Pembicaraan:Kesultanan Utsmaniyah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

NPOV[sunting sumber]

Guys, there are tons of stuff here that are either stupendous, reek of religious propaganda or a combination of both. Some examples :

"Ada 2 faktor yang membuat khilafah Turki Utsmani mundur: Pertama, buruknya pemahaman Islam. Kedua, salah menerapkan Islam."

Apparently, the rise and fall of empires and civilizations have their roots only in religion and nothing else. No external factor whatsoever are taken into account. -FAIL-

"Konspirasi Menghancurkan Khilafah Gerakan misionaris"

Idiotic from the get go. Global conspiracy theory, anyone ? But it gets better

"Di dalam negara, ahlu dzimmah-khususnya orang Kristen-yang mendapat hak istimewa zaman Suleiman II, akhirnya menuntut persamaan hak dengan muslimin. Malahan hak istimewa ini dimanfaatkan untuk melindungi provokator dan intel asing"

"Gerakan misionaris dan orientalis itu merupakan bagian tak terpisahkan dari imperialisme Barat di Dunia Islam. Untuk menguasainya - meminjam istilah Imam al-Ghozali - Islam sebagai asas harus hancur, dan khilafah Islam harus runtuh."

"Nasionalisme dan separatisme telah dipropagandakan negara-negara Eropa seperti Inggris, Prancis, dan Rusia. Itu bertujuan untuk menghancurkan khilafah Islam."

"Tampaknya Inggris belum puas menghancurkan khilafah Turki Utsmani secara total. Perang Dunia I (1914) dimanfaatkan Inggris menyerang Istambul dan menduduki Gallipoli."

Words fail me at this point. Whoever wrote this probably believe in the Elder Protocol of Zion, that holocaust never happened and that the western countries are all out to destroy Islam.

If you guys dont mind, I'll simply translate the wp-en article on the ottoman empire and get rid of the drivel. Should be finished in a few days. Sojuhasu (bicara) 21:39, 21 April 2009 (UTC)


dari: Wikipedia:Bak pasir, revisi menurut 10:33, 7 Desember 2005

"Wikipedia sering memberikan tulisan yng tidak proposional yaitu sangat berpihak kepada golongan tertentu (Islam). Kejayaan Ottoman (meskipun memang merupakan dinasti yg besar) ditulis dengan penuh kebanggaan bahkan digambarkan seolah-olah merupakan dinasti paling besar dalam sejarah manusia. Sebaliknya kekalahan perangnya dalam perang salib oleh Raja Richard tidak pernah disinggung. Tulisan soal keruntuhan Ottoman dipaparkan lebih untuk mengkambing hitamkan dunia barat (Kristen). Yang benar Ottoman runtuh memang karena kalah perang. Semua dinasti di dunia (termasuk Ottoman) pernah mengalami kejayaan dan juga keruntuhan. Tetapi khusus Ottoman sepertinya tidak rela bahwa Ottoman runtuh karena kalah perang. Sehingga perlu mencari kambing hitam (dunia barat atau orang kristen) dengan menceritakan adanya konspirasi untuk menutupi kekalahannya. Hal ini merupakan suatu sifat yang sangat tidak jantan.

Tulis sejarah seperti apa adanya !!!. Setiap kekuasaan pasti ada masa kejayaan dan keruntuhan. Hal itu merupakan hal yang biasa tanpa harus menutupinya pada saat runtuh (dengan cara mengkambing hitamkan pihak/kelompok lain) dan terlalu membanggakannya pada saat jaya (seolah-olah merupakan yang terbesar dalam sejarah).

