Freeter

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pekerjaan di Jepang

Freeter (フリーター, furītā) adalah ungkapan bahasa Jepang untuk orang-orang yang tidak memiliki pekerjaan penuh waktu atau menganggur, tidak termasuk ibu rumah tangga dan pelajar. Rata-rata usia freeter berkisar antara 15 hingga 34 tahun.[1]

Freeter juga dapat digambarkan sebagai setengah menganggur. Orang-orang ini tidak memulai karir setelah sekolah menengah atau universitas tetapi mendapatkan uang dari pekerjaan bergaji rendah.

Kata freeter atau freeta dianggap sebagai portmanteau dari kata bahasa Inggris free (atau mungkin freelance) dan kata Jerman Arbeiter ("pekerja"). Arubaito adalah kata pinjaman Jepang dari Arbeiter, dan mungkin dari Arbeit ("pekerjaan"). Karena bahasa Jerman (bersama dengan bahasa Inggris) digunakan di universitas-universitas Jepang sebelum Perang Dunia II, terutama untuk sains dan kedokteran, arubaito menjadi umum di kalangan mahasiswa untuk menggambarkan pekerjaan paruh waktu bagi mahasiswa.

Istilah freeter diciptakan oleh majalah pekerjaan paruh waktu From A editor Michishita Hiroshi pada tahun 1987 dan digunakan untuk menggambarkan pekerja "bebas" yang bekerja lebih sedikit, mendapatkan bayaran per jam, bukan gaji bulanan seperti pekerja penuh waktu biasa, dan tidak menerima apa pun baik tunjangan pekerja tetap penuh waktu (gaji hari raya, gaji sakit, gaji bonus, cuti berbayar).

Pada 1990-an dan 2000-an, istilah freeter tersebut beralih ke konotasi negatif dan freeter dipandang sebagai beban masyarakat. Istilah ini dilihat secara positif yang menandakan kebebasan untuk mengeksplorasi alternatif lain untuk pekerjaan untuk bersenang-senang ketika ekonomi di Jepang makmur dengan banyak kesempatan kerja yang berbeda.[2]

Dengan deregulasi undang-undang perburuhan, khususnya Undang-undang Pengiriman Tenaga Kerja pada tahun 2004 oleh pemerintah Koizumi, perusahaan telah mampu mempekerjakan semakin banyak pekerja tidak tetap dalam upaya mereka untuk tetap kompetitif secara global. 1 Pekerjaan kaum muda di Jepang (dan di tempat lain) telah dipengaruhi secara signifikan oleh perubahan ini dan semakin genting (Brinton 2010; Furlong 2007; Honda 2004 a, b; Inui dkk. 2007; Obinger 2009).

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Peningkatan Freeter pada 1990-an dan 2000-an dikaitkan dengan perubahan berikutnya yang telah dialami bangsa Jepang sejak pecahnya ekonomi pada awal 1990-an dan meningkatnya neoliberalisasi ekonomi.[2] Resesi hampir dua dekade mendesak perusahaan untuk mengubah kebijakan tenaga kerja agar tetap relevan di pasar global. Perusahaan menghentikan perekrutan untuk pekerjaan tetap, mengurangi bonus, memberi insentif kepada karyawan senior untuk pensiun, dan menciptakan kebijakan untuk mempekerjakan staf sementara untuk fleksibilitas dan penghematan perusahaan dan mengalihkan pekerja dengan status kontrak. Relaksasi undang-undang perburuhan yang protektif dan deregulasi praktik perekrutan pada tahun 1998 memungkinkan perusahaan mempekerjakan lebih banyak pekerja fleksibel untuk jangka waktu yang lebih lama.

Peningkatan sekolah menengah swasta menyebabkan lebih rendahnya jumlah siswa sekolah negeri yang terdaftar di universitas elit yang mengakibatkan lebih banyak permintaan untuk pekerjaan paruh waktu karena pekerjaan penuh waktu menjadi kurang tersedia bagi lulusan sekolah umum.[3][4]Sekitar 10% lulusan sekolah menengah dan universitas tidak dapat menemukan pekerjaan tetap pada musim semi tahun 2000, dan 50% dari mereka yang dapat menemukan pekerjaan kembali dalam waktu tiga tahun setelah bekerja.[5]

Dari tahun 2000 hingga 2009, jumlah freeter meningkat pesat. Pada tahun 1982 diperkirakan ada 0,5 juta freeter di Jepang, 0,8 juta pada 1987, 1,01 juta pada 1992 dan 1,5 juta pada 1997. Jumlah untuk 2001 adalah 4,17 juta freeter menurut satu perkiraan, dan 2 juta pada 2002 menurut perkiraan lain. Survei oleh Institut Tenaga Kerja Jepang pada tahun 2000, pekerja bebas rata-rata bekerja 4,9 hari per minggu dan menghasilkan 139.000 per bulan (sekitar $1.300 AS).

