Padarek, Lemahsugih, Majalengka

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Padarek
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Barat
KabupatenMajalengka
KecamatanLemahsugih
Kodepos
45465
Kode Kemendagri32.10.01.2008 Edit the value on Wikidata
Luas... km²
Jumlah penduduk... jiwa
Kepadatan... jiwa/km²

Padarek adalah sebuah desa di kecamatan Lemahsugih, Majalengka, Jawa Barat, Indonesia.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Padarek merupakan desa yang berada di kaki pegunungan Cakrabuana, sebuah pegunungan yang membatasi wilayah antara Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Tasikmalaya. Selain itu, desa ini juga berada di sepanjang jalan alternatif provinsi antara Kabupaten Sumedang dengan Kabupaten Majalengka, Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Ciamis.

Wilayah[sunting | sunting sumber]

Wilayah Desa Padarek terdiri dari 4 kampung (dusun) dan terbagi menjadi beberapa RW dan RT. Keempat dusun tersebut adalah:

  1. Dusun Padarek
  2. Dusun Cigobang
  3. Dusun Tarikolot
  4. Dusun Mekarjaya/CIPINING/Cicariang

Di antara desa yang lainnya, wilayah Desa Padarek merupakan desa terkecil di Kecamatan Lemahsugih. Batas wilayah Desa Padarek adalah:

Lainnya[sunting | sunting sumber]

Padarek merupakan desa terkecil di Lemahsugih tetapi merupakan desa terbesar dalam segi ekonomi. Banyak sekali usaha yang ditekuni oleh warga desa. Selain itu, desa tersebut merupakan desa dengan fasilitas pendidikan yang memadai, bahkan bisa dikatakan lebih dari memadai untuk seukuran desa yang kecil. Di desa ini terdapat 4 Taman Kanak-Kanak, 4 Sekolah Dasar, 1 Sekolah Menengah Pertama, dan 1 Sekolah Menengah Kejuruan. SMKN Lemahsugih terdapat di Dusun Padarek Blok Bundersari dan merupakan Sekolah Menengah Kejuruan pertama dan satu-satunya di Kecamatan Lemahsugih. Kantor Kepala Desa terdapat di depan alun-alun sebelah barat Pasar dan Pertigaana Kalapadu sedangkan Masjid Raya Padarek (Masjid Khoirul Amanah) berada di sebelah utara dari Kantor Kepala Desa. Masjid yang terbilang belum lama berdiri tersebut merupakan masjid kedua di Blok/Dusun Padarek, karena sebelumnya sudah lama berdiri masjid pertama, yang mengalami pemugaran dan pengalihan ke masjid kedua ini. Di desa ini juga terdapat Bank Rakyat Indonesia, bank satu-satunya di Lemahsugih. Menurut kabar, sekarang ini Padarek telah merencanakan untuk memekarkan diri bersama beberapa desa lainnya dalam rangka membangun kecamatan sendiri dan terpisah dari Kecamatan Lemahsugih.

Di Padarek juga terdapat sebuah dusun yang kecil dan berada di sebelah timur SMKN [Lemahsugih], yang bernama Kampung Cipining. Sebagian besar penduduknya berjenis kelamin laki-laki.