Model kereta api

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Sebuah model kereta api Berlin Bahnhof Zoo di LOXX Berlin.
Model loko langsir dengan skala HO (1:87) khas Amerika Utara dibandingkan dengan panjang pensil.

Model kereta api atau miniatur kereta api adalah hobi transportasi kereta api yang dimodelkan pada skala yang dikurangi.

Model kereta api termasuk lokomotif, sarana, trem, lintas, persinyalan dan lanskap (saujana) termasuk: pedesaan, jalan, jembatan, bangunan, kendaraan lain, perkotaan, manusia, lampu, terowongan, dan objek alam seperti sungai, bukit, dan ngarai.

Model kereta api paling awal adalah 'Birmingham Dribbler' pada tahun 1840-an. Kereta rel listrik muncul sekitar awal abad ke-20, tetapi masih kurang mirip. Kereta model saat ini lebih realistis, selain jauh lebih maju secara teknologi. Pemodel saat ini membuat model tata letak jalur kereta api, sering menggambarkan lokasi nyata yang bersejarah. Kereta api model tertua yang beroperasi di dunia adalah model yang dirancang untuk melatih calon pelayan sinyal di Lancashire and Yorkshire Railway. Dipajang di Museum Kereta Api Nasional, York, Inggris dan berasal dari tahun 1912, kereta model ini digunakan sampai 1995. Model ini dibuat sebagai modul latihan oleh peserta magang oleh perusahaan Horwich dan dilengkapi dengan sarana dari Bassett-Lowke. [1]

Gambaran umum[sunting | sunting sumber]

Umumnya para pemodel membutuhkan waktu yang lama dan biaya yang cukup mahal untuk mengembangkan model kereta apinya, terutama bila yang dikehendaki lebih realistis. Para penghobi kereta model, yang disebut "pemodel kereta api" atau "kereta api model", dapat mempertahankan model yang cukup besar untuk dikendarai.

Pemodel dapat mengumpulkan kereta model, lalu membangun lanskapnya sendiri sesuai imajinasinya. Mereka juga dapat mengoperasikan kereta api mereka sendiri dalam miniatur. Untuk beberapa pemodel, tujuan membangun tata letak adalah untuk akhirnya menjalankannya ibarat itu adalah kereta api sesungguhnya, atau seperti kondisi lintas yang sesungguhnya. Umumnya pemodel lebih suka menggunakan peta bersejarah sebagai rujukannya.

Tata letaknya pun bervariasi dari jalur melingkar hingga bangunan nyata yang dimodelkan. Lanskap model terbesar di Inggris berada di Museum Pendon di Oxfordshire, Inggris, yang menggunakan lebar sepur EM (skala 1:76,2, sama dengan 00 tetapi dengan lebar sepur yang lebih akurat) yaitu jalur KA model Vale of White Horse pada 1930-an yang sedang dibangun. Museum ini juga memiliki salah satu model pemandangan paling awal—tata letak Lembah Madder yang dibangun oleh John Ahern. Model ini dibuat pada akhir 1930-an hingga akhir 1950-an dan membawa ke arah yang realistis. Bekonscot di Buckinghamshire adalah model pedesaan tertua dan ada model kereta apinya, yang berasal dari tahun 1930-an. Kereta api model terbesar di dunia dalam skala H0 adalah Miniatur Wunderland di Hamburg, Jerman. Jalur kereta model uap dengan tampilan hidup terbesar, sejauh 25 mil (40 km) adalah 'Train Mountain' di Chiloquin, Oregon, AS [2] Pemodelan transportasi kereta api kini mengusahakan adanya tata letak yang didedikasikan untuk meniru aspek operasional dari kereta api yang berfungsi. Tata letak jalur kereta api ini dapat menjadi sangat kompleks dengan banyak rute, pola operasi, dan penjadwalan. Salah satu model kereta api yang pengoperasiannya cukup rumit di dunia adalah Banbury Connections. [3]

