Ode

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Ode (dari bahasa Yunani Kuno: ᾠδή translit. ōdḗ ) adalah jenis sajak lira . Ini adalah puisi terstruktur yang memuji atau memuliakan suatu peristiwa atau individu, menggambarkan alam secara intelektual dan juga emosional. Ode klasik disusun dalam tiga bagian utama: strophe, antistrof, dan epode . Bentuk ode yang berbeda lainnya, seperti ode homostrofik dan ode tak beraturan.


Ode atau oda adalah puisi lirik berisikan semangat pujaan dalam nada agung dan tema serius. Ode berasal dari kata Yunani yang berarti nyanyian, karena puisi ini biasanya dinyanyikan dalam paduan suara sambil menari dalam drama-drama Yunani Kuno. Puisi ode diciptakan penyairnya dengan gaya panjang lebar, bahasa yang tertib, tulus, imajinatif, dan intelektual. Sasaran pujaan dalam ode biasanya pahlawan atau tokoh besar suatu bangsa.

Ode Yunani pada awalnya merupakan karya puitis yang ditampilkan dengan iringan musik. Seiring berjalannya waktu, mereka secara bertahap menjadi dikenal sebagai komposisi lirik pribadi baik dinyanyikan (dengan atau tanpa alat musik) atau hanya dibacakan (selalu dengan iringan). Instrumen utama yang digunakan adalah aulos dan lira (yang paling dihormati orang Yunani kuno).

Ode biasa dinyanyikan dalam drama Yunani Kuno


Ada tiga macam bentuk ode: Pindaric, Horatian, dan irregular. Pindaric odes mengikuti bentuk dan corak Pindaros . Ode Horatian mengikuti konvensi Horatius, sesungguhnya Odes Horatius sengaja meniru gaya penulis lirik Yunani seperti Alkaios dan Anakreon . Odes tidak teratur menggunakan rima juga, tetapi bukan seperti bentuk tiga-bagian dari ode pindaric, ataupun bentuk dua atau empat baris ode horatian. Ode adalah sebuah puisi lirik. Itu menyampaikan emosi yang luhur dan terinspirasi. Itu adalah lirik dalam bentuk yang rumit, diekspresikan dalam bahasa yang imajinatif, bermartabat, dan tulus. Seperti liriknya, sebuah ode berasal dari bahasa Yunani.

Ode gaya Inggris[sunting | sunting sumber]

Lirik dalam ode gaya inggris bisa mengenai berbagai tema. Ode paling awal dalam bahasa Inggris, menggunakan kata dalam bentuk yang arkais, seperti pada ode Epithalamium dan Prothalamium karyaEdmund Spenser .

Pada abad ke-17, ode gaya inggris orisinal yang paling penting dibuat oleh Abraham Cowley . Ode ini merupakan iambik, tetapi memiliki pola panjang larik dan skema rima yang tidak teratur. Abraham Cowley mendasarkan prinsip Pindariques- nya pada kesalahpahaman tentang praktik metrik Pindar. Meskipun demikian, orang lain secara luas meniru gaya Cowley ini, salah satu yang menuai kesuksesan dan terkenal adalah John Dryden .

Dengan metrik Pindar yang lebih dipahami di abad ke-18, gaya pindaric dalam ode mulai memudar. Meskipun, masih ada ode pindaric yang terkenal yaitu dari Thomas Grey, The Progress of Poesy, dan The Bard .

There was a time when meadow, grove, and stream,
The earth, and every common sight,
To me did seem
Apparelled in celestial light,
The glory and the freshness of a dream.
It is not now as it hath been of yore;—
Turn wheresoe'er I may,
By night or day,
The things which I have seen I now can see no more....
Our birth is but a sleep and a forgetting:
The Soul that rises with us, our life's Star,
Hath had elsewhere its setting,
And cometh from afar:
Not in entire forgetfulness,
And not in utter nakedness,
But trailing clouds of glory do we come
From God, who is our home...

(Kutipan dari ode gaya Inggris Intimations of Immortality karya Wordsworth)

Sekitar tahun 1800, William Wordsworth menghidupkan kembali ode pindaric Cowley yang merupakan salah hasil karya puisi terbaiknya, ode Intimations of Immortality . Penulis lain yang juga menulis ode, seperti Samuel Taylor Coleridge, John Keats, dan Percy Bysshe Shelley (penulis ode dengan pola stanza biasa). Ode to the West Wind karya Shelley, yang ditulis dalam empat belas baris rima terza stanza, adalah puisi yang paling utama berdasarkan bentuknya. Bagaimanapun, hasil karya sastra ode yang paling berharga dari abad ke-19 adalah Five Great Odes karya Keats pada tahun 1819, yang terdiri dari: "Ode to a Nightingale", " Ode on Melancholy ", " Ode on a Grecian Urn ", " Ode to Psyche ", dan " To Autumn ". Setelah Keats, hanya ada sedikit karya ode yang utama dalam bahasa Inggris. Satu pengecualian adalah bait keempat dari puisi For the Fallen oleh Laurence Binyon, yang sering dikenal sebagai The Ode to the Fallen, atau biasa disebut sebagai The Ode .

W.H. Auden juga menulis Ode, salah satu puisi paling populer pada awal karirnya yaitu saat ia tinggal di London yang berisi mengenai tentangan ketidaktahuan orang-orang tentang realitas perang. Dalam sebuah wawancara, Auden pernah menyatakan bahwa ia bermaksud untuk memberi judul puisinya My Silver Age untuk mengejek zaman keemasan kekaisaran Inggris, tetapi ia memilih menggunakan judul Ode karena tampaknya memberikan eksplorasi perang yang lebih sensitif.

Ode on a Grecian Urn, menurut ekphrasis, juga berfungsi sebagai ode untuk keindahan artistik yang diamati oleh narator. Skema rima ode gaya Inggris yang paling umum adalah ABABCDECDE.

Pengubahan ke musik[sunting | sunting sumber]

Seperti ode Yunani Kuno, ode gaya Inggris pada abad ke-17 dan ke-18 juga kadang-kadang diiringi musik. Komposer seperti Purcell, Händel dan Boyce semuanya mengubah ode Inggris menjadi sebuah musik.

Praktisi terkenal[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Tautan luar[sunting | sunting sumber]