Main hadang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Main hadang

Main hadang atau main galah adalah semacam permainan adu ketangkasan dalam menempuh jarak tertentu, masing-masing jarak yang ditempuh dijaga dengan ketat oleh lawan. Di beberapa tempat nama permainan ini bernama semba lakon, main cak bur, gobak sodor.[1]

Pemain[sunting | sunting sumber]

Permainan ini digemari oleh anak laki-laki dan perempuan secara bersama-sama yang dilakukan pada lapangan terbuka. Pemain terdiri dari dari dua regu. Masing-masing regu terdiri dari empat atau lima orang, satu di antaranya adalah pemimpin regu.

Permainan[sunting | sunting sumber]

Sebelum permainan dimulai terlebih dahulu dibuat garis persegi panjang dan ditengah dibuat garis horizontal dan dua atau tiga garis vertikal. Banyaknya garis vertikal tergantung pada jumlah pemain. Kemudian, masing-masing ketua regu bersuit, yang menang akan menjadi pemain dan yang kalah akan menjaga masing-masing garis dan ketua kelompok menjaga di depan garis atau garis mulai dan berakhir pada garis mulai kembali.

Pemain harus dapat melewati setiap garis yang dijaga ketat oleh lawan. Setiap penjaga garis dapat mengejar lawan dari ujung ke ujung garis. Seandainya dapat menyentuh pemain maka pemain kalah dan digantikan dengan regu berikutnya. Jika pemain dapat melewati semua garis maka dialah pemenangnya dan permainan akan dilanjutkan lagi dengan regu yang sama.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Permainan Tradisional Sumatera Barat. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Kebudayaan. Museum Negeri Propinsi Sumatera Barat "Adityawarman". 2001. hlm. 36–37.