RC Strasbourg

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
RC Strasbourg
logo
Nama lengkap Racing Club de Strasbourg Alsace
Julukan Le Racing
Didirikan 1906 (sebagai Fußball Club Neudorf)
Stadion Stade de la Meinau
Strasbourg
(Kapasitas: 29.230)
Ketua Marc Keller
Pelatih Thierry Laurey
Liga Ligue 1
2016–17 Ligue 2, Juara (dipromosikan)
Situs web Situs web resmi klub
Kostum kandang
Kostum tandang
Kostum ketiga

Racing Club de Strasbourg Alsace (umumnya dikenal sebagai RC Strasbourg, RCS, atau hanya Strasbourg; Dialek Alsace: Füeßbàllmànnschàft vu Stroßburri) adalah klub sepak bola asosiasi Perancis yang didirikan pada tahun 1906, berbasis di kota Strasbourg, Alsace. Klub ini telah memiliki status profesional sejak 1933 dan akan bermain di musim 2017-18 di Ligue 1, tingkat teratas sepak bola Prancis, setelah memenangkan kejuaraan Ligue 2 2016-17. Ini terjadi setelah klub tersebut diturunkan ke tingkat keempat sepakbola Prancis pada akhir musim 2010-11 Championnat Nasional setelah melalui likuidasi keuangan. Berganti nama menjadi RC Strasbourg Alsace, mereka memenangkan kejuaraan CFA pada tahun 2012-13, dan akhirnya menjadi juara nasional Championnat pada tahun 2015-16.

Stadion rumah klub sejak 1914 adalah Stade de la Meinau. Manajer mereka adalah Thierry Laurey, yang menggantikan Jacky Duguépéroux pada Mei 2016.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Awal mula[sunting | sunting sumber]

Klub ini didirikan pada tahun 1906 oleh sekelompok anak muda di lingkungan Neudorf di kota yang dulu dinamakan Straßburg, Elsaß-Lothringen, di Kekaisaran Jerman, namun sekarang adalah Strasbourg, Alsace, di Prancis. Dengan bantuan guru sekolah dasar mereka, mereka membentuk sebuah tim yang disebut "Erster Fußball Club Neudorf", yang biasa disebut "FC Neudorf". Saat itu, 1. FCN adalah klub kecil yang baru di bagian selatan di wilayah Strasbourg yang dulunya terpencil. Sepak bola lokal telah didominasi sejak tahun 1890 oleh Straßburger Fußball Verein yang lebih sentral dan elit. Menurut sejarawan klub Pierre Perny, pendirian resmi FC Neudorf pada tahun 1907 mungkin telah dipercepat oleh rencana perpindahan FC Frankonia ke Haemmerle Garten, sebuah taman besar di selatan Strasbourg dekat dengan Neudorf. Seperti namanya, FC Frankonia terdiri dari imigran kelahiran Jerman dari wilayah Franken di barat daya Jerman - beberapa di antaranya adalah tentara - tinggal di Strasbourg tengah dan utara, sementara FC Neudorf memiliki asal usul dari Alsace.[1] FC Neudorf bergabung dengan liga Jerman selatan pada tahun 1909, dimulai dari tingkat terendah, Divisi C. Tiga tahun kemudian mereka merebut kejuaraan Divisi C, mendapatkan promosi ke Divisi B. Pada tahun 1914, FC Neudorf mampu mengusir rival sekotanya Frankonia dari Haemmerle Garten untuk sewa sebanyak 300 Mark setahun. Lokasi ini nantinya akan menjadi lokasi Stade de la Meinau, dimana klub masih bermain sampai sekarang. Setelah Perang Dunia I, wilayah Alsace-Lorraine kembali ke Perancis, dan pada tanggal 11 Januari 1919, klub tersebut mengadopsi nama "Racing-Club Strasbourg-Neudorf" dan kemudian menjadi "Racing Club de Strasbourg". Penggunaan kata "Racing" tidak menunjukkan hubungan apapun dengan balap kuda atau mobil; Sebagai gantinya, ini adalah sebuah anglisisme yang biasa terjadi di Prancis pada saat itu, seperti yang ditunjukkan oleh kasus Racing Club de France yang terkenal saat itu, yang merupakan inspirasi simbolis untuk Racing Strasbourg saat Alsace diintegrasikan kembali ke dalam Perancis. Kata itu biasanya diucapkan dalam bahasa Prancis ("Le Racing") atau dalam dialek Alsace ("D'Racing") tanpa aksentuasi bahasa Inggris. Racing dengan cepat bergabung dengan kompetisi Prancis dan memenangkan kejuaraan Alsace pada tahun 1923, 1924 dan 1927. Mereka juga ikut serta dalam Coupe de France, satu-satunya kompetisi nasional saat itu. Pada tahun 1925, mereka mencapai enam belas belas, di mana mereka kalah kepada Lille setelah menyingkirkan Red Star Paris yang dominan saat itu.

