Granit

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Sebuah dinding dengan granit.

Granit adalah jenis batuan intrusif, felsik, igneus yang umum dan banyak ditemukan. Sebagian besar granit bertekstur keras dan kuat, dan oleh karena itu banyak digunakan sebagai batuan untuk konstruksi. Kepadatan rata-rata granit adalah 2,75 gr/cm³ dengan jangkauan antara 1,74 dan 2,80. Kata granit berasal dari bahasa Latin granum.[1]

Meja granit sebagai bidang acuan dalam proses pengukuran

Dalam bidang industri dan rekayasa, granit banyak dipakai sebagai bidang acuan dalam berbagai pengukuran dan alat pengukur. Hal ini dikarenakan granit bersifat kedap air, kaku (rigid), non-higroskopis dan memiliki koefisien ekspansi termal yang sangat rendah. Salah satu penerapannya adalah pada mesin pengukur koordinat (Coordinate Measuring Machine) yang menggunakan granit sebagai meja atau bidang acuan, dengan tujuan untuk menjamin keakuratan konstruksi CMM yang dibuat sangat kaku (rigid).[2]

Industri[sunting | sunting sumber]

Salah satu tambang batu granit yaitu berada di Taivassalo, Finlandia. Saat ini industri granit dan marmer dianggap sebagai salah satu industri tertua di dunia, yang sudah ada sejak Mesir Kuno.[3] Cina, India, Italia, Brasil, Kanada, Jerman, Swedia, Spanyol, dan Amerika Serikat merupakan negara-negara eksportir granit modern utama. [4]

Panjat tebing[sunting | sunting sumber]

Granit merupakan salah satu batuan yang paling dihargai oleh para pendaki karena kecuraman, kesehatan, sistem retak, dan gesekannya.

Beberapa tempat terkenal yang digunakan untuk panjat tebing diantaranya yaitu

  1. Lembah Yosemite yang terletak di Sierra Nevada, California, Amerika Serikat.
  2. Pegunungan Bugaboo di Kanada.
  3. Mont Blanc di pegunungan Alpen, Eropa barat (termasuk Aiguille du Dru, Pegunungan Morne, Pegunungan Alpen Adamello-Presanella, Aiguille du Midi, dan Grandes Jorasses)

Panjat tebing granit sangat populer sehingga banyak dinding panjat tebing buatan yang ditemukan di pusat kebugaran dan taman hiburan dibuat agar terlihat dan terasa seperti granit.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi [5][sunting | sunting sumber]

  1. ^ Page, Geology (2019-05-16). "Granite Rocks : What Is Granite Rock And How Is It Formed?". Geology Page (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-12-02. 
  2. ^ Robin. "Everything You Should Know About Coordinate Measuring Machine". wordpress (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-12-02. 
  3. ^ Nemerow, Nelson L.; Agardy, Franklin J.; Salvato, Joseph A. (2009-01-27). Environmental Engineering: Environmental Health and Safety for Municipal Infrastructure, Land Use and Planning, and Industry (dalam bahasa Inggris). John Wiley & Sons. hlm. 40. ISBN 978-0-470-08305-5. 
  4. ^ Nemerow, Nelson L.; Agardy, Franklin J.; Salvato, Joseph A. (2009-01-27). Environmental Engineering: Environmental Health and Safety for Municipal Infrastructure, Land Use and Planning, and Industry (dalam bahasa Inggris). John Wiley & Sons. hlm. 585. ISBN 978-0-470-08305-5. 
  5. ^ "Granite: Igneous Rock - Pictures, Definition & More". geology.com. Diakses tanggal 2020-12-02. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]