Pemerintah Singapura

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Coat of arms of Singapore (blazon).svg
Artikel ini adalah bagian dari seri
Politik dan pemerintahan
Singapura
Konstitusi
Hubungan luar negeri

Pemerintah Singapura didefinisikan oleh Konstitusi Republik Singapura untuk mengartikan cabang eksekutif dari pemerintahan, yang mengangkat Presiden dan Kabinet Singapura. Meskipun Presiden bertindak dalam keputusan pribadi dalam menjelankan fungsi sebagai pengawas Kabinet dan Parlemen Singapura, perannya sebagian besar seremonial. Kabinet tersebut terdiri dari Perdana Menteri dan Menteri lainnya yang dilantik atas nasihatnya oleh Presiden, yang umumnya secara langsung mengendalikan Pemerintahan. Kabinet dibentuk oleh partai politik yang meraih suara mayoritas dalam setiap pemilihan umum.

badan statutori adalah sebuah badan otonomi Pemerintah yang didirikan oleh Undang-Undang Parlemen dan diawasi oleh kementerian pemerintah. Tidak seperti kementerian dan departemen pemerintahan yang merupakan subdivisi kementerian, badan statutori tidak dipekerjakan oleh pelayan sipil dan memiliki kemerdekaan dan fleksibilitas yang lebih besar dalam operasi mereka.

Terdapat lima Dewan Pengembangan Masyarakat yang dilantik oleh badan manajemen Asosiasi Rakyat untuk distrik-distrik di Singapura. Dimana tidak kurang dari 150,000 penduduk dalam sebuah distrik, badan manajemen AR merancang Ketua DPM untuk menjadi Wali kota untuk sebuah distrik yang DPM lantik. Seperti halnya, praktik anggota parlemen dilantik sebagai Ketua DPM, anggota parlemen juga dirancang sebagai Wali kota.

Dari pendirian Singapura modern pada 1819 sampai 1826, Singapura dikepalai oleh dua Residen dalam suksesi. Setelah Singapura dimasukkan dalam Negeri-Negeri Selat pada 1826, wilayah tersebut diperintah oleh seorang Gubernur bersama dengan Dewan Legislatif. Dewan Eksekutif Negeri-Negeri Selat dibentuk pada 1877 untuk menasehati Gubernur namun tidak memiliki kekuasaan eksekutif sepenuhnya. Pada 1955, Dewan Menteri dibentuk, dilantik oleh Gubernur atas rekomendasi Pemimpin Dewan. Perbincangan konstitusional antara para perwakilan Majelis Legislatif dan Pejabat Kolonial berlangsung dari 1956 sampai 1958, dan Singapura meraih pemerintahan dalam negeri penuh-nya sendiri pada 1959. Gubernur digantikan oleh Yang di-Pertuan Negara, yang memiliki kuasa untuk melantik orang pada jabatan Perdana Menteri yang sebagian besar mengkomandoi otoritas Majelis, dan Menteri Kabinet lainnya pada dewan Penasehat Perdana Menteri. Pada pemilihan umum 1959, Partai Aksi Rakyat meraih 43 dari 51 kursi dalam Majelis, dan Lee Kuan Yew menjadi Perdana Menteri Singapura pertama. Cabang eksekutif Pemerintah Singapura masih belum diubah setelah Singapura digabung dengan Malaysia pada 1963, dan kemudian kemerdekaan pada 1965. PAR kembali meraih kuasa dalam setiap pemilihan umum dan kemudian membentuk Kabinet sejak 1959. Pemerintah umumnya dipuji karena handal dalam mengurusi ekonomi negara tersebut dan secara garis besar bebas dari korupsi politik. Di sisi lain, pemerintahan dikritik karena menggunakan taktik pemilihan yang tidak adil dan mencederai kebebasan berpendapat.

Komposisi[sunting | sunting sumber]

Menteri dan tanggung jawab menteri[sunting | sunting sumber]

Kementerian-kementerian dalam Pemerintahan pada saat ini adalah sebagai berikut:[1]

Komposisi Kabinet yang dibentuk pada 1 Oktober 2015
Portofolio Menteri Potret
Perdana Menteri Lee Hsien Loong Lee Hsien Loong

Deputi Perdana Menteri
Menteri Koordinasi untuk Keamanan Nasional

Teo Chee Hean Teo Chee Hean

Deputi Perdana Menteri
Menteri Koordinasi untuk Kebijakan Ekonomi dan Sosial

Tharman Shanmugaratnam Tharman Shanmugaratnam

Menteri Koordinasi untuk Infrastruktur
Menteri Transportasi

Khaw Boon Wan Khaw Boon Wan
Menteri dalam Kantor Perdana Menteri Chan Chun Sing Chan Chun Sing