Klub kereta api model merupakan tempat temu penggemar model kereta api, sering memamerkan model koleksi anggotanya untuk publik. Ada yang menspesialisasikan dirinya sebagai komunitas kereta model untuk skala dan sepur yang lebih besar, biasanya menggunakan lebar sepur dari 3,5 hingga 7,5 inci (89 hingga 191 mm). Model dalam skala ini biasanya dibuat dengan tangan trampil dan ditenagai oleh uap atau diesel hidraulik, dan mesinnya cukup kuat untuk mengangkut belasan penumpang manusia.

Tech Model Railroad Club (TMRC) di MIT pada 1950-an menjadi pelopor kontrol otomatis wesel di jalur kereta model dengan menggunakan relai telepon.

Komunitas model kereta api tertua adalah 'The Model Railway Club' [4] (didirikan 1910), dekat Kings Cross, London, Inggris. Selain membangun model kereta api, komunitas ini memiliki 5.000 buku dan majalah. Demikian pula, 'The Historical Model Railway Society' [5] di Butterley , dekat Ripley, Derbyshire mengkhususkan diri dalam masalah sejarah dan memiliki arsip yang tersedia baik untuk anggota dan non-anggota.

Skala dan lebar sepur[sunting | sunting sumber]

Kata-kata scale dan gauge (istilah bahasa Inggris untuk "skala" dan "lebar sepur") tampaknya pada awalnya dapat dipertukarkan tetapi artinya berbeda. Scale adalah perbandingan ukuran model terhadap aslinya, sedangkan gauge adalah lebar sepurnya.

Ukuran mesin bergantung pada skala dan dapat bervariasi dari setinggi 700 mm (27,6 in) untuk lokomotif uap terbesar yang dapat ditumpangi dengan skala 1:4, hingga ke ukuran setara kotak korek api untuk yang terkecil: skala Z ( skala 1:220) atau skala T ( skala 1: 450). Lokomotif HO (1:87) umumnya setinggi 50 mm (1,97 in) dan panjang 100 hingga 300 mm (3,94 hingga 11,81 in). Skala yang cukup populer: skala G, skala Gauge 1, skala O, skala S, skala HO (di Inggris, OO serupa), skala TT, dan skala N (1: 160 di Amerika Serikat, tetapi 1:148 di Inggris). HO dan OO adalah yang paling populer. Skala sepur sempit yang populer termasuk Sn3, HOn3 dan Nn3, yang memiliki skala yang sama dengan S, HO, dan N tetapi menggunakan sepur yang lebih sempit (dalam contoh ini, skala 3 ft (914 mm) bukannya 4 ft 8 12 in (1.435 mm) sepur standar).

Skala umum terbesar adalah 1:8, dengan 1:4 kadang-kadang digunakan untuk wahana kereta mini di taman bermain. Skala G (skala 1:24 ) paling populer untuk pemodelan kereta api belakang rumah. Lebih mudah juga untuk menempatkan model skala G ke taman dan menjaga pemandangan proporsional dengan kereta. Gauge 1 dan Gauge 3 juga populer untuk taman. Skala O, S, HO, dan N lebih sering digunakan di dalam ruangan. [6] [7]

Skala Perbandingan
T 1:450
ZZ 1:300
Z 1:220
N 1:160
2mm 1:152
TT 1:120
3mm 1:101
HO 1:87
S 1:64
O 1:48
G 1:22,5

