Pelantikan kepausan Paus Fransiskus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Di antara orang-orang di Lapangan Santo Petrus saat Misa Pelantikan Paus Fransiskus

Pelantikan Paus Fransiskus diadakan pada tanggal 19 Maret 2013[1] di Lapangan Santo Petrus di Vatikan. Misa Kudus dirayakan oleh Paus Fransiskus di hadapan para pemimpin politik dan agama dari seluruh dunia. Kerumunan diperkirakan antara 150.000 dan 200.000. Delegasi resmi dari 132 negara bagian dan berbagai kelompok agama hadir. Ini adalah pelantikan kepausan pertama yang dihadiri oleh Patriark Konstantinopel dalam lebih dari 1.000 tahun.

Upacara[sunting | sunting sumber]

Paus Fransiskus melambai kepada orang banyak setelah Misa

Sekitar setengah jam sebelum Misa, Paus Fransiskus berkeliling alun-alun dengan mobil paus untuk menyambut orang banyak. Dia berhenti dan meninggalkan mobil paus untuk mencium seorang pria cacat. Paus Fransiskus mengenakan mitre sederhana, yang ia miliki sejak ia menjadi uskup, serta kasula yang serasi. Ia menggunakan staf pastoral yang digunakan oleh Benediktus XVI, namun berbeda dengan pengertian liturgi agung Benediktus XVI, Paus Fransiskus menjaga nyanyian dan tindakan liturgi tetap sederhana. Menurut Kardinal Timothy Dolan, kurangnya nyanyian Paus Fransiskus selama Misa disebabkan karena dia hanya memiliki satu paru-paru.[2]

Setelah kedatangan Paus, upacara dimulai dengan turunnya Paus baru ke makam Santo Petrus di Basilika Santo Petrus. Paus, bersama dengan para patriark dan uskup agung utama Gereja Katolik Timur berdoa di makam tersebut.[3] Setelah itu, pallium—selendang wol domba—dan Cincin Nelayan dibawa oleh dua diakon dari makam tempat mereka sebelumnya dibaringkan dan dibawa ke atas. untuk dibawa dalam prosesi.[4] Kemudian Paus dan para patriark Katolik Timur serta uskup agung utama naik ke lantai utama basilika dan melanjutkan bersama dengan para kardinal, uskup, dan pendeta lainnya dalam prosesi menuju alun-alun meneriakkan "Laudes Regiæ".[4]

Kardinal protodiakon, Kardinal Jean-Louis Tauran, menganugerahkan pallium kepada Paus Fransiskus.[4] Kardinal-imam senior yang hadir, Godfried Danneels, baca doa untuk paus baru sebelum Cincin Nelayan dipersembahkan.[4][a] Angelo Sodano, Dekan Kardinal, memberinya Cincin Nelayan yang terbuat dari perak berlapis emas, tidak seperti pendahulunya yang terbuat dari emas.[4][7] Enam kardinal, dua dari masing-masing pangkat kardinal, kemudian menyatakan ketaatan mereka kepada Paus Fransiskus atas nama Dewan Kardinal.[b] Dalam upacara sebelumnya, semua kardinal melakukannya.[9][c]

Menurut juru bicara Vatikan, antara 150.000 dan 200.000 orang hadir dalam pelantikan ini.[11]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ francesco_20130319_omelia-inizio-pontificato_en.html "19 Maret 2013: Misa pengukuhan Kepausan" Periksa nilai |url= (bantuan). Vatican.va. Diakses tanggal 1 Desember 2014. 
  2. ^ -cukup-sehat-untuk-memimpin-umat-katolik-dunia "Dolan: Paus Fransiskus Cukup Sehat untuk Memimpin Umat Katolik Dunia" Periksa nilai |archive-url= (bantuan). NY1.com. Diarsipkan dari papal_election_2013/178943/dolan--pope-francis-cukup-sehat-untuk-memimpin-katolik-dunia versi asli Periksa nilai |url= (bantuan) tanggal 15 June 2013. Diakses tanggal 22 March 2013. 
  3. ^ Misa Pelantikan Kepausan (video Vatikan pelantikan kepausan Paus Fransiskus) di YouTube
  4. ^ a b c d e f Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Inauguration video
  5. ^ aspx "Omelia di papa Francesco - Famiglia Cristiana" Periksa nilai |url= (bantuan). Famiglia Cristiana. 
  6. ^ "Papa Francesco indossa pallio dan anello del pescatore, inizia Messa". Tmnews.it. Diarsipkan dari versi asli tanggal 5 May 2014. Diakses tanggal 1 December 2014. 
  7. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama cnn
  8. ^ "Il giorno di Papa Francesco: La messa di inizio pontificato di Piazza San Pietro". Diarsipkan dari it/2013/03/19/esteri/vatican-insider/it/il-giorno-di-papa-francesco-vfk0DkkHRblxoHmyjsM92K/pagina.html versi asli Periksa nilai |url= (bantuan) tanggal 8 Agustus 2017. 
  9. ^ Jaffe, Matthew (19 Maret 2013). "Thousands Kemas Lapangan Santo Petrus untuk Misa Pelantikan Paus Fransiskus". ABC News. 
  10. ^ "Paus Benediktus XVI Memulai Kepausannya". Americancatholic.org. Diakses tanggal 1 Desember 2014. 
  11. ^ McElwee, Joshua J. (19 Maret 2013). -inspired-lowly "Fransiskus pada Misa pengukuhan: Paus harus menjadi pelayan, 'terinspirasi oleh orang-orang rendahan'" Periksa nilai |url= (bantuan). National Catholic Reporter. Diakses tanggal 20 Maret 2013. 


Kesalahan pengutipan: Ditemukan tag <ref> untuk kelompok bernama "lower-alpha", tapi tidak ditemukan tag <references group="lower-alpha"/> yang berkaitan