Menteri Komunikasi dan Informasi
Menteri Urusan Muslim

Yaacob Ibrahim Yaacob Ibrahim
Menteri Budaya, Masyarakat dan Pemuda Grace Fu Hai Yien Grace Fu
Menteri Pertahanan Ng Eng Hen Ng Eng Hen
Pelaksana Jabatan Menteri Pendidikan (Sekolah) Ng Chee Meng Ng Chee Meng
Pelaksana Jabatan Menteri Pendidikan (Pendidikan Tinggi dan Keterampilan) Ong Ye Kung Ong Ye Kung
Menteri Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Air Masagos Zulkifli Masagos Zulkifli
Menteri Keuangan Heng Swee Keat Heng Swee Keat
Menteri Urusan Luar Negeri Vivian Balakrishnan Vivian Balakrishnan
Menteri Kesehatan Gan Kim Yong Gan Kim Yong

Menteri Urusan Dalam Negeri
Menteri Hukum

K. Shanmugam K. Shanmugam
Menteri Sumber Daya Manusia Lim Swee Say Lim Swee Say
Menteri Pengembangan Nasional Lawrence Wong Lawrence Wong
Menteri Pengembangan Sosial dan Keluarga Tan Chuan-Jin
Menteri Perdagangan dan Industri (Industri) S. Iswaran S. Iswaran
Menteri Perdagangan dan Industri (Perdagangan) Lim Hng Kiang Lim Hng Kiang
Nama yang ditebalkan adalah marga orang Tionghoa, dan nama pribadi dari orang India dan Melayu (kecuali Vivian Balakrishnan dan Tharman Shanmugaratnam, yang mengindikasikan marga).

Sumber: Transcript of Prime Minister Lee Hsien Loong's Statement at the Press Conference on the new Cabinet Line-Up on 28 September 2015, Prime Minister's Office, 29 September 2015, diarsipkan dari versi asli tanggal 29 September 2015 ; Rachel Chang (29 September 2015), "PM names Cabinet aimed at leadership succession: Coordinating ministers will help tackle complex matters, mentor younger ministers", The Straits Times: A1 ; Laura Elizabeth Philomin (29 September 2015), "Five new faces to become office-holders", Today, diarsipkan dari versi asli tanggal 29 September 2015 .

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ A–Z government list: ministries, Government of Singapore, 3 February 2009, diarsipkan dari versi asli tanggal 22 Oktober 2007, diakses tanggal 10 Mei 2009 ; Restructuring of MCYS and MICA and establishment of new Ministry of Culture, Community and Youth (MCCY), Prime Minister's Office, 31 Juli 2012, diarsipkan dari versi asli tanggal 2 Agustus 2012 ; Lydia Lim (1 August 2012), "Younger ministers move up in Cabinet reshuffle: PM sets up new ministry, and refocuses two others", The Straits Times: A1 ; Amir Hussain (1 Agustus 2012), "2 new faces in the Cabinet", Today: 1–2, diarsipkan dari versi asli tanggal 1 Agustus 2012 .

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Konstitusi Republik Singapura ([[[:Templat:Singapore legislation/index]] 1985 Rev. Ed., 1999 Reprint]).
  • National Heritage Board Act ([[[:Templat:Singapore legislation/index]] Cap. 196A, 1994 Rev. Ed.]).
  • People's Association (Community Development Councils) Rules (Cap. 227, R 2, 1998 Rev. Ed.).
  • "The PM's new cabinet", The Straits Times, 27 March 2009: A8, diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 25 April 2009 .
  • Tan, Kevin Y[ew] L[ee] (2005), "A Short Legal and Constitutional History of Singapore", di Kevin Y.L. Tan, ed., Essays in Singapore Legal History, Singapore: Singapore Academy of Law & Marshall Cavendish Academic, pp. 27–72, ISBN 978-981-210-349-9 .
  • Thio, Li-ann (1999), "The Constitutional Framework of Powers", di Tan, Kevin Y[ew] L[ee], ed., The Singapore Legal System (2nd ed.), Singapore: Singapore University Press, pp. 67–122, ISBN 978-9971-69-213-1 .

Bacaan tambahan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Pemerintah Singapura Templat:Konstitusi Singapura Templat:Hukum Singapura