Tulis sejarah secara proporsional dan tidak berpihak. Tidak usah malu untuk mengakui keburukan suatu dinasti atau golongan. Demikian juga jangan mencoba menutupi kehebatan suatu dinasti atau golongan tersebut. Karena dalam sejarahnya hampir semua dinasti, golongan maupun agama juga memiliki kebaikan dan keburukan masing-masing dalam masa penyebarannya." Pengguna 219.83.0.109

Wikipedia memiliki kebijakan Wikipedia:Sudut pandang netral, namun tidak semua penulis memiliki pandangan tersebut (karena Wikipedia dapat ditulis oleh semua orang, termasuk anda). Sebagai pembaca bila merasa artikel ini tidak netral, anda juga dapat memperbaikinya menjadi suatu artikel yang lebih netral. roscoe_x 13:41, 10 Desember 2005 (UTC)

Raja Richard dari Inggris itu, di perang Salib hanya bertempur selama 3 tahun saja di Yerusalem, melawan Saladin. Kemudian Pasukan Ricard, bertempur dengan Turki Seljuk, bukan Turki Ottoman.

Kekalahan Raja Ricard, dikarenakan untuk menghadapi pasukan Mongol saja tidak bisa, apalagi menghadapi pasukan bekas Persia, Romawi Byzantium, atau Pasukan Saracen.

Raca Ricard kembali ke Inggris, dalam keadaan kepayahan, karena di negaranya sendiri terjadi kudeta. Bisa baca sejarah Robin Hood (jangan yang fiksi). Jadi mana bisa, Raja Ricard bertemu dengan dengan Pasukan Turki Ottoman, karena Turki Ottoman baru berdiri setelah Kerajaan Turki Seljuk runtuh.

Bangsa Turki sendiri, aslinya dari ras mongoloid (kulit kuning langsat, mata hitam, rambut hitam), bukan ras kaukasoid (bule, mata hijau, coklat atau biru). Mau bukti, baca sejarah Dinasti Tang di Tiongkok sekitar abad 7.

Bangsa Tukrki dikarenakan kawin dengan Ras Kaokasoid (Arab, Yahudi, Persia,Yunani, Itali, Inggris, Perancis, Jerman), maka fisiknya menjadi berubah.

Pendiri Kekaisaran Turki Ottoman, Utsmani merupakan anaknya Ertaghol. Kemudian, Ertaghol sendiri, salah satu keturunannya Attila (Raja Hun, bacanya dalam bahasa Indonesia Han).

Attilan The Hun (versi sejarawan barat), merupakan penakluk Imperium Romawi Barat sekitar tahun 450 M (bisa dibaca di buku-buku sejarah Sekolah Menengah Pertama). Keberhasilan Attila sendiri, menjadi bukti jika orang Asia juga tangguh. Kalau tak percaya nonton filmnya Attila The Hun saja.

Nanti anak turunnya Attila, Muhammad Al Fatih II, juga menaklukkan Imperium Romawi Timur (Byzantium), pada tahun 1453 M. Nama Byzantium dirubah menjadi Istambul.

Masalah Islam dan Kristen jangan dipersoalkan, peradaban ya peradaban.

Attila sendiri beragama menyembah dewa, tapi bisa menaklukkan Romawi Barat yang kristen. Bayangkan saja jarak yang harus dilewati, dari padang Mongolia sampai ke Italia.

Mengenai keruntuhan Turki Ottoman, saya berpendapat karena sewaktu Perang Dunia I (19014-1018), membela Jerman dan akhirnya kalah.


Semua jajahan Turki, akhirnya dibagi-bagi kepada Inggris, Italia dan Perancis. Yerussalem yang sebelumnya dikuasai Turki diserahkan kepada Inggris (1918). Sewaktu militer Turki Ottoman keluar dari Kota Yerussalem, orang-orang Arab melempari batu kepada militer Turki Ottoman. Dimungkinkan, orang Arab tak mau dijajah orang Turki Ottoman.


Kerajaan Turki Ottoman runtuh salah satu faktornya ialah karena kalah perang. Namun, fakta sejarah menyatakan bahwa Mustafa Kemal lah yang mengakhiri riwayat Kerajaan Turki tersebut dengan menghapus sistem kerajaan dan menggantinya dengan sistem republik sekular turki hingga hari ini.

