Jean-Louis Tauran

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Yang Mulia Jean-Louis Tauran
Presiden Konsili Pontifikal untuk Dialog Antar-Agama
Camerlengo Gereja Romawi Suci
Jean-Louis Tauran Vienna 20121126.jpg
PendahuluPaul Poupard dan Tarcisio Bertone
Jabatan lainKardinal-Imam Sant’Apollinare alle Terme Neroniane-Alessandrine pro hac vice
Tahbisan
Ditahbiskan20 September 1969
oleh Marius-Félix-Antoine Maziers
Konsekrasi6 Januari 1991
oleh Paus Yohanes Paulus II
Menjadi Kardinal21 Oktober 2003
oleh Paus Yohanes Paulus II
PeringkatKardinal Imam
Data Diri
Lahir(1943-04-05)5 April 1943
Bordeaux, Prancis
Wafat5 Juli 2018(2018-07-05) (umur 75)
Hartford, Connecticut, Amerika Serikat
KewarganegaraanPrancis
DenominasiKatolik (Ritus Roma)
Posisi sebelumnya
  • Sekretaris untuk Hubungan dengan Negara-Negara (1990–2003)
  • Pustakawan Gereja Romawi Suci (2003–2007)
  • Uskup Agung Tituler Telephte (1990-2003)
  • Arkivis Gereja Romawi Suci (2003–2007)
  • Protodiakon Dewan Kardinal (2011–2014)
Moto
  • Veritate et Caritate
  • (Untuk kebenaran dan untuk cinta)
Lambang{{{coat_of_arms_alt}}}
Gelar bangsawan untuk
Jean-Louis Tauran
Coat of Arms of Jean-Louis Pierre Cardinal Tauran.png
Gaya referensiYang Mulia
Gaya penyebutanYang Mulia
Informal styleKardinal
LihatThelepte (tahta tituler)

Jean-Louis Pierre Tauran (lahir 5 April 1943 – meninggal 5 Juli 2018 pada umur 75 tahun) adalah seorang Kardinal Gereja Katolik Prancis. Ia adalah Presiden Konsili Pontifikal untuk Dialog Antar-Agama dalam Kuria Roma. Ia menjadi kardinal pada 2003 dan menjadi Kardinal Protodiakon dari 2011 sampai 2014. Ia menjadi Camerlengo Gereja Romawi Suci sejak 20 Desember 2014.

Kehidupan awal dan layanan Gereja[sunting | sunting sumber]

Lahir di Bordeaux, Prancis, Tauran belajar di Universitas Kepausan Gregorian di Roma, Italia, mendapatkan lisensi dalam filsafat dan teologi dan gelar doktor dalam hukum kanonik. Dia juga belajar di Akademi Kepausan di Roma dan Universitas Katolik Toulouse, Prancis. Dia ditahbiskan menjadi imam oleh Uskup Agung Marius Maziers pada tanggal 20 September 1969 dan bekerja sebagai penasihat di Keuskupan Agung Bordeaux sebelum memasuki layanan diplomatik Vatikan pada tahun 1975. Dia adalah sekretaris dari nunciatures ke Republik Dominika (1975-1978) dan untuk Lebanon (1979–1983). Tauran menjadi pejabat Dewan untuk Urusan Umum Gereja pada tahun 1983, dan kemudian berpartisipasi dalam misi khusus di Haiti (1984), dan Beirut dan Damascus (1986). Dia juga anggota delegasi Vatikan ke pertemuan Konferensi Keamanan Eropa dan Kerjasama, Konferensi tentang Perlucutan Senjata di Stockholm, dan Forum Budaya di Budapest dan kemudian Wina.

Sekretaris Hubungan Negara[sunting | sunting sumber]

Pada 1 Desember 1990, Tauran diangkat sebagai Sekretaris Hubungan dengan Negara-Negara Sekretariat Negara dan Uskup Agung Tituler Thélepte oleh Paus Yohanes Paulus II. Dia menerima konsekrasi episkopalnya pada tanggal 6 Januari 1991 dari Paus Yohanes Paulus II sendiri, dengan Uskup Agung Giovanni Battista Re dan Justin Francis Rigali melayani sebagai ko-konsekrator, di Basilika Santo Petrus. Sebagai Sekretaris, Tauran pada dasarnya melayani sebagai menteri luar negeri Vatikan. Sehubungan dengan konflik Irak, ia pernah menekankan pentingnya dialog dan PBB, dan mengatakan bahwa "perang agresi sepihak merupakan kejahatan terhadap perdamaian dan menentang Konvensi Jenewa".

Kardinal-Diakon, Pengarsip dan Pustakawan dari Gereja Roma Suci[sunting | sunting sumber]

Tauran menjadi Kardinal-Diakon dari Sant'Apollinare alle Terme oleh Paus Yohanes Paulus II dalam konsistori tanggal 21 Oktober 2003. Pada 24 November berikutnya, ia dinamai Arsiparis dan Pustakawan dari Gereja Roma Suci, mengawasi Arsip Rahasia Vatikan dan Vatikan Perpustakaan.

Pada akhir 2003, Tauran menarik perhatian pada perlakuan "kelas dua" terhadap non-Muslim di "banyak negara Muslim," terutama Arab Saudi. Mewakili Paus, Tauran menghadiri pengabdian museum Holocaust baru pada Maret 2005 di Yad Vashem di Yerusalem.

Tauran adalah salah satu dari para kardinal pemilih yang berpartisipasi dalam konklaf kepausan tahun 2005 yang memilih Paus Benediktus XVI. Dia juga salah satu dari para kardinal elektor dalam konklaf 2013 yang memilih Paus Fransiskus. Sebagai Kardinal Protodiakon (senior Kardinal-Diakon) pada konklaf 2013, ia mengumumkan pemilihan paus baru pada 13 Maret 2013 dan memberikan pallium pada Paus Fransiskus pada misa pelantikan paus pada 19 Maret.

Dalam perannya sebagai Protodiakon untuk konklaf 2013, Tauran mengatakan bahwa "orang-orang bertanya 'Bagaimana Anda mempersiapkan diri untuk mengumumkan paus baru?' Saya akan mengatakan 'Tidak, saya mempersiapkan diri untuk konklaf.' Konklaf tidak seperti parlemen dengan kampanye, Ini adalah pertemuan spiritual, Anda harus ingat bahwa konklaf adalah perayaan liturgi, terutama dari pagi hingga sore, Ini adalah pengalaman spiritual, sangat dalam bagi saya. keistimewaan Gereja Katolik. Anda dapat merasakan kekayaan kehidupan gereja dan bagaimana aspek-aspek positif lebih besar daripada yang negatif ".

Kardinal Tauran menjalankan pilihannya untuk dipromosikan menjadi kardinal imam dan pada 12 Juni 2014, Paus Fransiskus mengangkat Tauran ke gelar kardinal imam. Dia digantikan sebagai Protodiakon oleh Kardinal Renato Raffaele Martino.

Presiden Dewan Kepausan untuk Dialog Antaragama[sunting | sunting sumber]

Meskipun memiliki penyakit Parkinson, Tauran ditunjuk sebagai presiden Dewan Kepausan untuk Dialog Antaragama pada 25 Juni 2007, menunjukkan bahwa penyakitnya tidak semakin parah dan ia mampu menangani lebih banyak tanggung jawab. Dia mengambil alih posisi ini pada 1 September 2007.

Catatan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]