Prambon, Nganjuk

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Prambon
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Timur
KabupatenNganjuk
Pemerintahan
 • CamatSudipo, S.Sos
Populasi
 • Total750,000 jiwa jiwa
Kode Kemendagri35.18.06 Edit the value on Wikidata
Luas- km²
Desa/kelurahan14 (Kurungrejo, Sonoageng, Sugihwaras, Baleturi, Rowoharjo, Bandung, Mojoagung, Tegaron, Tanjungtani, Sanggrahan, Watudandang, Singkalanyar, Gondanglegi, Nglawak)

Prambon adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Nganjuk, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Berbatasan dengan Kabupaten Kediri di sebelah selatan dan barat, tepatnya Kecamatan Banyakan di selatan dan Kecamatan Tarokan di bagian barat. Sebelah utara berbatasan dengan Kecamatan Tanjunganom, dan Kecamatan Ngronggot di sebelah timur. Kali Brantas juga mengaliri di bagian selatan yang juga sebagai batas wilayah dengan Kabupaten Kediri tepatnya Kecamatan Papar, Kecamatan ini juga merupakan tempat tinggal Seandi Briantama tepatnya di desa Mojoagung.

Secara geografis kecamatan ini terletak pada koordinat 111°45’ sampai 112°13’ Bujur Timur dan 7°2’ sampai 7°50’ Lintang Selatan. Secara geografis kecamatan Prambon tergolong dataran dengan topografi datar dengan ketinggian ±57 meter dari permukaan laut.

Kecamatan Prambon memiliki 435 Rukun Tetangga, 134 Rukun Warga, 46 Dusun, dan 14 Desa. Sedangkan jumlah perangkat desa ada 189, apabila dibagi jumlah desa rata-rata 1 desa ada 14 perangkat desa.

Wilayah kecamatan Prambon memiliki tradisi dan struktur tanah yang cukup produktif untuk berbagai jenis tanaman, sekaligus ditunjang penyediaan sumber air dari sungai brantas yang mengalir disepanjang lahan pertanian diwilayah kecamatan Prambon, menjadikan kecamatan ini lebih produktif dalam bertani.