Dibutuhkan Referensi[sunting sumber]

"Dalam penaklukkannya, bangsa-bangsa Kristen dipaksa menjadi Muslim, banyak wanita yang diperkosa untuk menyebarkan keturunan Muslim, serta banyak anak-anak laki muda yang dipaksa masuk Yennisari untuk menyerang bangsa Kristen yang lain." Adakah referensinya? sentausa 14:04, 6 Januari 2006 (UTC)

Diberikan tag NPOV dulu biar pembaca tahu bahwa artikel ini masih perlu diperbaiki. Hayabusa future 05:47, 7 Januari 2006 (UTC)

Bagian tulisan yang dibicarakan pengguna:Sentausa tadi sudah dihapus. Lalu keluhan pertama soal kekalahan perang dengan Raja Richard Berhati Singa tidak mungkin disinggung, sebab Turki Utsmani baru berdiri pada abad ke-13, sedang Raja Richard Hati Singa hidup pada abad ke-12. @fP 13:47, 7 Januari 2006 (UTC)

Menurut gw isinya lumayan netral. Cuma mungkin bahasanya terlalu "sastra" kali yah? terlalu banyak kata-kata yang konotasinya agak mengerikan, seperti menghembuskan stigma, menghancurkan. Gw pikir karena itu artikelnya jadi keliatan ga ilmiah.
Setau gw pengaruh Turki mengecil karena pengaruh westernisasi. Entah ya kalau ada catatan sejarah perangnya. Tapi bagi gw propaganda juga termasuk perang kok.Hariadhi 16:44, 6 April 2006 (UTC)

Saya sependapat bahwa artikelnya memang tidak netral, terutama rasa bahasanya yang sangat-sangat tidak netral :), sepertinya root dari isi artikel ini diambil dari tempat tertentu yang diberikan untuk kalangan tertentu :D dan mungkin untuk kepentingan tertentu. Memang tidak mudah mengedukasi penyumbang bahwa kenetralan adalah salah satu elemen penting di sebuah ensiklopedi. Dan "keberpihakan" sebuah artikel tentunya sangat tergantung pada latar belakang penyumbangnya, jika artikel ini sangat terkesan menyudutkan bahwa mengkambinghitmakan golongan tertentu atas keburukan yang terjadi atas golongan lain memang yang bisa dilakukan hanya memberikan tag "taknetral" untuk sementara waktu sambil berharap ada yang kemudian meluruskan isi artikel ini dikemudian hari, adalah hal yang bodoh jika kemudian mereka yang merasa tersinggung dengan artikel ini menyalahkan wikipedia namun tidak berusaha memberikan referensi lain dan bersama-sama memperbaikinya dengan pengguna lain Wiendietry Japri 10:20, 7 Juni 2006 (UTC)

Hmm Kurasa kalo memang itulah fakta sejarah ..lebih baik biarkan saja...apa adanya karena kalo mau dibuat netral netral terkadang sulit apalagi ternyata harus menghapus beberapa fakta....meski memang kulihat sebenarnya dari satu sisi lumayan tapi dari segi lain (agama) ada yang ditonjolkan...atau dimasukkan saja dalam katagori sejarah Islam atau katagori khusus saja...mungkin kalo ada ketentuan kategori tertentu bisa dimaklumi...saya sendiri memang ada niatan untuk mengedit artikel ini ...cuma sementara ini saya biarkan dulu...sebab waktu saya membuat sebuah artikel yang berusaha netral ternyata ada pihak lain yang membelokkan artikel ini ke madzhab dan aliran tertentu...makanya saya sendiri lebih suka artikel lain macam pesawat atau lainnya...tapi sejujurnya membuat netral dalam artikel sejarah agak sulit ..seperti misalnya kalo baca artikel sejarah saya dalam Perang Bubat misalnya...kalo ada yang jeli bisa saja mencap bahwa saya terlalu pro pada sejarah sunda


maaf kalo ada yang tersinggung ..itu aja deh

salamZaini Suherly 03:04, 27 Februari 2007 (UTC)


Saya kira kalau memang tulisan ini merupakan benar2 fakta sejarah, yaa tidak masalah ditampilkan. Apakah hanya karena ingin dibilang netral kemudian ada bagian fakta sejarah yang dihilangkan?? Apakah karena ingin tidak menyinggung satu golongan maka sejarah harus diubah???