Pada tanggal 10 Juni 1933, di "Restaurant de la Bourse", klub naik ke barisan profesional, dan dengan demikian, bergabung dengan kejuaraan nasional yang didirikan setahun sebelumnya. RCS memulai kompetisi di Ligue 2 namun segera mendapatkan promosi ke papan atas pada akhir musim 1933-34, melalui sepasang pertandingan playoff bertahap dua, yang pertama melawan Mulhouse (0-0 dan 3-1), dan kemudian Melawan AS Saint-Étienne (2-0 dan 4-4). Pada pertengahan 1930-an, Racing berhasil selesai di posisi kedua di 1934-35 dan finish ketiga di musim depan. Pada tahun 1937, untuk pertama kalinya mereka lolos ke final Coupe de France, kalah dari saingan Sochaux (1-2). Tim RCS yang sukses pada tahun 1930an ini mencakup dua pemain internasional Prancis – Fritz Keller dan Oscar Heisserer – serta striker Jerman Oskar Rohr yang masih memegang rekor gol di klub tersebut.

Dengan terjadinya Perang Dunia II, olahraga profesional dihentikan dan orang-orang Alsat dievakuasi ke barat daya Prancis, terutama di Dordogne. Selama Perang Palsu, sekelompok anak muda mempertahankan klub yang ada di Périgueux, di mana mereka memenangkan kejuaraan Dordogne pada tahun 1940. Setelah kekalahan Prancis, Alsace secara de facto dianeksasi oleh Reich Ketiga, dan pada bulan Agustus 1940, tim tersebut bermain sebagai "Rasensportclub Straßburg" di Gauliga Elsaß, sebuah divisi amatir papan atas dalam sepak bola Jerman. Tim memperoleh posisi kedua di dua musim berikutnya dan tampil di babak pembukaan Piala DFB pada tahun 1942. Mulai tahun 1942, Alsatians dipaksa mengikuti wajib militer di Wehrmacht dan Waffen-SS dan beberapa pemain klub. - termasuk Oscar Heisserer - melarikan diri atau membuat rekan tim mereka sengaja melukai mereka untuk menghindari penggabungan. Oskar Rohr juga telah dipenjara sejak 1940 setelah bertugas di Légion Etrangère pada saat pecahnya perang.[2] Selama pertandingan melawan tim SS "SG SS Straßburg", pemain Rasensportclub mengenakan seragam yang terdiri dari jersey biru, celana pendek putih dan kaus kaki merah sebagai tampilan patriotisme Prancis.[3][4]

Kesuksesan dan kegagalan pertama (1945–1976)[sunting | sunting sumber]

