Pengungsi kafe internet

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sebuah bilik di kafe internet

Pengungsi kafe internet (ネットカフェ難民, netto kafe nanmin), juga dikenal sebagai tunawisma siber (サイバーホームレス, saibā hōmuresu), adalah kelas dari tunawisma di Jepang yang tidak memiliki atau menyewa tempat tinggal (sehingga tidak memiliki alamat tetap) dan tidur di kafe internet atau kafe manga yang beroperasi selama 24 jam.[1] Meskipun kafe tersebut awalnya hanya menyediakan layanan Internet, beberapa tempat memperluas layanan mereka dengan menyediakan makanan, minuman, dan kamar mandi. Istilah ini diciptakan pada tahun 2007 oleh acara dokumenter Nippon News Network NNN Document.[2] Kecenderungan pengungsi kafe internet membuat sejumlah besar orang menggunakannya sebagai rumah mereka.[3] Pergeseran definisi dari industri tersebut sebagian mencerminkan sisi gelap dari ekonomi Jepang, yang kerentanannya[4] tercatat sejak kejatuhan ekonomi nasional yang berlangsung selama beberapa dasawarsa.

Prevalensi[sunting | sunting sumber]

Sebuah studi pemerintah Jepang memperkirakan bahwa lebih dari 5.400 orang menghabiskan setidaknya setengah dari minggu mereka untuk menetap di kafe internet.[5] Diduga bahwa fenomena ini merupakan bagian dari peningkatan kesenjangan kekayaan di Jepang, yang secara historis membanggakan masyarakatnya yang setara secara ekonomi.[6]

Perspektif antropologi budaya menunjukkan bahwa pengungsi kafe internet adalah salah satu fenomena yang muncul di tengah "dasawarsa yang hilang" di Jepang terkait dengan penggelembungan harga perumahan pada tahun 1989 dan tiga bencana bersamaan pada tahun 2011 yang meninggalkan rasa "kerentanan" yang bertahan lama.[7] Bersamaan dengan krisis pemuda lainnya seperti freeter dan pekerjaan tidak tetap, pengungsi kafe internet dapat dilihat sebagai contoh keputusasaan dan keresahan kolektif yang dimiliki oleh masyarakat Jepang kontemporer.

Pada tahun 2020, diperkirakan 15.000 orang menginap di kafe internet di Tokyo.[8] Sebagian besar pengungsi kafe internet adalah remaja laki-laki.[9] Sebagian besar pengungsi kafe internet adalah kelas pekerja perkotaan, yang terdorong ke bentuk tempat tinggal yang tidak stabil oleh tingginya biaya hidup di tengah kesulitan ekonomi jangka panjang di Jepang.

Penutupan kafe internet selama pandemi Covid-19 di Jepang membuat masalah tunawisma semakin jelas.[8] Liputan mengenai pengungsi kafe internet terkait virus corona menyebutkan bahwa kafe internet dan kafe manga yang beroperasi selama 24 jam pada awalnya digunakan oleh pebisnis, tetapi tempat ini berubah menjadi tempat penampungan bagi kaum miskin perkotaan, dan penutupan karena pandemi membuat mereka kehilangan tempat tinggal, bahkan lebih harfiah.[10]

Ekonomi[sunting | sunting sumber]

Loker koin di Jepang, seharga 100 yen per hari

Menurut survei pemerintah Jepang, para tunawisma yang tinggal memiliki sedikit ketertarikan pada manga atau Internet, dan sebaliknya menggunakan tempat tersebut karena harganya yang relatif rendah dibandingkan dengan persaingan harga dari hunian sementara, hotel bisnis, hotel kapsul, losmen, atau pilihan lain selain tidur di jalan. Diperkirakan juga bahwa sekitar setengah dari mereka yang tinggal tidak memiliki pekerjaan, sementara setengah lainnya bekerja di tempat kerja sementara bergaji rendah, yang dibayar sekitar 100.000 yen ($1000) per bulan – lebih rendah dari yang dibutuhkan untuk menyewa apartemen dan membayar transportasi di kota seperti Tokyo.

Sementara kafe internet pada dasarnya membebankan tarif per jam, sebagian besar tempat mempromosikan paket menginap dengan diskon. Harganya bervariasi menurut kota, tetapi harga paket 6 atau 9 jam biasanya sekitar 1.500 yen. Dibandingkan dengan hotel kapsul dan asrama (sekitar 2.500 yen) dan hotel bisnis, harga yang relatif murah membuat kafe internet menjadi "pilihan perumahan" yang menarik. Meskipun mereka tidak secara resmi dianggap sebagai fasilitas akomodasi, fungsi seperti losmen tersebut mengambil alih tujuan utama mereka, layanan internet dan manga.[11] Salah satu nama waralaba kafe internet "Net Maru" menunjukkan pergeseran paradigma dari industri tersebut, sebuah kata majemuk dari net (ネット, netto) dan menginap (泊まる, tomaru).