Kronologis sejarah jaman dahulu tidak mungkin bisa kita ubah di jaman sekarang, yang perlu kita benahi sekarang adalah Visi Misi dan pola pikir kita hidup sebagai manusianya saja dan sebagai mahluk yang berakal sehat yang pernah telah lahir di muka bumi ini, manusia dengan mahluk hidup yang lain sangat berbeda, manusia dilahirkan denagan sempurna sedangkan mahluk hidup yang lain masih memiliki kekurangan, nafsu inilah yang membedakan manusia dengan mahluk hidup lainya. Dari nafsu yang negatif ini manusia bisa membuat sejarah dan merubah dunianya menjadi peperangan, kekacauan, pemberontakan, perampasan, pembunuhan, pemerkosaan, penindasan, penjajahan, dll, dan termasuk sejarah yang di mulai, telah di cetuskan oleh para ahli propaganda kekuasaan, kejayaan dan emas yang menjadi moto misionarisperang salib I di awal-awal sejarah manusia dan belum ada tanda-tanda berakhir hingga saat ini masih berkibar di wilayah sengketa seperti palestina, iraq, dan afghanistan. hal inilah yang membuat manusia hingga saat ini masih mencari cara titik temu untuk mempersatukan pola pikir hidup manusiawi yang sebenarnya. dengan adanya wikipedia ini kita satukan visi-misi kita untuk menjalin rasa persaudaraan yang tinggi bukan menjadikan perbedaan kita sebagai manusia.

kritik/saran jangan salahkan wikipedianya yang terlihat cenderung menutup-nutupi sejarah yang sebenarnya atau tidak netral memberikan informasi mengenai informasi perang salib/perang barat di sini kita berdiskusi di media umum media kita kita yang bebicara secara terbuka dokumen rahasia perang salib/sejarah kotor perang salib bisa aja tidak ada orang yang berkaitan menghendaki untuk di publikasikan di sini. marilah kita semua mencoba untuk mengulang sejarah manusia di masa depan dengan hal yang positif. --Irfan gmc (bicara) 12:40, 1 Januari 2011 (UTC)

Nama artikel[sunting sumber]

Jadi mana ejaan yang benar/lebih lazim: Utsmaniah, Utsmaniyah, Usmaniyah atau Ottoman? (merujuk kepada beberapa judul halaman peralihan). Btw judul artikel dgn intro sendiri pun menggunakan ejaan yg berbeda. Hayabusa future (\0-0/) 11:18, 16 November 2006 (UTC)

Utsmaniyah, huruf arabnya عثمانيه (u - ts - maa - ni - ya - h). Tadi solat dulu jadi belum sempet ngebenerin; tapi sekarang udah bener kok. --Ricky Setiawan (kirim pesan) 11:26, 16 November 2006 (UTC)

Dibuat ulang[sunting sumber]

Artikel ini benar-benar perlu dibuat ulang. Selain yang sudah dijabarkan di atas, ada lagi:

"Malahan hak istimewa ini dimanfaatkan untuk melindungi provokator dan intel asing dengan jaminan perjanjian antara khilafah dengan Bizantium (1521), Prancis (1535), dan Inggris (1580)"

Bizantium sudah runtuh pada tahun 1453, dan sisa terakhirnya di Trebizond jatuh pada tahun 1461. Dalam sekejap Bizantium saya hapus.

"Perang Dunia I (1914) dimanfaatkan Inggris menyerang Istambul dan menduduki Gallipoli."

Perlu diingat bahwa Turki diserang setelah mereka bergabung dengan Blok Sentral.

Selain itu banyak sekali pernyataan NPOV yang tak jelas sumbernya. Misalnya: Tampaknya Inggris belum puas menghancurkan khilafah Turki Utsmani secara total.

