגלים, Shalosh Regalim), assebagai bacaan Taurat awal pada hari kedelapan Paskah Yahudi saat hari tersebut jatuh pada hari biasa dan pada hari kedua Shavuot saat hari tersebut jatuh pada hari biasa. Dan Yahudi membaca sebagian besar dari bagian parsyah yang sama, Ulangan 14:22-16:17 sebagai bacaan Taurat awal pada hari kedelapan Paskah Yahudi saat hari tersebut jatuh pada hari Sabat, pada hari kedua Shavuot saat hari tersebut jatuh pada hari Sabat, dan pada Shemini Atzeret.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Parashah Naso adalah bacaan terpanjang dalam Taurat: "Devarim Torah Stats". Akhlah Inc. Diakses tanggal July 6, 2013. 
  2. ^ "Parashat Re'eh". Hebcal. Diakses tanggal August 17, 2017.