Amoris laetitia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Amoris laetitia (bahasa Latin untuk Kegembiraan Cinta) adalah anjuran apostolik pasca-Sinode yang ditulis oleh Paus Fransiskus.[1] Tertanggal 19 Maret 2016, anjuran apostolik ini dirilis pada tanggal 8 April 2016. Amoris laetitia merupakan tindak lanjut dari Sinode Keluarga yang dilangsungkan pada tahun 2014 dan 2015.[a] Teks Amoris laetitia dirilis dalam bahasa Inggris, Prancis, Jerman, Italia, dan Spanyol.

Teks berbahasa Inggris memiliki sekitar 250 halaman format-kecil dengan hampir 400 catatan kaki. Pengantar dan sembilan bab teks tersebut terdiri dari 325 paragraf bernomor. Terdapat kutipan-kutipan dari para paus terdahulu, dokumen-dokumen Konsili Vatikan II dan berbagai konferensi uskup regional, St. Thomas Aquinas, serta Pdt. Martin Luther King, Jr..[2] Amoris laetitia menyebutkan Babette's Feast (1987), yang dianggap sebagai film pertama yang disebutkan dalam sebuah dokumen kepausan,[3] bersama dengan disebutkannya karya-karya Jorge Luis Borges, Octavio Paz, Antonin Sertillanges, Gabriel Marcel, dan Mario Benedetti.[4][b]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kedua sinode tersebut secara resmi dikenal sebagai Sidang Umum Luar Biasa Ketiga dari Sinode para Uskup dan Sidang Umum Biasa Keempat Belas dari Sinode Para Uskup.
  2. ^ Konferensi uskup regional yang dikutip misalnya dari Spanyol, Korea, Argentina, Meksiko, Kolombia, Chili, Australia, Italia, dan Kenya.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Inggris) Francis, Pope (19 March 2016). Amoris laetitia (PDF). Vatican Press. Diarsipkan (PDF) dari versi asli tanggal 8 April 2016 – via vatican.va. 
  2. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama jjmshift
  3. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama tr4
  4. ^ a b Ahern, Kevin (8 April 2016). "The Listening Pope". America. Diakses tanggal 10 April 2016. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]