Kesimpulan: Artikel ini harus ditulis ulang. Saya akan melakukannya perlahan. Ada yang mau membantu?  Mimihitam  14:58, 29 Oktober 2010 (UTC)

Bagian dihapus anon pada 00:49 WIB, 22 Mei 2011 (202.158.9.167)[sunting sumber]

Saya simpan dulu disini:


Gerakan misionaris[sunting sumber]

Di dalam negara, ahlu dzimmah-khususnya orang Kristen-yang mendapat hak istimewa zaman Suleiman II, akhirnya menuntut persamaan hak dengan muslimin. Malahan hak istimewa ini dimanfaatkan untuk melindungi provokator dan intel asing dengan jaminan perjanjian antara khilafah dengan Perancis (1535), dan Inggris (1580).[butuh rujukan] Dengan hak istimewa ini, jumlah orang Kristen dan Yahudi meningkat di dalam negeri. Ini dimanfaatkan misionaris-yang mulai menjalankan gerakan sejak abad ke-16. Malta dipilih sebagai pusat gerakannya.[butuh rujukan] Dari sana mereka menyusup ke Suriah(1620) dan tinggal di sana sampai 1773.[butuh rujukan] Di tengah mundurnya intelektualitas Dunia Islam, mereka mendirikan pusat kajian sebagai kedok gerakannya. Pusat kajian ini kebanyakan milik Inggris, Perancis, dan Amerika Serikat, yang digunakan Barat untuk mengemban kepemimpinan intelektualnya di Dunia Islam, disertai serangan mereka terhadap pemikiran Islam. Serangan ini sudah lama dipersiapkan orientalis Barat, yang mendirikan Pusat Kajian Ketimuran sejak abad ke-14.[butuh rujukan]

Gerakan misionaris dan orientalis itu merupakan bagian tak terpisahkan dari imperialisme Barat di Dunia Islam. Untuk menguasainya - meminjam istilah Imam al-Ghozali - Islam sebagai asas harus hancur, dan khilafah Islam harus runtuh.[butuh rujukan] Untuk meraih tujuan pertama, serangan misionaris dan orientalis diarahkan untuk menyerang pemikiran Islam; sedangkan untuk meraih tujuan kedua, mereka hembuskan nasionalisme dan memberi stigma pada khilafah sebagai Orang Sakit. Agar kekuatan khilafah lumpuh, sehingga agar bisa sekali pukul jatuh, maka dilakukanlah upaya intensif untuk memisahkan Arab dengan lainnya dari khilafah. Dari sinilah, lahir gerakan patriotisme dan nasionalisme di Dunia Islam. Malah, gerakan keagamaan tak luput dari serangan, seperti Gerakan Wahabi di Hijaz.[butuh rujukan]

Gerakan nasionalisme dan separatisme[sunting sumber]

Nasionalisme dan separatisme telah dipropagandakan negara-negara Eropa seperti Inggris, Perancis, dan Rusia. Itu bertujuan untuk menghancurkan khilafah Islam.[butuh rujukan] Keberhasilannya memakai sentimen kebangsaan dan separatisme di Serbia, Hongaria, Bulgaria, dan Yunani mendorongnya memakai cara sama di seluruh wilayah khilafah.[butuh rujukan] Hanya saja, usaha ini lebih difokuskan di Arab dan Turki. Sementara itu, KeduBes Inggris dan Perancis di Istambul dan daerah-daerah basis khilafah-seperti Baghdad, Damsyik, Beirut, Kairo, dan Jeddah-telah menjadi pengendalinya. Untuk menyukseskan misinya, dibangunlah 2 markas. Pertama, Markas Beirut, yang bertugas memainkan peranan jangka panjang, yakni mengubah putra-putri umat Islam menjadi kafir dan mengubah sistem Islam jadi sistem kufur. Kedua, Markas Istambul, bertugas memainkan peranan jangka pendek, yaitu memukul telak khilafah.

KeduBes negara Eropapun mulai aktif menjalin hubungan dengan orang Arab. Di Kairo dibentuk Partai Desentralisasi yang diketuai Rofiqul 'Adzim. Di Beirut, Komite Reformasi dan Forum harfiah dibentuk. Inggris dan Perancis mulai menyusup ke tengah orang Arab yang memperjuangkan nasionalisme. Pada 8 Juni 1913, para pemuda Arab berkongres di Paris dan mengumumkan nasionalisme Arab. Dokumen yang ditemukan di Konsulat Perancis Damsyik telah membongkar rencana pengkhianatan kepada khilafah yang didukung Inggris dan Perancis.