Pada awalnya, kereta api model tidak diskalakan. Dengan hadirnya asosiasi dagang seperti National Model Railroad Association (NMRA) dan Normen Europäischer Modellbahnen (NEM), produsen dan penghobi segera tunduk pada standar de facto untuk mulai menentukan lebar sepur. Akan tetapi, meski skala untuk lebar sepur mulai ada, pengukurannya hanya dibuat berdasarkan proporsi lokomotif terhadap lebar sepurnya. Misalnya, kereta dengan sepur skala 0 (nol, 1:48) beroperasi di jalur yang membutuhkan ruang yang terlalu luas di Amerika Serikat karena skalanya diterima sebagai 1:48 sedangkan skala 0 menggunakan perbandingan 1:43,5 atau 7 mm/1 kaki dan sepurnya mendekati benar. Standar OO Inggris beroperasi di jalur yang terlalu sempit. Skala 4 mm/1 kaki pada sepur 16,5 mm (0.65 in) bersesuaian dengan lebar sepur 4 ft 1 12 in (1.257 mm), 7 inci or 178 milimeter (terlalu kecil). Sepur 16,5 mm (0.65 in) sesuai dengan sepur standar 4 ft 8 12 in (1.435 mm), dalam skala H0 3.5 mm/1 kaki atau 1:87. Ini muncul karena lokomotif dan sarana Inggris lebih kecil daripada yang ditemukan di tempat lain, yang mengharuskan kenaikan skala, sehingga digunakan skala H0. Sebagian besar skala komersial memiliki standar yang mencakup flens roda yang terlalu dalam, tapak roda yang terlalu lebar, dan rel kereta yang terlalu besar. Dalam skala H0, ketinggian rel dikodekan 100, 87, 53

Akibatnya, pemodel menjadi tidak puas dengan ketidakakuratan dan mengembangkan standar yang semuanya diskalakan dengan benar. Ini digunakan oleh pemodel karena ingin menjawab masalah ketidakakuratan dan memastikan operasi yang andal dan merupakan salah satu upaya menghemat biaya, namun belum bisa diproduksi secara massal. Standar ini termasuk skala P4 di Britania Raya, dan S4 yang lebih baik, yang menggunakan dimensi lintasan yang diperkecil dari purwarupa. Pemodelan skala 4 mm:1 kaki ini menggunakan roda 2 mm (0,079 in) atau kurang dan berjalan di atas rel dengan sepur 18,83 mm (0.741 in). Jarak bebas rel paksa dan sayap pada wesel juga lebih akurat.

Yang menjadi kesepakatan antara P4 dan OO adalah 'EM' yang menggunakan lebar sepur 18,2 mm (0.717 in) yang lebih hemat biaya daripada P4 yang jarak bebas rel paksanya akurat. Ini memberikan penampilan yang lebih baik daripada OO meskipun tidak semirip P4. Ada sejumlah kecil skala OO Finescale yang menggunakan sepur 16,5 mm yang sama dengan OO, tetapi dengan skala roda yang lebih baik dan jarak bebas yang lebih kecil seperti yang digunakan dengan EM, atau juga 'EM-minus-1,7 mm'.

Modul[sunting | sunting sumber]

Banyak kelompok membuat modul, yang merupakan bagian dari tata letak, dan dapat digabungkan bersama untuk membentuk tata letak yang lebih besar, untuk pertemuan atau untuk acara-acara khusus. Untuk setiap jenis sistem modul, ada standar antarmuka, sehingga modul yang dibuat oleh peserta yang berbeda dapat digabung, bahkan jika mereka belum pernah terhubungkan sebelumnya.

Perangkai dan sambungan[sunting | sunting sumber]

Selain berbagai skala, ada juga berbagai jenis alat perangkai untuk menghubungkan antarrangkaian kereta api, yang tidak kompatibel satu sama lain.

