Sergio Rubin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Sergio Rubin adalah seorang jurnalis Argentina dan penulis. Dia adalah penulis biografi resmi dari Paus Fransiskus, dan menulis satu-satunya biografinya yang tersedia pada saat pemilihannya, pada bulan Maret 2013.

Dia saat ini bekerja di surat kabar Argentina Clarín sebagai kolumnis yang meliput berita terkait Gereja Katolik dan Paus Fransiskus.[1]

Biografi[sunting | sunting sumber]

Lulus dari Universitas Navarra (Universidad de Navarra), Rubin memulai karir jurnalistiknya di surat kabar Argentina Clarin pada tahun 1980-an, meliput berita-berita yang berkaitan dengan Gereja Katolik. Dia melakukan beberapa wawancara dengan banyak tokoh penting Gereja seperti Bunda Teresa dan, yang dikirim oleh Clarin, meliput banyak perjalanan Paus Yohanes Paulus II di seluruh dunia.

Dia kemudian bergabung dengan jurnal keagamaan Argentina, anak perusahaan Clarin, Valores Religiosos, sebagai kolumnis. Dia saat ini menjabat sebagai direktur.

Rubin bertemu Jorge Bergoglio pada tahun 1990, saat melakukan wawancara dengan Uskup Agung Antonio Quarracino kota Buenos Aires. Dia menulis El jesuita, biografi pertama Jorge Bergoglio, pada tahun 2010. Bersama jurnalis Italia Francesca Ambrogetti, dia memutuskan untuk menulis biografi tersebut ketika Bergoglio mendapat 40 suara di Konklaf Kepausan 2005, jumlah suara tertinggi yang pernah diperoleh seorang Amerika Latin dianggap papabile.[2]

Pada tahun 2001, dia dianugerahkan trofi Santa Clara de Asis.

Ia menghadiri Konklaf Kepausan 2013 bersama 5.600 jurnalis lainnya. Bergoglio terpilih sebagai Paus, dan sebagai penulis biografinya, Rubín tiba-tiba banyak diminta untuk diwawancarai oleh media internasional.

Pada bulan September 2015, Rubin, bersama rekannya Nelson Castro, dikirim oleh Clarin untuk meliput perjalanan Paus di Amerika Serikat, Kuba, dan Philadelphia.

Pada bulan Februari 2016, dia diutus oleh Clarin untuk meliput perjalanan baru Paus

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Sergio Rubín di Clarin.com
  2. ^ .clarin.com/edicion-electronica/20130317/index.html "Dias inolvidables untuk biografo" Periksa nilai |url= (bantuan) [Hari-hari yang tak terlupakan bagi penulis biografinya]. El Papa del fin del mundo. Clarín. Diakses tanggal 13 Maret 2013.