Teo Chee Hean

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
  1. ALIH Templat:Kotak info pemegang jabatan

Teo Chee Hean (Hanzi Sederhana: 张志贤; Hanzi Tradisional: 張志賢; Pinyin: Zhāng Zhì Xián; Pe̍h-ōe-jī: Tiuⁿ Chì-hiân; lahir 27 desember 1954) adalah politikus Singapura. Teo adalah anggota pengurus Partai Aksi Rakyat (PAP) dan saat ini menjabat sebagai Wakil Perdana Menteri, Menteri Koordinator Keamanan Nasional dan Menteri yang bertugas mengawasi dari Layanan Sipil. Ia mengawasi Divisi Populasi Nasional dan Bakat, dan Sektretariat Nasional Perubahan Iklim, dan Ketua dari Yayasan Penelitian Nasional. Ia sebelumnya menjabat sebagai Menteri dalam Negeri (2011-15) Menteri Pertahanan (2003-11), Menteri Pendidikan (1997-2003) dan Menteri Lingkungan hidup (1996-97). Ia telah menjadi Anggota Parlemen (MP) sejak tahun 1992.

Sebelum memasuki ranah politik, Teo adalah seorang Laksamana Muda di Angkatan Laut Republik Singapura (RSN), dan menjabat sebagai Kepala Angkatan Laut Singapura pada tahun 1991-1992.

Karier[sunting | sunting sumber]

Karier angkatan laut[sunting | sunting sumber]

Teo terdaftar di Angkatan Bersenjata Singapura (SAF) pada tahun 1972 dan menerima komisi sebagai seorang perwira angkatan laut di Institut Pelatihan Angkatan Bersenjata Singapura (SAFTI) pada tahun 1973. Dia melanjutkan kariernya dan mendapatkan berbagai jabatan di Angkatan Laut Republik Singapura (RSN) dan Staf Gabungan.

Teo memegang komando RSN sebagai Kepala Angkatan Laut pada tahun 1991 dan dinaikkan ke pangkat Komodor (kemudian kembali ditunjuk sebagai Laksmanda Muda) pada bulan Juli 1991.

Pada tanggal 7 Desember 1992, Teo meninggalkan RSN mengikuti pemilihan umum legislatif untuk masuk ke parlemen.

Karier politik[sunting | sunting sumber]

Teo terpilih sebagai Anggota Parlemen (MP) untuk GRC Marine Parade di pemilu sela Marine Parade pada tanggal 19 Desember 1992.

Setelah dia terpilih, Teo menjabat sebagai Menteri Negara di Kementerian Keuangan, Komunikasi, dan Pertahanan.

Pada bulan April 1995, Teo diangkat Penjabat Menteri Lingkungan Hidup dan Menteri Senior Negara dalam bidang Pertahanan. Pada bulan Januari 1996, ia diangkat sebagai Menteri Lingkungan Hidup dan Menteri Kedua dalam bidang Pertahanan.

Pada pemilihan umum tahun 1997, Teo terpilih sebagai anggota parlemen untuk GRC Pasir Ris. Setelah perombakan kabinet, ia diangkat sebagai Menteri Pendidikan dan Menteri Kedua dalam bidang Pertahanan.

Pada pemilu tahun 2001, Teo terpilih sebagai anggota parlemen untuk GRC Pasir Ris-Punggol dan kembali diangkat sebagai Menteri Pendidikan dan Menteri Kedua dalam bidang Pertahanan. Pada 1 Agustus 2003, ia diangkat sebagai Menteri Pertahanan dan Menteri yang bertanggung jawab dalam bidang Pelayanan Sipil.

Pada pemilu tahun 2006, Teo terpilih kembali sebagai anggota parlemen untuk GRC Pasir Ris Punggol. Dia memimpin tim PAP yang berjumlah 6 orang memenangi daerah pemilihannya dengan 68,7% suara.

Pada 26 Maret 2009, Perdana Menteri Lee Hsien Loong mengangkat Teo sebagai salah satu dari dua Wakil Perdana Menteri mulai tanggal 1 April 2009. Dia memegang jabatan ini di samping peran-perannya di Menteri Pertahanan dan Menteri yang bertanggung jawab dalam bidang Pelayanan Sipil.

Pada pemilihan umum 2011, Teo mengetuai tim PAP di GRC Pasir Ris-Punggol dan memenangi dapil tersebut dengan 64,79% suara.

Pada 18 Mei 2011, Teo ditunjuk sebagai Menteri dalam Negeri dan Menteri Koordinator Keamanan Nasional. Ia juga masih menjabat sebagai Wakil Perdana Menteri dan Menteri yang bertanggung jawab dalam Pelayanan Sipil.

Dalam PAP, Teo adalah Asisten Pertama Sekretaris Jenderal di Komite Eksekutif Pusat partai tersebut.[1]

Keterlibatan dalam bidang olahraga Singapura[sunting | sunting sumber]

Teo terlidat dalam kepemimpinan dan peran penasehat beberapa organisasi olahraga di Singapura. Ia menjabat sebagai Presiden Dewan Olimpiade Nasional Singapura pada 1984-2014. Dia juga menjadi penasihat Perkumpulan Perahu Naga Singapura.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Teo Chee Hean pergi ke Sekolah Saint Michael dan Institusi Saint Joseph.

Ia dianugerahi Beasiswa Presiden dan Beasiswa Angkatan Bersenjata Singapura (SAF) pada tahun 1973. Ia lulus dengan gelar Sarjana Sains (Bachelor of Science) (Honours kelas pertama) jurusan Teknik Listrik dan Ilmu Manajemen dari Universitas Manchester pada tahun 1976. Teo kemudian meraih gelar Master of Science (dengan distinction) jurusan Ilmu Komputer pada tahun 1977 di Imperial College di London, dan Magister Administrasi Publik di Kennedy School of Government di Harvard University pada tahun 1986, yang mana dia dianugerahi Littauer Fellow.

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Teo menikah dengan Chew Poh Yim. Chew lulus dengan gelar Sarjana Sains (Hons) jurusan Biokimia dari University of Manchester Institute of Science and Technology di tahun 1977. Chew adalah direktur sebuah perusahaan konsultasi bisnis dan mengajar paruh waktu dalam bidang manajemen pemasaran di Sekolah Manajemen Bisnis di Nanyang Polytechnic. Pasangan ini memiliki satu putra dan satu putri.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ PAP menunjuk Khaw Boon Wan sebagai ketua, channelnewsasia.com, 1 juni 2011

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]