Di HO, orang Amerika menstandarkannya dengan alat perangkai tanduk-kait atau X2F. Perangkai tanduk-kait sebagian besar telah memberi pengaruh kepada desain yang kelak dikenal sebagai alat perangkai knuckle yang dipopulerkan oleh Kadee Quality Products Co, dan yang kemudian ditiru oleh sejumlah manufaktur lain dalam beberapa tahun terakhir. Alat perangkai knuckle bekerja mirip dengan perangkai "otomatis" yang digunakan pada prototipe di sana dan di tempat lain. Juga di HO, pabrikan Eropa memiliki standar, tetapi bukan alat perangkai: berbagai jenis perangkai dapat dicolokkan ke dalam (dan keluar) dari kotak perangkai NEM. Tak satu pun dari alat perangkai populer memiliki kemiripan dengan prototipe rantai tiga-mata yang umumnya banyak digunakan di Eropa.

Untuk pemodel Inggris, yang skalanya paling populer adalah OO, perangkai normal adalah perangkai tegangan-kunci, yang, sekali lagi tidak meniru prototipe perangkai rantai tiga-mata yang biasa. Bachmann dan Hornby baru-baru telah mulai menawarkan model yang dilengkapi dengan kotak perangkai NEM. Ini secara teoretis memudahkan pemodel kereta api Inggris untuk mengganti perangkai NEM362 lainnya, meskipun banyak model Bachmann menempatkan kotak perangkair pada ketinggian yang salah. Alternatif yang cukup umum adalah dengan menggunakan representasi alat perangkai rantai seperti yang ditemukan pada purwarupanya, meskipun ini membutuhkan jari-jari lengkung besar untuk digunakan untuk menghindari anjlokan.

Skala lain memiliki jenis perangkai yang tidak kompatibel. Dalam semua skala alat perangkai ini dapat ditukar, bergantung tingkat kesulitannya.

Lanskap[sunting | sunting sumber]

Tata letak skala H0e, berukuran 47 cm × 32 cm (18,5 in × 12,6 in).
Lanskap di kota berskala N ini mencakup bangunan-bangunan yang lapuk dan rumput tinggi yang tidak dipangkas.

Beberapa pemodel memperhatikan tata ruang lanskap mereka, membuat dunia fantasi, atau memodelkan lokasi aktual, seringkali bersejarah. Lanskap juga disebut sebagai "pemandangan sekitar".

Untuk membuat lanskap, dapat diawali dengan membuat medan (datar atau pegunungan) menggunakan berbagai bahan bangunan, termasuk (tetapi tidak terbatas pada) bekas kawat kasa, bekas kardus, atau bekas lembaran polistirena (styrofoam) yang diperluas. Bila medan yang dikehendaki bergunung-gunung; dapat menggunakan cor-coran semen, sisa bubur kertas, kaca serat, atau busa. [8]

Setelah dibuat medannya, lalu ditutupi dengan bahan-bahan kasar yang dapat menyimulasikan rumput, tetumbuhan kecil, atau batu kricak, seperti pada diorama (disebut scatter). Umumnya untuk membuat batu kricak biasanya menggunakan butiran halus granit, sedangkan rumput berwarna hijau biasanya terbuat dari bekas serbuk gergaji, serpihan kayu, atau busa. Busa atau lumut alami dapat digunakan untuk menyimulasikan semak. Alternatif untuk menyebarkan, untuk rumput, adalah rumput statis yang menggunakan listrik statis untuk membuat rumput yang disimulasikan benar-benar berdiri.

Bangunan dan struktur dapat dibeli secara utuh, atau dibuat sendiri dari karton, kayu balsa, kayu bass, kayu lunak lainnya, kertas, atau plastik. Pepoohon dapat dibuat dari bahan-bahan seperti tangkai pohon yang kemudian dilem pada pangkalnya; atau dapat dibeli dari penjual tanaman. Air dapat disimulasikan menggunakan resin pengecoran poliester, poliuretana, atau kaca bergelombang. Bebatuan dapat dilemparkan ke dalam plester atau dalam plastik dengan lapisan busa. Cor-coran bisa dicat dengan sedikit noda untuk memberi pewarnaan dan bayangan.