Sekutu tentara merebut kembali Alsace pada tahun 1944 dan klub, mengubah klub kembali menjadi "Racing Club de Strasbourg" dan bermain di papan atas Prancis. Tim ini kemudian dibangun di sekitar Oscar Heisserer—yang menjadi pemain Alsace pertama yang menjadi kapten tim nasional pada April 1945—dan bek Spanyol Paco Mateo. Pada tahun 1947, para Strasbourgeois mencapai final piala di Colombes untuk kedua kalinya, kali ini kalah dari Lille OSC 0-2. Mereka tetap di kompetisi divisi satu sampai,pada akhir musim 1948-49, tampaknya sisi tersebut akan terdegradasi. Namun, klub tetangga SR Colmar melikuidasi tim profesional mereka, memberikan tempat bagi Strasbourg untuk tetap di divisi papan atas. Pada tahun 1951, Bleus memenangkan trofi utama pertama mereka, mengalahkan Valenciennes 3-0 untuk akhirnya memenangkan Coupe de France. Pentingnya kemenangan ini jauh melampaui dunia olah raga saat Alsace kemudian terguncang oleh penyelidikan pembunuhan Oradour-sur-Glane. Empat belas orang Alsat, kebanyakan dari mereka yang secara paksa tergabung dalam divisi Das Reich, telah didakwa melakukan kejahatan perang, sebuah langkah yang menimbulkan kebencian yang besar di wilayah tersebut. Segera setelah mereka kembali di Strasbourg, para pemain mengadakan upacara simbolis dan emosional di monumen kota tersebut untuk kematian tersebut.[5]

Hanya satu tahun kemudian, Strasbourg terdegradasi mengikuti musim terburuk dalam sejarah klub. Mereka kembali ke papan atas setelah hanya satu musim di Divisi 2. Pada tahun 1954-55, berkat kedatangan bintang Austria Ernst Stojaspal, Strasbourg memiliki salah satu musim kejuaraan terbaiknya di era pasca-perang, berakhir dengan posisi keempat di Klub, bagaimanapun, tidak dapat membangun kesuksesan dari ini dan terdegradasi ke Divisi 2 pada tahun 1957 dan 1960, mendapatkan promosi langsung kembali ke papan atas di masing-masing.

Selama tahun 1960an, klub ini dapat berpartisipasi dalam Piala Inter-Cities Fairs. Di bawah bimbingan Paul Frantz, pada tahun 1964-65 Racing menggulingkan raksasa Milan dan Barcelona sebelum jatuh di perempat final melawan Manchester United. Setahun kemudian, mereka menjadi juara piala Piala Perancis setelah mengalahkan Nantes di final dengan skor 1-0. Kemenangan Racing di piala menuai kontroversi, kata reporter Thierry Roland di siaran langsung bahwa "piala tersebut meninggalkan Prancis", sebuah komentar yang dianggap menyinggung banyak orang di Alsace.

Warna dan lambang[sunting | sunting sumber]

Walaupun warna-warna kota Strasbourg berwarna merah dan putih, Racing selalu memmainkan dalam kombinasi warna biru dan putih. Asal usul pilihan warna ini tidak diketahui. Selama bertahun-tahun, warna seragam seringkali terdiri dari baju biru medium, celana pendek putih dan kaus kaki biru sedang. Selama sepuluh tahun terakhir, tim ini beralih antara biru tua, biru tua, biru langit dan putih sebagai warna utama jersey rumah.[6] Sejak 2007, bendera Alsace ditampilkan di bagian belakang baju klub. Saat ini Hummel adalah perancang kit tim. Sebelumnya (1973-2000; 2004-2007), Racing dilengkapi oleh Adidas. ASICS juga pernah memasok klub tersebut (2000-03).