Di Markas Istambul, negara-negara Eropa tak hanya puas merusak putra-putri umat Islam di sekolah dan universitas lewat propaganda.[butuh rujukan] Mereka ingin memukul khilafah dari dekat secara telak.[butuh rujukan] Caranya ialah mengubah sistem pemerintahan dan hukum Islam dengan sistem pemerintahan Barat dan hukum kufur. Kampanye mulai dilakukan Rasyid Pasha, MenLu zaman Sultan Abdul Mejid II (1839).[butuh rujukan] Tahun itu juga, Naskah Terhormat(Kholkhonah)-yang dijiplak dari UU di Eropa-diperkenalkan.[butuh rujukan] Tahun 1855, negara-negara Eropa-khususnya Inggris-memaksa khilafah Utsmani mengamandemen UUD, sehingga dikeluarkanlah Naskah Hemayun (11 Februari 1855).[butuh rujukan] Midhat Pasha, salah satu anggota Kebatinan Bebas diangkat jadi perdana menteri (1 September 1876). Ia membentuk panitia Ad Hoc menyusun UUD menurut Konstitusi Belgia.[butuh rujukan] Inilah yang dikenal dengan Konstitusi 1876.[butuh rujukan] Namun, konstitusi ini ditolak Sultan Abdul Hamid II dan Sublime Port-pun enggan melaksanakannya karena dinilai bertentangan dengan syari'at.[butuh rujukan] Midhat Pashapun dipecat dari kedudukan perdana menteri.[butuh rujukan] Turki Muda yang berpusat di Salonika-pusat komunitas Yahudi Dunamah-memberontak (1908).[butuh rujukan] Kholifah dipaksanya-yang menjalankan keputusan Konferensi Berlin-mengumumkan UUD yang diumumkan Turki Muda di Salonika, lalu dibukukanlah parlemen yang pertama dalam khilafah Turki Utsmani (17 November 1908).[butuh rujukan] Bekerja sama dengan syaikhul Islam, Sultan Abdul Hamid II dipecat dari jabatannya, dan dibuang ke Salonika. Sejak itu sistem pemerintahan Islam berakhir.[butuh rujukan]

Tampaknya Inggris belum puas menghancurkan khilafah Turki Utsmani secara total.[butuh rujukan] Perang Dunia I (1914) dimanfaatkan Inggris menyerang Istambul dan menduduki Gallipoli.[butuh rujukan] Dari sinilah kampanye Dardanella yang terkenal itu mulai dilancarkan. Pendudukan Inggris di kawasan ini juga dimanfaatkan untuk mendongkrak popularitas Mustafa Kemal Pasha-yang sengaja dimunculkan sebagai pahlawan pada Perang Ana Forta (1915). Ia-agen Inggris, keturunan Yahudi Dunamah dari Salonika-melakukan agenda Inggris, yakni melakukan revolusi kufur untuk menghancurkan khilafah Islam. Ia menyelenggarakan Kongres Nasional di Sivas dan menelurkan Deklarasi Sivas (1919 M), yang mencetuskan Turki merdeka dan negeri Islam lainnya dari penjajah, sekaligus melepaskannya dari wilayah Turki Utsmani. Irak, Suriah, Palestina, Mesir, dll mendeklarasikan konsensus kebangsaan sehingga merdeka. Saat itu sentimen kebangsaan tambah kental dengan lahirnya Pan-Turkisme dan Pan Arabisme; masing-masing menuntut kemerdekaan dan hak menentukan nasib sendiri atas nama bangsanya, bukan atas nama umat Islam.


