Olney Hymns

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Nyanyian Rohani Olney /ˈni/ pertama kali diterbitkan pada bulan Februari 1779 dan merupakan karya gabungan kurator John Newton (1725–1807) dan teman penyairnya William Cowper (1731–1800). Nyanyian pujian tersebut ditulis untuk digunakan di paroki pedesaan Newton, yang terdiri dari pengikut yang relatif miskin dan tidak berpendidikan. Nyanyian Rohani Olney adalah ilustrasi dari ideologi kuat gerakan Evangelis, yang dimiliki oleh kedua pria tersebut, yang hadir di banyak komunitas di Inggris pada saat itu.

Nyanyian Rohani Olney sangat populer; pada tahun 1836 tercatat ada 37 edisi, dan kemungkinan besar banyak edisi lainnya yang dicetak di Inggris dan Amerika . Ketika nyanyian pujian mendapatkan popularitas pada abad kesembilan belas, banyak (sekitar 25) nyanyian pujian tersebut direproduksi dalam buku nyanyian pujian dan pamflet lainnya. Saat ini sekitar enam dari 348 Nyanyian Rohani Olney yang asli secara teratur ditampilkan dalam ibadah gereja modern, yang paling terkenal adalah " Anugerah yang Menakjubkan ". Nyanyian pujian terkenal lainnya termasuk Hal-Hal Mulia yang Diucapkan dan Betapa manisnya nama Yesus terdengar . "Amazing Grace" seperti yang dikenal pertama kali disetel ke lagu "New Britain" oleh William Walker di The Southern Harmony and Musical Companion pada tahun 1835.

Latar belakang kota[sunting | sunting sumber]

Kota di Inggris yang menjadi asal mula nama himne tersebut, Olney di Buckinghamshire, pada saat pertama kali diterbitkan, adalah kota pasar yang berpenduduk sekitar 2.000 orang. Sekitar 1.200 orang di antaranya bekerja di industri pembuatan renda . Umumnya bayarannya rendah, dan Cowper dikatakan menggambarkan tetangganya sebagai "bumi yang setengah kelaparan dan compang-camping". Nyanyian Rohani Olney ditulis terutama untuk orang-orang miskin dan berpendidikan rendah.

Olney terletak di dekat perbatasan Buckinghamshire, Bedfordshire, dan Northamptonshire – sebuah wilayah yang secara tradisional dikaitkan dengan perbedaan pendapat agama. Pembangkang adalah penganut Protestan yang menolak mengikuti aturan Gereja Inggris setelah Restorasi Charles II pada tahun 1660, dan ketika Newton menetap di Olney, kota tersebut masih mendukung dua kapel Dissenting. Pembangkang lokal yang terkenal termasuk John Bunyan, dari Bedford, penulis Pilgrim's Progress, dan penulis himne penting lainnya, Philip Doddridge (1702–51), dari Northampton . Asosiasi Newton sendiri dengan Dissenters (ibunya adalah salah satunya) berarti dia berada dalam posisi untuk berdamai dengan, bukannya berkonfrontasi, dengan umat parokinya, dan dia dengan cepat mencapai reputasi sebagai pengkhotbah populer. Dalam tahun pertamanya di Olney, sebuah galeri ditambahkan ke gereja untuk meningkatkan kapasitas jemaatnya, dan pertemuan doa mingguan dipindahkan pada tahun 1769 ke rumah Lord Dartmouth, Rumah Besar, untuk menampung lebih banyak orang. Yesus dimana umatmu bertemu ditulis untuk pertemuan pertama mereka di Rumah Besar.

