McDonnell Douglas X-36

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
McDonnell Douglas X-36
Boeing-X36-InFlight.jpg
X-36 semasa penerbangan
Tipe Pesawat eksperimenal
Terbang perdana 17 Mei 1997

McDonnell Douglas X-36 merupakan sebuah pesawat eksperimental tempur lincah tanpa ekor. Ini adalah sebuah pesawat jet prototipe berskala kecil yang dirancang untuk terbang tanpa memerlukan pesawat ekor seperti pada kebanyakan pesawat biasa.

Untuk mengontrol pesawat ini, sayap kanard depan akan digunakan selain aileron belahan dan nozel mesin dorong maju untuk mengontrol arah. Pesawat X-36 adalah tidak stabil pada bidang anggulan dan olengan , maka sistem kontrol terbang-dengan-kabel digital canggih digunakan untuk mengontrol kestabilan pesawat.

X-36 berukuran 28% dibandingkan skala pesawat tempur dan ia dikendalikan oleh pilot dalam kokpit stasiun maya di darat. Penglihatan disediakan melalui kamera video yang dipasang di hidung pesawat. Pesawat ini diterbangkan pertama kalinya pada 17 Mei 1997 , dan berhasil membuat 31 penerbangan penelitian. Ini dapat dikendalikan dengan baik, dan program ini dilaporkan memenuhi atau melampaui semua tujuan proyek. Terkadang pesawat ini mengacu pada Boeing X-36, oleh karena program tes masih berlangsung saat McDonnell Douglas bergabung dengan Boeing Company. Pada gambar sebelah, X-36 membawa lambang Boeing.

Spesifikasi (X-36)[sunting | sunting sumber]

X-36 3-view drawing.png

Ciri-ciri umum

Kinerja

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]