Pengotoran[sunting | sunting sumber]

Pengotoran dilakukan dengan menyimulasikan kotoran dan keausan pada kendaraan, struktur, dan peralatan nyata. Sebagian besar model dalam kemasan hadir dengan tampilan baru, karena pewarnaan yang tidak dikotori lebih mudah untuk diproduksi. Selain itu, pengotoran yang dialami sarana atau bangunan tidak hanya bergantung pada usia tetapi juga tempatnya digunakan. Kereta dan gerbong di kota-kota terlihat kotor karena terkena debu dan asap buangan dari rumah dan mobil serta grafiti, sementara kendaraan di padang pasir dapat mengalami badai pasir yang merusakkan cat.

Ada banyak teknik pengotoran yang mencakup, tetapi tidak terbatas pada, pengecatan, pengamplasan, pemutusan, dan bahkan penggunaan bahan kimia untuk menyebabkan korosi. Beberapa proses menjadi sangat kreatif tergantung pada keterampilan pemodel. Misalnya beberapa langkah dapat diambil untuk menciptakan efek karat untuk memastikan tidak hanya pewarnaan yang tepat, tetapi juga tekstur dan kilau yang tepat.

Tenaga yang digunakan[sunting | sunting sumber]

Diorama biasanya menggunakan lokomotif-lokomotif yang tak digerakkan. Akan tetapi, jika kereta model tersebut bergerak, umumnya lokomotif menggunakan listrik arus searah (DC) tegangan rendah yang dipasok melalui rel, tetapi ada pengecualian, seperti Märklin dan Lionel Corporation, yang menggunakan arus bolak-balik (AC). Sistem Digital Command Control (DCC) menggunakan arus bolak-balik. Lokomotif lain, terutama model yang lebih besar dapat menggunakan uap. Mesin uap dan penggerak gerigi menjadi bahan incaran oleh para kolektor.

Mesin jam (sistem gerigi)[sunting | sunting sumber]

Kebanyakan kereta model awal untuk mainan ditenagai oleh mesin jam dan dikendalikan oleh tuas di lokomotif. Meskipun ini membuat kontrol menjadi kasar, modelnya cukup besar dan kuat sehingga penanganan kontrolnya praktis. Berbagai pabrikan memperkenalkan bagian jalur yang memperlambat dan berhenti yang dapat memicu tuas pada lokomotif dan membuatnya berhenti di stasiun.

Listrik[sunting | sunting sumber]

Tiga rel

Model-model kelistrikan awal menggunakan sistem tiga-rel dengan roda yang diletakkan pada lintasan logam dengan bantalan logam yang menghasilkan daya dan rel tengah yang memberikan daya selip di bawah lokomotif. Ini masuk akal pada saat model terbuat dari logam dan konduktif. Plastik modern tidak dapat digunakan dan isolasi (sifat bukan penghantar listrik) menjadi masalah. Selain itu akurasi model belum berkembang dan kereta mainan dan lintasan terbuat dari pelat timah mentah. Variasi pada sistem tiga-rel, Trix Twin, memungkinkan dua kereta dikendalikan secara independen di satu trek, sebelum munculnya DCC.

Dua rel

Karena keakuratan menjadi penting, beberapa sistem mengadopsi daya dua rel yang rodanya dipisah satu sama lain dan rel membawa pasokan positif dan negatif dengan rel kanan membawa potensial listrik positif.

Pelat logam

Sistem lain seperti Märklin justru menggunakan pelat logam panjang untuk menggantikan rel tengah, membuat model tiga-rel yang ada menggunakan jalur yang lebih realistis.

Kabel LAA

Jika modelnya adalah lokomotif listrik atau KRL, listriknya dapat dipasok dari kabel listrik aliran atas (LAA), seperti lokomotif aslinya. Sebelum DCC tersedia, ini adalah salah satu cara mengendalikan dua kereta secara terpisah di jalur yang sama. Seperti mekanisme LAA asli, pasokan listrik dialirkan melalui kabel-kabel KAA. Ada pula yang kawat kontak ditaruh di salah satu rel dan kembali ke sumber arus pada sisi rel lainnya.