Latar belakang pribadi Newton dan Cowper[sunting | sunting sumber]

John Newton adalah anak tunggal, dan merupakan seorang kapten laut yang belajar sendiri, pernah menjadi kapten kapal budak . Pertobatan Newton terjadi saat terjadi badai dahsyat di laut pada 10 Maret 1748. Dia menggambarkan peristiwa tersebut dalam otobiografinya, An Authentic Narrative (diterbitkan tahun 1764), dan setelah itu menandai peringatan pertobatannya sebagai hari syukur. Kejadian ini menghidupkan kembali kepercayaan Newton terhadap Tuhan, dan meskipun ada banyak keberatan dari dalam gereja yang sudah mapan (dia membutuhkan waktu enam tahun untuk ditahbiskan menjadi Gereja Inggris), dia memperoleh posisi pendeta di Olney pada tahun 1764. Pengaruh dan karisma Newton terbukti bermanfaat bagi dia dan parokinya ketika pedagang Injili setempat, John Thornton, yang kepadanya dia mengirimkan salinan otobiografinya, menawarkan paroki tersebut £200 per tahun, meminta agar Newton, sebagian, menafkahi orang miskin. . Kontribusi tahunan ini berhenti ketika Newton keluar pada tahun 1780 untuk mengambil posisi Rektor di St. Mary Woolnoth di London. Batu nisan Newton pada sebuah plakat di St. Mary Woolnoth, yang ditulis oleh Newton sendiri, memuat kata-kata berikut:

JOHN NEWTON, Clerk
Once an infidel and libertine
A servant of slaves in Africa,
Was, by the rich mercy of our Lord and Saviour
JESUS CHRIST,
restored, pardoned, and appointed to preach
the Gospel which he had long laboured to destroy.
He ministered,
Near sixteen years in Olney, in Bucks,
And twenty-eight years in this Church.

William Cowper adalah putra seorang pendeta Anglikan, dan berpendidikan tinggi di Sekolah Westminster . Cowper rentan terhadap serangan depresi berat sepanjang masa dewasanya, dan selama berada di rumah sakit jiwa dia dinasihati oleh sepupunya, Martin Madan, seorang pendeta Injili. Antusiasme barunya terhadap Evangelikalisme, pertobatannya, dan kepindahannya ke Olney pada tahun 1767 membawanya ke dalam kontak dengan John Newton. Cowper akhirnya menjadi kurator tidak dibayar di gereja Newton, membantu distribusi dana Thornton.

Cowper terkenal tidak hanya karena kontribusinya pada Olney Hymns, tetapi sebagai penyair, penulis surat, dan penerjemah: karyanya termasuk The Diverting History of John Gilpin (1782), The Task (1785) dan terjemahan karya-karyanya dari Homer, diterbitkan pada tahun 1791. Cowper meninggalkan Olney menuju Weston Underwood di dekatnya pada tahun 1786.

Himne secara lebih rinci[sunting | sunting sumber]

Nyanyian Rohani Olney sebagian merupakan ekspresi iman dan pengalaman religius pribadi Newton dan Cowper, dan merupakan cerminan dari prinsip utama iman Injili: keberdosaan yang melekat pada manusia; konversi agama ; penebusan ; aktivisme; pengabdian pada Alkitab ; pemeliharaan Tuhan; dan keyakinan akan kehidupan kekal setelah kematian . Namun, himne-himne tersebut terutama ditulis untuk penggunaan langsung dan sehari-hari dalam pelayanan Newton di Olney. Di sini lagu-lagu tersebut dinyanyikan, atau dilantunkan, di gereja atau pada pertemuan-pertemuan Newton lainnya pada hari Minggu dan hari kerja sebagai ekspresi ibadah kolektif. Namun, nyanyian himne bukannya tanpa kontroversi, khususnya di dalam gereja mapan, Gereja Inggris . Pada tahun 1760-an, himne telah menjadi ciri khas ibadah keagamaan di gereja Injili, di mana himne awal (pasca- Reformasi ) merupakan versifikasi (syair mirip lagu yang diadaptasi dari kata aslinya) dari teks mazmur dalam Alkitab, yang dikenal sebagai mazmur metrik. . Di Gereja Inggris, himne selain mazmur metrik masih dipertanyakan legalitasnya hingga tahun 1820-an, karena tidak secara eksplisit disetujui oleh Buku Doa Umum . Sebagai konsekuensinya, banyak pemimpin gereja yang menggunakan nyanyian pujian untuk pertemuan-pertemuan selain kebaktian utama hari Minggu, dan untuk kebaktian pribadi atau rumah tangga.