Penyebab[sunting | sunting sumber]

Institut Tenaga Kerja Jepang mengklasifikasikan pekerja bebas menjadi tiga kelompok: "tipe moratorium" yang ingin menunggu sebelum memulai karir, "tipe pengejar impian", dan "tipe tanpa alternatif". Freeter tipe moratorium ingin menikmati hidup, dan sengaja memilih untuk tidak mengikuti persaingan kerja.

Tipe pengejar mimpi memiliki mimpi spesifik yang tidak sesuai dengan karir standar Jepang.

Tipe tidak ada alternatif tidak dapat menemukan pekerjaan yang layak sebelum lulus sekolah menengah atau universitas dalam sistem yang disebut "perekrutan lulusan baru secara simultan" (新卒一括採用, Shinsotsu-Ikkatsu-Saiyō), yang unik bagi masyarakat Jepang. Mereka yang ditinggalkan oleh Shinsotsu-Ikkatsu-Saiy dipaksa untuk mengambil pekerjaan tetap dengan gaji rendah. Hal ini biasanya berkaitan dengan status putus sekolah mereka dari lembaga pendidikan sebelumnya.

Dampak[sunting | sunting sumber]

Kesulitan membangun rumah tangga[sunting | sunting sumber]

Pekerjaan dan pernikahan dipandang sebagai dua pengidentifikasi utama untuk masa dewasa dan merupakan cita-cita normatif maskulinitas.[1] Banyak freeter hidup gratis dengan orang tua mereka seperti yang digambarkan oleh beberapa media sebagai parasit single. Perempuan memiliki insentif keuangan yang lebih sedikit dibandingkan laki-laki untuk menikah dan perempuan secara tradisional dipandang sebagai pengasuh anggota keluarga yang lebih tua, yang semakin sulit karena meningkatnya jumlah warga lanjut usia.[3]Jika perempuan menikah, maka bebannya berlipat ganda dengan harus mengurus orang tua, orang tua pasangan, suami, dan calon anak. Laki-laki berurusan dengan perbandingan dengan pegawai, juga dikenal sebagai "pejuang perusahaan", pekerjaan ideal yang harapkan bagi laki-laki selama pertumbuhan ekonomi dari tahun 1960-an yang terkait dengan pembangunan kembali negara dan ekonomi Jepang setelah Perang Dunia II.[2]Wacana hegemonik maskulin yang dominan pada tahun 1960-an dan setelah pria ideal yang rela berkorban untuk pekerjaan dan pencari nafkah keluarga telah menciptakan stigma di mana pria bebas terlihat kurang maskulin dan memiliki waktu yang lebih sulit dengan hubungan, pernikahan, dan akhirnya. mencari pekerjaan penuh waktu.

Kesulitan memulai karir[sunting | sunting sumber]

Memulai karir menjadi lebih sulit semakin lama seseorang menjadi pekerja bebas, karena perusahaan Jepang lebih memilih untuk mempekerjakan pekerja baru yang baru lulus dari sekolah menengah atau universitas. Perusahaan lebih memilih untuk mempekerjakan orang muda yang menawarkan masa kerja lebih lama, dan yang akan lebih mudah dibentuk. Seringkali satu-satunya pilihan yang tersisa untuk pekerja bebas adalah terus bekerja di pekerjaan paruh waktu berpenghasilan rendah, sehingga sulit untuk membangun rumah tangga mereka sendiri. Beberapa bergabung dengan banyak tunawisma di Jepang.

Asuransi kesehatan dan pensiun[sunting | sunting sumber]

Pekerjaan paruh waktu biasanya tidak termasuk tunjangan kesehatan atau pensiun. Rendahnya pendapatan Freeter membuat pembayaran biaya pengobatan menjadi berat.Masalah terbesar untuk freeter adalah bahwa sistem pensiun Jepang didasarkan pada jumlah tahun seseorang telah membayar ke dalam sistem. Freeter biasanya memiliki sedikit atau tidak ada asuransi pensiun atau tabungan, yang mungkin memaksa dia untuk bekerja di luar usia pensiun biasa.

Kebebasan memilih[sunting | sunting sumber]

Keuntungan menjadi orang bebas adalah seseorang memiliki lebih banyak kebebasan memilih, dan lebih banyak waktu untuk hobi, sukarela, dan layanan masyarakat. Jika mereka tinggal bersama orang tua mereka, mereka dapat menghabiskan seluruh pendapatan mereka untuk diri mereka sendiri.

