Rejoso, Nganjuk

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Rejoso
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Timur
KabupatenNganjuk
Pemerintahan
 • Camat-Drs. HARIANTO
Populasi
 • Total- jiwa
Kode Kemendagri35.18.16 Edit the value on Wikidata
Luas- km²

Rejoso adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Nganjuk, Provinsi Jawa Timur, Indonesia.

Terdapat 24 desa di kecamatan ini yaitu: Rejoso, Mojorembun, Talang, Banjarejo, Setren, Ngadiboyo, Mlorah, Klagen, Jatirejo, Sambikerep, Musir Kidul, Musir Lor, Jintel, Wengkal, Ngangkatan, Tritik, Puhkerep, Mungkung, Kedungpadang, Bendoasri, Tamanan, Talun, Sukorejo, dan Gempol.

Adapun asal-usul sejarah kecamatan Rejoso masih dalam kajian, tetapi konon bahwa asal mula Rejoso berawal dari punggawa kerajaan yang berasal dari Grobogan, Jawa Tengah. Punggawa kerajaan ini melarikan diri dari peperangan dari penjajah ketengah hutan, hingga mereka menemukan satu tempat perlindungan yang dirasa aman di bawah pohon Rejoso.

Mereka mendirikan gubuk untuk tempat istirahat, karena keadaan dirasa aman dari pengejaran, hingga akhirnya mereka tinggal seterusnya dan memberi nama tempat mereka tinggal itu dengan sebutan Rejoso (berdasarkan nama pohon tempat mereka berteduh hingga terlepas dari pengejaran penjajah).

Pada akhirnya secara turun temurun berkembang menjadi sebuah desa yang disebut desa Rejoso dan dapat di telusuri riwayat sejarah pemerintahan desa telah mengalami berkali-kali pergantian Demang/Kepala Desa.[butuh rujukan]