Orbital Sciences X-34

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Orbital Sciences X34.jpg

Orbital Sciences X-34 dimaksudkan sebagai testbed murah untuk menunjukkan "teknologi kunci" integratable dengan program Reusable Launch Vehicle. Hal itu dimaksudkan untuk menjadi kerajinan tanpa pilot otonom didukung oleh mesin roket cair 'Fastrac' mampu mencapai Mach 8, dan melakukan 25 penerbangan uji per tahun.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

X-34 dimulai sebagai program untuk mendemonstrasikan teknologi reusable-roket suborbital. Pada awal tahun 2001, kendaraan penerbangan pertama adalah hampir selesai, tetapi program ini berakhir setelah NASA menuntut perubahan desain yang cukup besar tanpa pendanaan lebih lanjut. Kontraktor, Orbital Sciences, menolak untuk membuat perubahan. Untuk saat ini, proyek tersebut telah mencakup pengeluaran hanya di bawah $ 112.000.000: $ 85.7M dari kontrak awal dengan desainer Orbital Sciences, $ 16 juta dari NASA dan berbagai instansi pemerintah untuk pengujian, dan $ 10M tambahan untuk Orbital Sciences untuk beradaptasi L-nya 1011 operator untuk mengakomodasi X-34. Program ini secara resmi dibatalkan oleh NASA pada tanggal 1 Maret 2001. Prototipe unpowered hanya digunakan untuk penarik dan tes penerbangan tawanan ketika proyek itu dibatalkan.

Dua demonstran tetap dalam penyimpanan di Edwards Air Force Base sampai November 16, 2010, ketika kedua X-34s dipindahkan dengan ekor vertikal mereka dihapus dari Dryden ke hanggar yang dimiliki oleh sekolah National Test Pilot di Mojave, California. Mereka harus diperiksa, dan NASA sedang menyelidiki kemungkinan mengembalikan mereka ke status penerbangan.

Referensi[sunting | sunting sumber]