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Beberapa kafe internet menawarkan kamar mandi gratis dan menjual pakaian dalam dan barang-barang pribadi lainnya, memungkinkan pengungsi kafe internet untuk menggunakan kafe internet seperti hotel atau losmen.[12][13]Sebagian besar tempat menawarkan berbagai minuman berkarbonasi dan sup gratis di ruang santai, dan beberapa tempat menjual berbagai macam makanan berkualitas restoran, yang kemungkinan besar dijual oleh restoran keluarga di Jepang.

Kafe internet menawarkan jenis tempat duduk yang berbeda dengan harga yang berbeda. Tempat duduk berkisar dari kursi biasa, kursi bersandar di bilik, dan kursi datar di bilik (フラット, furatto). Selain paket malam dan akomodasi, hal ini mengimplikasikan bahwa industri tersebut berkembang sesuai dengan permintaan yang konstan dari pengungsi kafe internet. Singkatnya, industri tersebut beranjak dari tujuan awalnya dan mencoba menarik pelanggan dengan anggaran rendah, seperti hotel dan losmen.

Tunawisma siber[sunting | sunting sumber]

Kata lain untuk pengungsi kafe internet adalah cyber-homeless (tunawisma siber), sebuah istilah dalam bahasa Jepang yang didasarkan pada bahasa Inggris.[14] Biasanya, para tunawisma siber adalah pengangguran atau setengah menganggur dan tidak mampu untuk menyewa bahkan apartemen termurah, yang harganya lebih mahal dari biaya sewa per bulan untuk bilik internet. Para tunawisma siber bahkan dapat menggunakan alamat kafe internet pada resume mereka saat melamar pekerjaan untuk menyembunyikan bentuk tempat tinggal mereka saat ini.

Biayanya sekitar 1400 hingga 2400 yen untuk satu malam – yang mungkin termasuk minuman berkarbonasi, TV, komik dan akses internet gratis – lebih murah daripada hotel kapsul. Beberapa tunawisma siber mungkin juga seorang freeter.[15] Untuk menjelaskannya, pendapatan rendah yang diperoleh melalui pekerjaan tidak tetap para freeter menghalangi mereka untuk menetap dalam bentuk tempat tinggal tradisional dan mendorong mereka ke kafe internet, bertentangan dengan tujuan awal sebagai tempat sementara.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Justin McCurry (28 September 2007). "Tokyo dreaming" (dalam bahasa Inggris). Guardian. Diakses tanggal 15 January 2017. 
  2. ^ “NNNドキュメント バックナンバー(2007年1月28日)”. 日本テレビ放送網. 2015年12月20日閲覧
  3. ^ BusinessWeek. Japan's Net Café Refugees. August 28, 2007.
  4. ^ Allison, Anne (2013). Precarious Japan. 
  5. ^ Water Week. New Japanese underclass, “net cafe refugees”, emerges: homeless and low-paid, living in cubicles, and net lounges. 17 October 2007.
  6. ^ Paul, Kari (18 March 2015). "The Japanese Workers Who Live in Internet Cafes". Motherboard (dalam bahasa Inggris). 
  7. ^ Allison, Anne (2012). "Ordinary Refugees: Social Precarity and Soul in 21st Century Japan". Anthropological Quarterly. 85 (2): 345–370. doi:10.1353/anq.2012.0027. 
  8. ^ a b Emiko Jozuka; Junko Ogura; Will Ripley (4 May 2020). "When your home is a Japanese internet cafe, but the coronavirus pandemic forces you out". CNN. Diakses tanggal 4 May 2020. 
  9. ^ Iguchi, Mari (Mar 17, 2010). "How Do Net Cafe Refugees Influence Japanese Society?". North American Post. 
  10. ^ Suzuki, Miwa (Apr 15, 2020). "Japan's homeless 'net cafe refugees' seek shelter amid virus woe". AFP International. 
  11. ^ Hirata, Tomohisa (2011). "Being Quiet in Internet Cafes : Private Booths and the Isolation of Net Cafe Nanmin". Journal of Socio-Informatics. 4 (1): 41–48. 
  12. ^ Paul, Kari (18 March 2015). "The Japanese Workers Who Live in Internet Cafes". Motherboard (dalam bahasa Inggris). 
  13. ^ Emiko Jozuka; Junko Ogura; Will Ripley (4 May 2020). "When your home is a Japanese internet cafe, but the coronavirus pandemic forces you out". CNN. Diakses tanggal 4 May 2020. 
  14. ^ Japan's recession BBC News, Tokyo 18 March 2009
  15. ^ "Cyber cafes a homeless haven". Television New Zealand. Reuters. 7 May 2007. Diakses tanggal 30 October 2011. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]