Baterai

Kereta listrik mula-mula beroperasi dengan baterai samping karena sedikit rumah di akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20 memiliki listrik. Saat ini, set model kereta yang menggunakan baterai sangat umum bagi anak-anak sebagai mainan dan jarang digunakan oleh penggemar. Baterai yang terdapat dalam model sering menyalakan model kereta kebun dengan skala yang lebih besar karena kesulitan dalam memperoleh pasokan daya yang andal melalui rel luar. Konsumsi daya listrik yang dapat diimbangi dengan hadirnya baterai yang dapat diisi ulang. Sebagian besar model bertenaga baterai menggunakan kontrol radio (menggunakan remote).

Uap[sunting | sunting sumber]

Mesin-mesin yang ditenagai oleh uap bertekanan sering dibangun dengan lebar sepur luar ruangan 5 inci (130 mm) dan 7 12 inci (190 mm), juga tersedia dalam skala Gauge 1, G, skala 16 mm, dan dapat ditemukan di O dan OO/HO. Hornby Railways memproduksi lokomotif uap bertekanan di OO, berdasarkan pada desain yang pertama kali tiba oleh pemodel amatir. Pemodel lainnya telah membuat model uap di HO/OO, OO9, dan N, dan ada satu di Z di Australia . [9]

Pembakaran dalam[sunting | sunting sumber]

Kadang-kadang kereta model tenaga bensin-listrik, dibuat berdasarkan lokomotif diesel elektrik, muncul di antara penggemar dan perusahaan seperti Pilgrim Locomotive Works yang telah menjual lokomotif tersebut. Model-model skala besar bensin-mekanik dan bensin-hidraulik tersedia tetapi tidak biasa dan lebih mahal daripada versi bertenaga listrik.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Model lokomotif Rusia kelas FD nomor FD20-2865 di Museum Kereta Api Moskow

Teknik manufaktur modern menuntut model yang diproduksi secara massal mencapai tingkat presisi dan realisme yang tinggi.[butuh rujukan]Di masa lalu ini bukan kasusnya dan metode coba-coba dari awal (made-from-scratch) sangat umum. Model sederhana dibuat menggunakan teknik "rekayasa kardus". Model yang lebih canggih dapat dibuat dengan menggunakan kombinasi lembaran kuningan yang dietsa dan coran suhu rendah. Suku cadang yang membutuhkan pembuatan dengan mesin, seperti roda dan perangkai, dibeli.

Alat etsa masih populer, masih disertai dengan coran suhu rendah. Peralatan ini menghasilkan model yang tidak dicakup oleh produsen besar atau dalam skala yang tidak diproduksi massal. Teknik laser telah memperluas kemampuan ini ke material yang lebih tebal untuk skala uap dan jenis lokomotif lainnya. Produsen awal juga dapat membuat cetakan karet silikon dari bagian yang mereka buat, dan menuangkannya ke berbagai resin plastik atau plesteran. Ini dapat dilakukan untuk menyimpan duplikasi usaha, atau menjual kepada orang lain.

Kontrol[sunting | sunting sumber]

Tata letak kereta model yang dioperasikan dengan koin di Jerman

Mesin jam dan lokomotif uap bertekanan beroperasi hingga kehabisan daya, tanpa ada cara bagi operator untuk berhenti dan menyalakan kembali lokomotif atau mengubah-ubah kecepatannya. Munculnya kereta listrik, yang muncul secara komersial pada tahun 1890-an, memungkinkan kontrol kecepatan dengan mengubah-ubah arus atau tegangan. Ketika kereta mulai diberdayakan oleh trafo dan penyearah, throttle yang lebih canggih muncul, dan segera kereta yang ditenagai oleh arus bolak-balik mengandung mekanisme untuk mengubah arah atau masuk ke gigi netral ketika operator mengontrol daya yang masuk. Kereta yang ditenagai oleh arus searah dapat mengubah arah dengan membalik polaritas.