Penyalahgunahan Halaman Pembicaraan:Kesultanan Utsmaniyah[sunting sumber]

Penyalahgunaan halaman ini digunakan pihak untuk mengadakan adu domba atas kesalahan penulisan

Pada penyalahgunaan tersebut tidak memandang Pancapilar

  • BluePillar.svg Wikipedia adalah sebuah ensiklopedia
  • Wikipedia adalah sebuah ensiklopedia yang mengkombinasikan elemen-elemen dari sebuah ensiklopedia umum, ensiklopedia khusus, dan almanak (catatan sejarah) dalam satu wadah.
  • Semua artikel harus mengikuti kebijakan bukan riset asli dan harus betul-betul diusahakan keakuratannya.
  • Wikipedia bukan tempat untuk menyumbangkan pendapat, pengalaman, ataupun argumen pribadi. Lebih jauh, Wikipedia bukanlah tempat untuk informasi sembarangan.
  • Wikipedia bukanlah tempat untuk koleksi pernyataan "tahukah Anda?"(trivia), panggung politik, promosi pribadi, tempat percobaan anarki maupun demokrasi, atau sebuah buku petunjuk situs (web).
  • Wikipedia juga bukan tempat untuk kamus, koran, maupun koleksi naskah sumber. Jenis isi seperti ini masing-masing dapat diletakkan di proyek wiki lainnya, KamusWiki, Wikinews, dan Wikisource sebagaimana mestinya.
  • GreenPillar.svg Wikipedia memiliki sudut pandang netral
  • Artinya, kita berusaha keras untuk hasil akhir dari setiap artikel di Wikipedia yang tidak cuma berisi satu sudut pandang saja. Kadang kala hal ini berarti kita harus mencari pandangan-pandangan yang berlawanan atau berlainan terhadap suatu masalah; dan menuliskan tiap pandangan secara akurat dan menyediakan sumber/ referensi untuk setiap sudut pandang yang ditulis. Hal ini dimaksudkan agar sang pembaca dapat mengerti pandangan siapakah yang diwakilkan oleh sebuah pernyataan.
  • Pada penulisan di wikipedia, tidak ada sebuah pandangan pun yang dapat dituliskan sebagai "pandangan yang benar" atau "pandangan terbaik", ini berarti menuliskan setiap sumber yang dapat diverifikasi, atau informasi telah diterbitkan oleh suatu sumber yang berwenang, khususnya untuk topik-topik yang kontroversial.
  • Ketika muncul sebuah konflik akan versi mana yang paling netral, umumkan sebuah periode pendinginan dan berikan tanda (tag) pada artikel tersebut sebagai artikel dalam perselisihan; bahas rincian satu demi satu dalam halaman pembicaraannya dan ikuti kebijakan penyelesaian perselisihan.
  • YellowPillar.svg Wikipedia memiliki konten bebas
  • Setiap orang dapat menyunting di Wikipedia.
  • Seluruh teks tersedia dalam naungan GNU Izin Dokumentasi Bebas (GNU Free Documentation License (GFDL)), dan setiap orang dapat menyebarluaskan dan menghubungkan pranalanya dengan kaidah semestinya.
  • Sadari bahwa setiap artikel dapat diubah oleh siapa pun dan tidak ada kontrol individu atas suatu artikel tertentu; karenanya, setiap tulisan yang Anda sumbangkan dapat disunting tanpa ampun oleh siapa pun dan dapat disebarluaskan sesuai kebutuhan oleh komunitas.
  • Jangan menyumbangkan karya yang melanggar hak cipta ataupun karya yang memiliki lisensi yang tidak kompatibel dengan GFDL.
  • OrangePillar.svg Wikipedia memiliki aturan tingkah laku
  • Hormati sesama pengguna Wikipedia, sekalipun Anda tidak setuju dengan mereka. Berlakulah sopan.
  • Jangan menyerang pribadi ataupun menyebarluaskan pendapat pribadi.
  • Tetaplah berkepala dingin sekalipun penyuntingan memanas. Hindari perang suntingan dengan mengikuti aturan tiga kali pengembalian. Ingat, sudah ada 190.270 artikel di Wikipedia bahasa Indonesia untuk diperiksa, disunting, dan didiskusikan.
  • Berlakulah dengan jujur, selalu anggap pengguna lain berlaku baik dan jujur pula. Terbukalah dan sambutlah selalu pengguna lain.