Northrop Grumman X-47A Pegasus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
X-47A rollout.jpg

Northrop Grumman X-47 adalah pesawat militer nirawak demonstrasi buatan Northrop Grumman Amerika Serikat. X-47 dimulai sebagai bagian dari program DARPA J-UCAS, dan kini menjadi bagian dari program UCAS-D Angkatan Laut Amerika Serikat untuk membuat pesawat nirawak berbasis kapal induk.[1][2][3]

Kendaraan asli membawa penunjukan X-47A Pegasus, sedangkan pada versi angkatan laut adalah X-47B.[4]

Angkatan Laut AS tidak berkomitmen untuk upaya UCAV praktis sampai pertengahan 2000, ketika layanan memberikan kontrak masing-masing sebesar US $ 2 juta kepada Boeing dan Northrop Grumman untuk program eksplorasi konsep 15 bulan. Pertimbangan desain untuk UCAV angkatan laut termasuk menangani lingkungan air asin yang korosif, penanganan dek untuk peluncuran, integrasi dengan sistem komando dan kontrol, dan operasi di lingkungan interferensi elektromagnetik tinggi kapal induk. Angkatan Laut juga tertarik menggunakan UCAV mereka untuk misi pengintaian, menembus wilayah udara terlindungi untuk mengidentifikasi target serangan.

Angkatan Laut kemudian memberi Northrop Grumman kontrak untuk demonstran UCAV angkatan laut dengan penunjukan "X-47A Pegasus", pada awal 2001. Kendaraan bukti-konsep X-47A dibangun di bawah kontrak oleh Burt Rutan Scaled Komposit di Mojave Spacepor. X-47A ditenagai oleh mesin turbofan high-bypass kecil tunggal Pratt & Whitney Canada JT15D-5C dengan daya dorong 3.190 lbf (14,2 kN). Badan pesawat X-47A dibangun dari material komposit, dengan konstruksi yang disubkontrakkan ke perusahaan Scaled Composites Burt Rutan, yang memiliki keahlian dan peralatan untuk melakukan pekerjaan itu dengan biaya murah. Badan pesawat terdiri dari empat rakitan utama, terbagi di tengah dengan dua rakitan di atas dan dua di bawah.

X-47A diluncurkan pada 30 Juli 2001 dan melakukan penerbangan pertamanya pada 23 Februari 2003 di Naval Air Warfare Center di China Lake, California. Program uji terbang tidak melibatkan pengiriman senjata, tetapi Pegasus memiliki dua ruang senjata, satu di setiap sisi mesin, yang masing-masing dapat diisi dengan satu bom dummy seberat 500 pon (225 kg) untuk mensimulasikan beban penerbangan operasional. Pegasus juga digunakan untuk mengevaluasi teknologi pendaratan dek kapal induk, meskipun demonstran tidak memiliki tailhook. Masalah lain yang terkait dengan operasi kapal induk melibatkan penambahan ikatan dek tanpa mengorbankan karakteristik siluman, dan merancang panel akses sehingga tidak akan tertiup angin atau rusak oleh angin kencang yang bertiup melintasi dek kapal induk. Program J-UCAS dihentikan pada Februari 2006 setelah Kaji Ulang Pertahanan Quadrennial militer AS. US Air Force dan US Navy melanjutkan dengan program UAV mereka sendiri. Angkatan Laut memilih X-47B Northrop Grumman sebagai program Unmanned Combat Air System Demonstrator (UCAS-D).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Northrop Grumman Capitol Source (19 July 2002). Northrop Grumman's X-47A Pegasus Unmanned Vehicle Successfully Completes First Taxi Test. Siaran pers. Diarsipkan 2003-06-22 di Wayback Machine.
  2. ^ "DARPA And Navy Select Naval UCAV Contractors". DefenseLink. United States Department of Defense. 30 June 2000. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2006-08-26. 
  3. ^ "X-47 Pegasus Naval Unmanned Combat Air Vehicle (UCAV-N), USA". Airforce-Technology.com. Diakses tanggal 11 June 2009. [tepercaya?]
  4. ^ Sweetman, Bill (26 May 2008). "Ultra Stealth". Aviation Week. Diarsipkan dari versi asli tanggal 12 August 2011. Diakses tanggal 21 April 2020.