Pembicaraan:Daftar kabupaten dan kota di Indonesia

Konten halaman tidak didukung dalam bahasa lain.
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
ProyekWiki Daftar (Dinilai kelas pengalihan)
Ikon ProyekWikiHalaman ini artikel merupakan bagian dari ProyekWiki Daftar, upaya untuk menyusun dan mengatur semua daftar halaman di Wikipedia. Jika Anda ingin membantu, silakan kunjungi halaman proyek, di mana Anda dapat bergabung dengan proyek dan/atau berkontribusi pada diskusi.
 Pengalihan  Artikel ini telah dinilai sebagai kelas pengalihan pada skala kualitas proyek.
 


Mantan daftar pilihan Daftar ini adalah mantan daftar pilihan. Silakan lihat halaman nominasi awalnya (untuk daftar lama, lihat arsip nominasi) dan alasan pembatalannya.

Sekadar bertanya: Jayapura kabupaten dan Jayapura kota itu adakah sama? Aurora 01:36, 5 Jan 2005 (UTC)

Lain, Jayapura kota adalah kotanya sendiri sedangkan Jayapura kabupaten adalah daerah di sekitarnya. Jayapura kabupaten memiliki situs web: [1], yang bisa anda kunjungi. Meursault2004 11:43, 5 Jan 2005 (UTC)

Nama Resmi Kabupaten/Kota[sunting sumber]

Artikel Daftar kabupaten dan kota di Indonesia tak diragukan telah menjadi sumber rujukan utama penulisan artikel kabupaten/kota dan kecamatan di Wikipedia. Sejumlah kabupaten/kota yang saya "curigai" salah penulisannya dalam id-Wiki barusan saya telusuri situs resminya, dan hasilnya sbb:

Saya cenderung mengacu ke situs resmi masing-masing kabupaten/kota, karena dibuat oleh orang setempat, yang tentunya lebih mengetahui daerahnya, termasuk mengenai nama resminya. "Nama resmi" yang disebut dalam situs KPU, Depdagri, Depkominfo, atau dalam buku terbitan KOMPAS tidak dapat seluruhnya dijadikan acuan, karena diketik oleh orang pusat. Kecuali bila berupa UU/PP, nah baru bisa dijadikan acuan. Wic2020 04:38, 4 April 2006 (UTC)

Item pada tabel[sunting sumber]

Item pada tabel tiap-tiap kabupaten/kota di artikel daftar ini tampaknya belum seragam. Sekadar saran, sebaiknya data-data dasar yang singkat saja (tetapi cukup krusial) yang ditampilkan, yakni:

  1. Nama kabupaten/kota
  2. Pusat pemerintahan
  3. Luas daratan
  4. Jumlah penduduk
  5. Jumlah kecamatan/sederajat
  6. Jumlah desa/sederajat

Lambang kabupaten/kota tidak perlu disajikan, sebab memberatkan dan tidak terlalu krusial.

Reindra (bicara) 06:09, 27 Juli 2010 (UTC)

Masih perlu:

  • Kode BPS (ID unik masing-masing wilayah)
  • Jumlah kecamatan
  • Jumlah kelurahan/desa atau yang sederajat
  • Penggunaan istilah yang sederajat dengan desa, mis. gampong, distrik, nagari, dll.
  • Luas (opsional)
  • Penduduk (opsional)
  • Logo (opsional)
  • Koordinat (opsional)

‑Bennylin rapat 03.33, 29 Mei 2012 (WIB)

Saya menganggap pengelompokan per provinsi (yang sudah ada di bagian atas) justru lebih baik. Tinggal diseragamkan saja. Apa-apa yang perlu ditampilkan, silakan ditampilkan. Pengelompokan per provinsi juga berupa templat-templat terpisah yang dapat digunakan di masing-masing artikel provinsi. Saya pikir lebih baik di bagian bawah dibikin saja matriks yang berisi rekapitulasi data numerik dari tabel-tabel per provinsi, mungkin bisa dibikin skrip otomatisnya. Reindra (bicara) 18 Januari 2013 13.43 (UTC)[balas]