Ki Tissa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Anak Lembu Emas (warna cair sekitar tahun 1896–1902 karya James Tissot)

Ki Tisa, Ki Tissa, Ki Thissa, atau Ki Sisa (כִּי תִשָּׂאIbrani untuk "saat kau ambil," adalah kata keenam dan ketujuh, dan kata distinsif pertama dalam parsyah) adalah Bacaan Taurat Mingguan (פָּרָשָׁה, parsyah) ke-21 dalam siklus bacaan Taurat dan kesembilam dalam Kitab Keluaran. Parsyah tersebut mengisahkan pembangunan Tabernakel, insiden anak lembu emas, permintaan Musa kepada Allah untuk mengeluarkan perintah-perintah Allah dan bagaiman Musa menjadi murka.

Parsyah tersebut meliputi Keluaran 30:11-34:35. Parsyah tersebut badalah parsyah terpanjang dari bacaan Taurat mingguan dalam Kitab Keluaran (meskipun bukan yang terpanjang dalam Taurat, yang dipegang oleh Naso), dan terdiri dari 7.424 huruf Ibrani, 2.002 kata Ibrani, 139 ayat, dan 245 baris dalam Gulungan Kitab Taurat (סֵפֶר תּוֹרָה, Sefer Torah).[1]

Yahudi membacanya pada Sabat ke-21 setelah Simchat Torah, dalam bulan Ibrani Adar, bertepatan denagn Februari atau Maret dalam kalender sekuler.[2] Yahudi juga membaca bagian pertama parsyah tersebut, Keluaran 30:11–16 mengenai pajak utama setengah shekel, sebagai bacaan Taurat maftir pada Sabat khusus Shabbat Shekalim (pada 1 Maret 2014, saat Keluaran 30:11-16 dibaca bersama dengan parsyah Pekudei). Yahudi juga membaca parsyah tentang hubungan Musa dengan kemurahan hari Allah, Keluaran 32:11-14 dan Keluaran 34:1-10 sebagai bacaan-bacaan Taurat pada hari-hari puasa Sepuluh Tevet, Puasa Ester, Tujuh Belas Tammuz, dan Puasa Gedalia, dan untuk siang (Mincha) kegiatan doa pada Tisha B'Av. Yahudi membaca bagian lain dari parsyah tersebut, Keluaran 34:1–26 yang mengisahkan Tiga Perayaan Ziarah (Shalosh Regalim), sebagai bacaan Taurat awal pada hari ketiga (Chol HaMoed) Paskah Yahudi. Yahudi membaca sebagian besar dari paruh yang sama dari parsyah tersebut, Keluaran 33:12-34:26 sebagai bacaan Taurat awal pada Sabat yang jatuh pada salah satu hari ratu Paskah Yahudi atau Sukkot.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Torah Stats — Shemoth". Akhlah Inc. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 13, 2013. Diakses tanggal July 7, 2013. 
  2. ^ "Parashat Ki Tisa". Hebcal. Diakses tanggal February 15, 2018. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Old book bindings.jpg

Teks[sunting | sunting sumber]

Komentar[sunting | sunting sumber]