Pope Francis: Conversations with Jorge Bergoglio: His Life in His Own Words

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pope Francis: Conversations with Jorge Bergoglio: His Life in His Own Words
PengarangSergio Rubin
Judul asliEl Jesuita
NegaraArgentina
SubjekJorge Mario Bergoglio
GenreBiografi
Tanggal terbit
2010 (dipublikasikan ulang 2013)

Pope Francis: Conversations with Jorge Bergoglio: His Life in His Own Words adalah biografi Jorge Bergoglio, yang menjadi Paus Fransiskus pada tahun 2013. Ditulis oleh Sergio Rubin, ini adalah satu-satunya biografi dirinya yang muncul sebelum terpilih sebagai Paus. Awalnya diterbitkan dalam bahasa Spanyol dengan nama El Jesuita (Spanyol: Yesuit).

Penciptaan[sunting | sunting sumber]

Sergio Rubin mengembangkan ide tersebut dalam percakapan dengan Francesca Ambrogetti setelah Konklaf Kepausan tahun 2005 yang memilih Paus Benediktus XVI. Saat itu, pemberitaan media berdasarkan catatan harian anonim salah satu peserta konklaf menyebutkan Bergoglio mendapat 40 suara pada pemungutan suara ketiga.

Bergoglio mula-mula menolak gagasan untuk membuat buku tentang dirinya, namun menuruti permintaan mereka yang terus berlanjut. Rubin dan Ambrogetti bertemu dengannya setiap bulan selama satu setengah tahun. Pertemuan tersebut merupakan satu-satunya kesempatan Bergoglio membahas kehidupannya selama Perang Kotor di Argentina.[1]

Buku ini diterbitkan pada tahun 2010. Buku ini dicetak ulang pada tahun 2013, yang merupakan cerminan terkini dari meningkatnya minat terhadap Bergoglio setelah terpilihnya dia sebagai Paus.[1][2]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b /index.html#/46/ "Dias inolvidables para su biografo" Periksa nilai |url= (bantuan) [Hari-hari yang tak terlupakan bagi penulis biografinya]. Clarín. Diakses tanggal 13 Maret 2013. 
  2. ^ /5a98d980-b726-11e2-92f3-f291801936b8_story.html "'Paus Fransiskus: Percakapan dengan Jorge Bergoglio: Kehidupannya dengan Kata-katanya Sendiri' oleh Sergio Rubin dan Francesca Ambrogetti" Periksa nilai |url= (bantuan). 10 Mei 2013. Diakses tanggal 5 Juni 2015.