Dalam kata pengantar Nyanyian Rohani, Newton mengatakan: "Himne tersebut haruslah Nyanyian Rohani, bukan Odes, jika dirancang untuk ibadah umum, dan untuk penggunaan orang biasa". Newton juga menjelaskan dua motif utama penerbitannya: keinginannya untuk mempromosikan "iman dan kenyamanan umat Kristiani yang tulus", dan sebagai catatan permanen persahabatannya dengan Cowper. Newton dikaitkan dengan saran agar dia dan Cowper berkolaborasi dalam kumpulan himne, yang sebagian besar diambil dari teks Newton yang dikumpulkan selama sekitar 10 tahun (pada saat diterbitkan). Dari 348 himne dalam edisi asli terbitan tahun 1779, beberapa komentar menyatakan bahwa Cowper hanya menulis 66 himne antara tahun 1772 dan 1773, dan sisanya oleh Newton, sementara sumber lain mengaitkan 67 himne dengan Cowper. Namun, diketahui bahwa Newton menulis beberapa himne sebagai respons langsung terhadap kejadian di sekitarnya: Oh untuk berjalan lebih dekat dengan Tuhan misalnya ditulis oleh Cowper sebagai respons terhadap penyakit serius yang diderita teman serumahnya, Mary Unwin., penyakit yang dia alami.

Tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa Newton atau Cowper menulis musik apa pun untuk mengiringi himne tersebut. Diasumsikan bahwa lagu-lagu tersebut awalnya dinyanyikan dengan nada apa pun yang sesuai dengan meteran (irama), kemungkinan besar dengan nada mazmur metrik abad ke-16 atau ke-17. Selanjutnya, lagu-lagu individu dikaitkan dengan himne tertentu dari buku Olney. Misalnya, lagu Austria (awalnya " Gott erhalte Franz den Kaiser " karya Haydn, sebuah lagu patriotik Austria) sekarang diasosiasikan dengan himne Glorious Things of Thee Are Spoken, sama seperti New Britain, sebuah melodi rakyat Amerika yang diyakini berasal dari Skotlandia. atau berasal dari Irlandia, sejak tahun 1830-an telah dikaitkan dengan Amazing Grace . Melodi himne Skotlandia atau Irlandia ini bersifat pentatonik dan menunjukkan nada bagpipe ; himne ini sering dibawakan dengan bagpipe dan dikaitkan dengan instrumen tersebut.[1]

Amazing Grace

Sebagai ekspresi dari banyak kepercayaan Injili, Amazing Grace menjadi contoh: Bait (ayat) pertama, misalnya, mengungkapkan perasaan Newton akan keberdosaan masa lalunya, sebagai seorang "celaka", namun juga pertobatan, dari "tersesat" dan " buta" menjadi "sekarang aku melihat". Pemeliharaan Tuhan, dan rasa kedekatan dan hubungan pribadi Cowper dengan Tuhan disuarakan dalam bait empat: "Dia akan menjadi perisai dan bagianku". Kepercayaan akan kehidupan kekal setelah kematian diungkapkan dalam bait lima dan enam: "ketika daging dan hati ini menjadi lemah", "Aku akan memiliki" "Hidup yang penuh sukacita dan damai", dan "Tuhan, yang memanggilku ke sini di bawah, Akan menjadi milikku selamanya".

"Amazing Grace" bukanlah judul asli dari himne ini: Awalnya ditulis sebagai puisi berjudul "Faith's Review and Expectation" dan muncul sebagai Hymn 41 dalam Buku I dari Olney Hymns dengan judul tersebut. Versi enam bait yang dikutip adalah yang asli, seperti yang ditulis oleh Newton, tetapi versi ini juga muncul dalam bentuk yang lebih panjang dimana bait-bait lain ditambahkan atau bait-bait dari himne lain dari buku Olney telah dipindahkan.

