Bengkek

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Permainan Bengkek merupakan salah satu permainan tradisional dari daerah Riau. Permainan ini menggunakan buah bengkek sebagai alat permainannya. Pada umumnya permainan bengkek ini dimainkan oleh anak-anak di halaman rumah. Permainan buah bengkek ini ketentuannya hampir sama dengan permainan kelereng. Ada 2 cara permainan buah bengkek yaitu: cara ucak dan pangkah.[1]

Cara Bermain[sunting | sunting sumber]

Cara main ucak :

Dua orang atau lebih memasang berjajar buah bengkeknya (dengan jumlah sudah ditentukan) pada sebuah garis, dan pemainnya melempar dari jarak tertentu, apabila buah bengkek yang paling kiri kena, maka semuanya menjadi miliknya.

Cara pangkah :

Dua orang atau lebih melemparkan buah bengkeknya pada sebuah garis dari jarak tertentu, pelempar dengan buah bengkek yang terdekat dengan garis adalah mendapat giliran pertama untuk memangkah/menembak buah bengkek lawannya. Apabila buah bengkek lawan kena, maka lawannya harus membayar buah bengkek dengan jumlah tertentu. Sedangkan apabila tidak kena, maka dilanjutkan dengan pemangkah kedua dan seterusnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Hamzuri (1998). Permainan Tradisional Indonesia. Jakarta: Direktorat Permuseuman Direktorat Jenderal Kebudayaan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. hlm. 60.