Listrik memungkinkan kontrol dengan membagi tata ruang menjadi blok-blok terisolasi, yang dapat melambatkan atau menghentikan kereta api dengan menurunkan daya. Membagi tata letak menjadi per petak blok memungkinkan operator untuk menjalankan lebih dari satu kereta dengan risiko tabrakan antarkereta. Petak blok juga dapat memicu sinyal atau aksesori lain, menambah realisme atau imajinasi. Sistem tiga-rel dapat mengisolasi salah satu rel pada bagian lintasan, dan menggunakan kereta yang lewat untuk menyelesaikan satu petak dan mengaktifkan aksesori seperti persinyalan, wesel, dsb.

Banyak pembuat tata letak memilih operasi digital daripada desain DC yang lebih tradisional. Sistem yang sudah distandardisasi adalah Digital Command Control (DCC). Keuntungan untuk DCC adalah bahwa tegangan lintas konstan (biasanya dalam kisaran 20 volt AC) dan throttle mengirim sinyal listrik ke kartu sirkuit kecil, atau decoder, tersembunyi di dalam peralatan yang mengendalikan beberapa fungsi lokomotif individu, termasuk kecepatan, arah perjalanan, lampu, asap, dan berbagai efek suara. Hal ini memungkinkan operasi yang lebih realistis karena setiap pemodel dapat mengoperasikan sendiri-sendiri beberapa lokomotif di jalur yang sama. Terkadang sistem berbasis sumber tertutup juga ada. Beberapa produsen menawarkan perangkat lunak yang dapat memberikan kontrol tata letak DCC pada komputer.

Dalam skala besar, terutama untuk kereta api taman, kontrol radio dan DCC telah menjadi populer.

Pada budaya populer[sunting | sunting sumber]

Model Railway disease
  • Pada Hinterland musim pertama, episode 4 ("The Girl in the Water"), seorang setengah-pertapa yang tinggal dan bekerja di stasiun kereta Borth memelihara sebuah kereta model yang dibuat dengan komponen-komponen yang dibuat khusus; set dan komponen tertentu berkontribusi pada kematian serta memberikan petunjuk penting untuk investigasi pembunuhan. Selama penyelidikan, DCI Tom Mathias mengungkapkan bahwa mendiang saudaranya adalah seorang pecinta kereta model.
  • Dalam The Sopranos, Bobby Baccalieri adalah seorang pecinta kereta model. Dia ditampilkan mengenakan topi pet masinis saat bermain dengan kereta model di garasinya. Dalam episode kedua dari belakang seri, "The Blue Comet", dinamai berdasarkan kereta api tersebut, Bobby dipukul saat berbelanja di Traintown.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Hollowood, Russell (9 April 2014). "Model students mark record for world's oldest working model railway". National Railway Museum (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 14 February 2019. 
  2. ^ "TMRR". trainmountain.org. 
  3. ^ http://banburyconnections.weebly.com.  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan)
  4. ^ "Home". themodelrailwayclub.org. 
  5. ^ "HMRS: HMRS". hmrs.org.uk. 
  6. ^ "MODELING IN SCALE – Dimensions, Conversion Charts, Sizes, F.A.Q.s". www.oakridgehobbies.com. Diakses tanggal 2016-11-17. 
  7. ^ "Best Photos of Model Train Scales Chart - Scale Model Conversion Chart, Model Railroad Scales Comparison and Scale Model Trains / sawyoo.com". www.sawyoo.com. Diakses tanggal 2016-11-17. 
  8. ^ "Bragdon Enterprises – Geo Foam Instructions". Bragdonent.com. Diakses tanggal 2012-05-05. 
  9. ^ "Ultraminiature Live Steam". 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]