Nyanyian Rohani Olney dibagi menjadi tiga buku: Buku I, Tentang Teks-Teks Pilihan Kitab Suci; Buku II, Tentang Subjek Sesekali; dan, Buku III, Tentang Kemajuan dan Perubahan Kehidupan Spiritual. Sub-divisi ini mencerminkan keyakinan utama Injili. Buku I berpendapat bahwa Alkitab adalah sumber utama otoritas keagamaan, dan himne-himne di dalamnya ditulis untuk memberikan kepada orang percaya, melalui bahasa yang sederhana, pemahaman menyeluruh tentang isinya. "Subjek Sesekali" Buku II adalah topik yang membawa pemahaman pada prioritas kehidupan spiritual Evangelis. Misalnya ada bagian tentang "Providences", yang berfungsi untuk menggambarkan kepercayaan Evangelis pada tangan pengendali Tuhan yang selalu hadir. Buku III ditulis untuk mengungkapkan gagasan Newton tentang tahapan kebangkitan dan keselamatan spiritual pribadi.

Popularitas himne yang tidak diragukan lagi bukan hanya masalah selera lokal, namun dapat dilihat dalam iklim keagamaan yang lebih luas dan berkembang di Inggris. Meningkatnya popularitas gerakan Injili pada akhir abad ke-18 dan awal abad ke-19 disebabkan oleh sejumlah alasan: dimulainya Revolusi Industri dan perpecahan yang terjadi kemudian, khususnya, masyarakat pedesaan, memberikan pengaruh yang meresahkan pada suatu negara. paroki seperti Olney; Metodisme mengalami pertumbuhan popularitas yang signifikan pada periode yang sama; dan Evangelikalisme secara bertahap menemukan jalannya ke dalam Gereja Inggris yang sudah mapan. Namun, tulisan Newton dan Cowper jelas sesuai dengan tujuannya. Nyanyian pujian Cowper yang relatif sedikit menunjukkan kemampuan puitis dan kreatifnya, sedangkan prosa Newton dinilai oleh beberapa orang sebagai "kayu". Meskipun demikian, tujuan utama himne tersebut bukanlah diskusi teologis atau representasi Alkitab; sebaliknya, mereka ditulis untuk "orang biasa". Penggunaan meteran (irama) yang sederhana dan berulang serta struktur rima yang sederhana oleh Newton membantu jemaatnya mengingat kata-kata tersebut. Penekanan signifikan pada 'Aku' di dalam himne-himne tersebut menunjukkan pandangan Newton bahwa himne-himne tersebut adalah hasil dari pengalaman pribadinya, ciri keyakinannya akan pertobatan dan pertobatan pribadi, serta keinginannya untuk menjalin hubungan pribadi dengan Tuhan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Sheet Music: Amazing Grace, www.flutetunes.com Retrieved 11 April 2009

Referensi umum[sunting | sunting sumber]

  • Drew, Philip, ['Tanpa Judul: Review'], dalam The Modern Language Review, Vol. 78, No. 4 (1983), hal. 905–906
  • 'John Newton, William Cowper dan lain-lain: Nyanyian Rohani Olney dalam konteks', dalam Ian Donnachie dan Carmen Lavin (eds.), Dari Antologi Pencerahan hingga Romantisisme I, (Manchester: Manchester University Press, 2003), hal. 229–269
  • Hartley, Lodwick, 'The Worm and the Thorn: Sebuah Studi tentang "Olney Hymns" karya Cowper, dalam The Journal of Religion, Vol. 29, No.3 (1949). hal. 220–229
  • Himne Newton, John, Olney, dalam tiga buku : I: Tentang teks kitab suci tertentu; II. Pada mata pelajaran sesekali; AKU AKU AKU. Tentang kemajuan dan perubahan kehidupan spiritual. , (London: Dicetak untuk J. Johnson, 1806)
  • Wolffe, John, Olney Hymns, dalam Agama, Eksplorasi dan Perbudakan, (Milton Keynes: The Open University, 2004), hal: 15–52

Pranala luar[sunting | sunting sumber]