Perusahaan gelap

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Perusahaan gelap (Jepang: ブラック企業, burakku kigyō atau ブラック会社, burakku gaisha) adalah sebuah istilah yang diperkenalkan di Jepang yang merujuk kepada perusahaan yang mempekerjakan pekerja dengan sistem toko keringat. Istilah "perusahaan gelap" lebih merujuk ke perusahaan yang mempekerjakan pekerja kantor atau pekerja pabrik secara berlebihan.

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Istilah perusahaan gelap mulai diperkenalkan oleh para pekerja di bidang teknologi informasi yang berusia muda di Jepang pada dekade 2000-an. Setelah itu, istilah ini diterapkan ke berbagai industri.[1]

Kondisi[sunting | sunting sumber]

Sementara spesifikasinya mungkin berbeda dari tempat kerja ke tempat kerja dan perusahaan ke perusahaan, praktik khas di black kigyō adalah mempekerjakan sejumlah besar karyawan muda dan kemudian memaksa mereka untuk bekerja dalam jumlah besar lembur tanpa upah lembur. Kondisinya buruk, dan pekerja menjadi sasaran pelecehan verbal dan "pelecehan kekuasaan" (intimidasi) oleh atasan mereka.[1] Untuk membuat karyawan tetap tinggal, atasan black kigyō sering mengancam karyawan muda dengan penghinaan jika mereka memilih untuk berhenti.

Kasus yang patut diperhatikan[sunting | sunting sumber]

Mina Mori, seorang karyawan berusia 26 tahun dari jaringan restoran Watami, bunuh diri[2] dua bulan setelah bergabung dengan perusahaan pada tahun 2008. Keluarganya mengajukan keluhan ke Kantor Standar Tenaga Kerja Yokosuka untuk meminta pengakuan bunuh diri sebagai terkait pekerjaan. Ketika klaim mereka ditolak, mereka mengajukan banding ke Biro Tenaga Kerja Prefektur Kanagawa, yang mengakui stres terkait pekerjaan sebagai penyebab penurunan kesehatan mentalnya.[3][4] Pada bulan Desember 2015, Watami mencapai penyelesaian di luar pengadilan sebesar 130 juta yen dengan keluarga, dan pendiri Watami Miki Watanabe meminta maaf.[5]

Liputan media[sunting | sunting sumber]

Isu black kigyō telah menarik perhatian di Jepang. Film drama 2009 "On The Verge At a Black Company" berlatar tempat kerja seperti itu,[6] dan pada tahun 2012 terdapat "Black Corporations Award" di mana orang dapat memilih "perusahaan paling jahat tahun ini".[7][8]

Pada tahun 2013 sebuah DVD berjudul Black Kigyō ni Go-yōjin (Waspadalah terhadap Black Company) dirilis.[9]

Protagonis dari manga ReLIFE dan banyak manga isekai bekerja di black kigyō.

Dalam serial manga dan anime The Laughing Salesman, salah satu korban/protagonis bekerja di "Black Corporation" dan berpikir untuk bunuh diri sebelum bertemu dengan Laughing Salesman.

Dalam proyek multimedia Hypnosis Mic: Division Rap Battle, karakter Doppo Kannonzaka adalah seorang pekerja kantoran di sebuah black kigyō. Dia mencantumkan pekerjaannya sebagai alasan depresinya tetapi terus bekerja dengan mereka karena dia tidak punya pilihan.

Spin-off dari serial manga dan anime Cells at Work! berjudul Cells at Work! Code Black mencirikan tubuh individu yang tidak sehat, stres, alkoholik sebagai black kigyō dibandingkan dengan manusia yang sehat.

Manga Zombie 100: Bucket List of the Dead juga dikenal sebagai Zom 100: Zombie ni Naru made ni Shitai 100 no Koto dimulai dengan karakter utama Akira bekerja untuk sebuah black kigyō selama tiga tahun meninggalkan dia kecewa dengan kehidupan.

Referensi[sunting | sunting sumber]