Pondok Aren, Tangerang Selatan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Pondok Aren, Tangerang)
Pondok Aren
Peta lokasi Kecamatan Pondok Aren
Peta lokasi Kecamatan Pondok Aren
Negara Indonesia
ProvinsiBanten
KotaTangerang Selatan
Pemerintahan
 • CamatH. Hendra[1]
Populasi
 • Total289.767 jiwa
 • Kepadatan9.698/km2 (25,120/sq mi)
Kode pos
15421-15429
Kode Kemendagri36.74.03
Kode BPS3674060
Desa/kelurahan11 kelurahan


Pondok Aren (Sunda: ᮕᮧᮔ᮪ᮓᮧᮊ᮪ ᮃᮛᮦᮔ᮪, translit. Pondok Arén) adalah sebuah kecamatan di Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten, Indonesia. Bahasa yang digunakan umumnya adalah bahasa Betawi. Terdapat juga beberapa perkampungan di bagian barat yang berbatasan dengan Serpong Utara yang masyarakatnya menggunakan bahasa Sunda Tangerang.[3]

Sebelum Kota Tangerang Selatan menjadi kota otonom, Pondok Aren merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Tangerang dengan luas terbesar yaitu 2.988 km². Kecamatan Pondok Aren merupakan pecahan dari Kecamatan Ciledug sebagai kecamatan induknya, ketika masih provinsi Jawa Barat.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Nama Pondok Aren karena pada zaman dahulu merupakan kampung besar yaitu di Kelurahan Perigi Lama sebelah timur, Kelurahan Pondok kacang Timur sebelah timur dan Kelurahan Pondok Aren itu sendiri. Kata "Aren" berasal dari nama pohon aren (Arenga pinnata) sejenis palem-paleman. Sebelumnya kantor kecamatan berada di kelurahan Pondok Aren, karena berdiri di atas tanah bekas perkebunan negara (PTPN) yang diklaim oleh perumahan Bintaro Jaya sebagai pemiliknya, kemudian pada tahun 2005 dipindahkan ke Kelurahan Perigi Baru dengan gedung yang baru.

Batas wilayah[sunting | sunting sumber]

Adapun batas wilayah Pondok Aren yakni:

Utara Kecamatan Ciledug dan Kecamatan Larangan
Timur Kecamatan Pesanggrahan
Selatan Kecamatan Ciputat dan Kecamatan Ciputat Timur
Barat Kecamatan Serpong Utara dan Kecamatan Serpong

Kelurahan[sunting | sunting sumber]

Kecamatan Pondok Aren terdiri dari 11 kelurahan, yakni:[4]

Demografi[sunting | sunting sumber]

Masjid Raya Bintaro, Pondok Aren

Tahun 2021, jumlah penduduk kecamatan Pondok Aren sebanyak 289.767 jiwa, dengan kepadatan 9.698 jiwa/km². Kemudian, persentasi penduduk kecamatan Pondok Aren berdasarkan agama yang dianut yakni mayoritas beragama Islam sebanyak 92,16%. Kemudian yang beragama Kekristenan sebanyak 7,29%, dengan rincian Protestan sebanyak 4,57% dan Katolik 2,72%. Penganut agama Buddha sebanyak 0,33%, kemudian Hindu sebanyak 0,22%.[2] Sarana rumah ibadah, terdapat 130 masjid, 12 gereja, 2 vihara dan 1 pura.[4]

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Mentari Intercultural School Bintaro, Parigi, Pondok Aren

Di Kecamatan ini, terdapat dua Sekolah Tinggi milik pemerintah, yaitu Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) dan Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG). Terdapat sekolah negeri seperti SMA Negeri 5 Tangerang Selatan, SMK Negeri 2 Tangerang Selatan, SMP Negeri 5 Tangerang Selatan, SMP Negeri 12 Tangerang Selatan dan SDN Pondok Aren 1. Selain itu juga pondok pesantren-pondok pesantren dan sekolah-sekolah swasta seperti: PonPes Jam’iyyah Islamiyyah, TK/RA Jamiyyah Islamiyyah, MI Jamiyyah Islamiyyah, MTs Jamiyyah Islamiyyah, MA Jamiyyah Islamiyyah, STIT Al-Amin, SD, SMP, dan SMA Homeschooling Kak Seto, SD Kak Seto School, Kak Seto Learning Center, Sekolah Khusus Kak Seto, PKBM dan Homeschooling Flexi School Bintaro, SD dan SMP Pembangunan Jaya, SMA Plus Pembangunan Jaya, SMA Arif Rahman Hakim (ARH), SMA Yadika, Pesantren Al Amanah Al Gontory, Sekolah Penabur, Sekolah Islam Auliya, Sekolah Islam Annisa, Sekolah Islam Amalina, Sekolah Islam Al-Azhar Bintaro, serta dua sekolah asing yaitu British School Jakarta dan Jakarta Japanese School (JJS). Sekolah Internasional yaitu Global Jaya School dan Mentari Intercultural School Bintaro.

Transportasi umum[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Selamat dan Sukses Atas Dilantiknya Camat". www.lbbtangsel.co.id. 7 Januari 2022. Diakses tanggal 28 Februari 2022. 
  2. ^ a b "Visualisasi Data Kependudukan - Kementerian Dalam Negeri 2021" (Visual). www.dukcapil.kemendagri.go.id. Diakses tanggal 28 Februari 2022. 
  3. ^ "Pilar Sebut Banyak Perkampungan di Tangsel Berbahasa Sunda". www.satelitnews.com. 13 Juni 2022. Diakses tanggal 18 Desember 2023. 
  4. ^ a b "Kecamatan Pondok Aren Dalam Angka 2021" (pdf). tangselkota.bps.go.id. hlm. 55. Diakses tanggal 28 Februari 2022.