Dampak pada masyarakat Jepang[sunting | sunting sumber]

Populasi Jepang dari 1920 hingga 2010, dengan proyeksi populasi hingga 2060, freeters tidak memiliki manfaat dari keanggotaan serikat pekerja, yang akan memberi mereka perlindungan hukum terhadap pemecatan.Ketika mereka masih muda, para pekerja bebas biasanya tinggal bersama orang tua mereka dan memiliki pendapatan yang dapat dibelanjakan yang seharusnya digunakan untuk sewa. Pengeluaran mereka membantu sektor manufaktur ekonomi Jepang. Dengan tinggal di rumah yang sama dengan orang tua mereka dan tidak memiliki mobil, para freeter memiliki dampak yang jauh lebih rendah terhadap lingkungan alam daripada anggota masyarakat yang "konsumsi tinggi" yang memiliki mobil.

Sebagian besar pekerja yang mencoba memulai karir di usia tiga puluhan mungkin memiliki dampak signifikan pada budaya perusahaan Jepang saat ini. Ini dapat mengubah praktik perekrutan dan pekerjaan, terutama karena ahli demografi memperkirakan kekurangan tenaga kerja di masa depan karena populasi Jepang yang menua.Banyak pria lajang yang kesulitan menikah karena pendapatan mereka yang rendah. Dengan demikian mereka mungkin memiliki anak di kemudian hari, atau tidak sama sekali. Hal ini selanjutnya akan memperburuk tingkat kelahiran yang rendah di Jepang dan memperparah masalah sosial dan ekonomi yang terkait dengan populasi yang menua, seperti kurangnya dana untuk sistem pensiun Jepang.

Cita-cita pernikahan[sunting | sunting sumber]

Ketika freeter mencapai akhir usia 20-an mereka menyerah pada aspirasi mereka untuk berpartisipasi dalam pekerjaan yang stabil dan membentuk keluarga. Pernikahan sebagai penanda kedewasaan sosial penuh di Jepang telah yang lama diakui. Misal, sejumlah penulis seperti Edwards (1990), Lunsing (2001), Dasgupta (2005) dan Hamabata (1990) mengeksplorasi kepercayaan yang dianut secara luas tentang pentingnya pernikahan dalam pencapaian ichininmae (status dewasa penuh).[1]

Terlepas dari kenyataan bahwa semakin banyak orang memilih untuk menunda atau tidak menikah sama sekali (lih. Nemoto 2008), pernikahan masih dianggap penting, yang merupakan transisi penting menuju kedewasaan. Murata (2000), menggambarkan bagaimana hal ini dapat memiliki dampak yang signifikan pada pria paruh baya dengan status lajang di tempat kerja. Lunsing (2001) mengemukakan berbagai strategi yang dikembangkan individu untuk menghadapi atau menghindari tuntutan normatif dari dampak freeter.[1]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Lagom

Hygge

Hidup Sederhana

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d COOK, Emma E. (2013-01-01). "Expectations of Failure: Maturity and Masculinity for Freeters in Contemporary Japan". Social Science Japan Journal. 16 (1): 29–43. doi:10.1093/ssjj/jys022. ISSN 1369-1465. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-07-25. Diakses tanggal 2021-12-27. 
  2. ^ a b c Brison, Karen J; Dewey, Susan (2012). Super girls, gangstas, freeters, and xenomaniacs: gender and modernity in global youth cultures (dalam bahasa English). Syracuse, N.Y.: Syracuse University Press. ISBN 978-0-8156-5169-7. OCLC 859674266. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-07-25. Diakses tanggal 2021-12-27. 
  3. ^ a b Maree, Claire (2004-06-01). "Same-Sex Partnerships in Japan: Bypasses and Other Alternatives". Women's Studies. 33 (4): 541–549. doi:10.1080/00497870490464396. ISSN 0049-7878. 
  4. ^ Kelly, William W.; White, Merry I. (2018-07-05). 3. Students, Slackers, Singles, Seniors, and Strangers: Transforming a Family-Nation (dalam bahasa Inggris). Cornell University Press. doi:10.7591/9781501731112-004/html. ISBN 978-1-5017-3111-2. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-02-10. Diakses tanggal 2021-12-28. 
  5. ^ Tokuhiro, Yoko (2009-09-25). Marriage in Contemporary Japan. London: Routledge. doi:10.4324/9780203871188/marriage-contemporary-japan-yoko-tokuhiro. ISBN 978-0-203-87118-8. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-02-12. Diakses tanggal 2021-12-28.