Lambang tim saat ini telah digunakan - dengan perubahan-perubahan - sejak tahun 1976 dan umumnya dianggap sebagai yang paling sah.[7] Ini termasuk bangau (simbol Alsace), garis diagonal merah dari lambang kota dan gambar Katedral beserta inisial klub: RCS. Antara 1997 dan 2006, klub menggunakan logo lain, diperkenalkan oleh Patrick Proisy. Lambang ini kemudian dianggap lebih "modern" dan seharusnya menggambarkan sekaligus Katedral dan bangau. Namun, kemiripannya tidak terlihat jelas bagi semua orang, dan disainnya dengan kemudian dinobatkan sebagai "Pac-Man" karena beberapa ciri umum dengan permainan video yang terkenal tersebut. Pada tahun 2006, manajemen klub yang baru mengabulkan permintaan pendukung dan memasang kembali logo tahun 1976.

Stadium[sunting | sunting sumber]

Racing telah bermain di Stade de la Meinau di Strasbourg selatan sejak 1914. Stadion ini menjadi tuan rumah Piala Dunia 1938 dan Euro 1984. Kapasitas maksimumnya dirampingkan dari 45.000 menjadi 29.000 selama tahun 1990an untuk menghormati standar keselamatan baru.

Skuat[sunting | sunting sumber]

Per 30 Juni 2017. [8][9]

Catatan: Bendera menunjukkan tim nasional sesuai dengan peraturan FIFA. Pemain dapat memiliki lebih dari satu kewarganegaraan non-FIFA.

No. Pos. Pemain
1 Bendera Perancis GK Landry Bonnefoi
3 Bendera Senegal DF Abdallah N'Dour
5 Bendera Perancis MF Vincent Nogueira
6 Bendera Perancis MF Jérémy Grimm
7 Bendera Perancis MF Ihsan Sacko
8 Bendera Pantai Gading MF Jean-Eudes Aholou
11 Bendera Perancis FW Dimitri Liénard
12 Bendera Senegal DF Kader Mangane
13 Bendera Perancis FW Jérémy Blayac
14 Bendera Senegal MF Oumar Pouye
15 Bendera Republik Kongo FW Ladislas Douniama
16 Bendera Aljazair GK Alexandre Oukidja
17 Bendera Perancis MF Anthony Gonçalves
18 Bendera Senegal MF Mayoro N'Doye
No. Pos. Pemain
19 Bendera Perancis FW Stéphane Bahoken
20 Bendera Perancis MF Laurent Dos Santos
21 Bendera Guyana Perancis DF Yoann Salmier
22 Bendera Perancis DF Ernest Seka
23 Bendera Brasil DF Felipe Saad
24 Bendera Perancis DF Éric Marester
28 Bendera Perancis MF Vincent Gragnic
29 Bendera Maroko FW Khalid Boutaïb
30 Bendera Perancis GK Corentin Schmittheissler
33 Bendera Perancis MF Anthony Caci
Bendera Perancis DF Kenny Lala
Bendera Perancis DF Pablo Martinez
Bendera Perancis MF Massiré Kanté

Gelar[sunting | sunting sumber]

Liga[sunting | sunting sumber]

Piala[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ P. Perny, pp. 15–18
  2. ^ "Le football alsacien-lorrain résiste à la dictature nazie", France Football, 24 May 2005 (Perancis)
  3. ^ "Histoire – Racing Club de Strasbourg". Racingstub.com. Diakses tanggal 19 November 2008.  (Perancis)
  4. ^ Dominique Rousseau, "SS Straßburg, C'était Son Nom" L'Equipe magazine, n°554, 22 août 1992 (Perancis)
  5. ^ P.P Perny, p. 153 (Perancis)
  6. ^ "jersey history". Racingstub.com. Diakses tanggal 24 July 2009.  (Inggris)
  7. ^ "Historique du logo - Racing Club de Strasbourg". Racingstub.com. Diakses tanggal 19 November 2008.  (Perancis)
  8. ^ "2016–2017". rcstrasbourgalsace.fr. Diakses tanggal 25 Juli 2016.  (Perancis)
  9. ^ "Les numéros officiels 2016/2017". rcstrasbourgalsace.fr. Diakses tanggal 25 Juli 2016.  (Perancis)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]