Patekong

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Patekong adalah permainan yang mirip dengan permainan petak umpet. Patekong sebenarnya sangat banyak disukai oleh anak-anak tetapi jarang yang memainkannya.

Cara bermain[sunting | sunting sumber]

Pertama para pemain harus melakukan hompimpa. Hompimpa itu caranya adalah seperti ini.sedikit-sedikit keluar kalau warna putih yang sedikit maka warna putih itulah yang keluar dan sebaliknya teruslah seperti itu sampai orangnya itu sisa 2 kalau sudah sisa 2 maka 2 orang tersebut harus suit. Kalau sudah tahu siapa pemenangnya maka yang kalah itulah yang jaga. Semua pemain harus mencari benda-benda di bawah ini batu kerikil maksimal 20 dan batu bata 1 untuk ingglo

Pemain yang jaga harus mengumpulkan batu kerikil tersebut secara tinngi setelah selesai yang jaga harus mencari pemainnya. Kalau salah satu ada yang ketahuan maka yang jaga harus menyebut hong sambil mengucapkan nama orang tersebut dan seterusnya. Tapi pemain yang jaga juga harus berhati-hati karena kalau salah satu pemainnya menghancurkan batu kerikilnya dihancurkan maka yang jaga harus mengumpulkan batu itu lagi dan pemain lainnya mengumpet lagi. Kalau semuanya sudah ketemu siapa yang duluan ketemu ialah yang menjadi penjaga.