Perigi Lama, Pondok Aren, Tangerang Selatan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Perigi Lama
Kelurahan
Negara  Indonesia
Provinsi Banten
Kota Tangerang Selatan
Kecamatan Pondok Aren
Pemerintahan
 • Lurah Sawinan,S.Pd (2015 - Sekarang)
Kodepos 15227

Perigi Lama adalah sebuah kelurahan yang terletak di kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Kelurahan ini adalah pecahan dari Desa Perigi yang dipecah menjadi Perigi Lama dan Perigi Baru. Kepala Desa atau lurahnya sejak tahun 1960 adalah H. Senting Sarmah (Kemudian menjadi nama jalan di kelurahan ini, Jl. H. Sarmah), H. Abdul Gani Margono, H. Marta, H. Mursin, H. Hendra Gunawan dan Sawinan,S.Pd (sekarang)

Jabatan Lurah/Kepala Desa 1. H.Senting Sarmah 2. H.Abdul Gani Margono = 1968 -1989 3. H.Marta Buyah = 1989 - 1998 4. H.Mursin = 1998 - 2014 5. H.Hendra Gunawan,SH.,M.Si 2014 6. Sawinan,S.Pd 2015 - Sekarang

Geografi[sunting | sunting sumber]

Luas kelurahan ini sekitar 450 hektare dengan tanah darat, sungai, danau dan persawahan. Populasi kelurahan ini sekitar 15 ribu jiwa yang terdiri dari masyarakat asli yang beretnis Betawi, juga masyarakat pendatang yang beretnis Tionghoa, Jawa, Sunda, Batak, Padang, Madura dan lain-lain. Di kelurahan ini terdapat sebuah danau yang di sebut Setu Perigi Kelurahan ini pernah menjadi Desa teladan ketika masih masuk provinsi Jawa Barat. sekarang telah menjadi sebuah kota kelurahan dengan keberadaan sarana internasional dan banyaknya perumahaan. Sekolah internasional di antaranya, British International School, Jakarta japanese School dan Sekolah Global Jaya. Perumahan Permata Bintaro, Emerald Bintaro dan Graha Raya Bintaro. Ada sejumlah kampung-kampung lama yang bernama Kampung Pondok Aren, Kampung Lio dan kampung Cileduk. Ada sejumlah persawahan yang kini hampir lenyap yang di sebut rawa, yaitu Rawa lindung, Rawa Tileng dan Rawa Kambing.