Ma'amoul

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Ma'amoul
Mamoul biscotti libanesi.jpg
JenisHidangan penutup
Bahan utamaSemolina, kurma, pistachio atau kenari
Ma'amoul di Naschmarkt Wina

Ma'amoul (bahasa Arab: معمولma‘mūl [mɑʕmuːl]) adalah pastri shortbread kecil yang diisi dengan kurma, pistachio atau kenari (atau secara khususnya almond, ara, atau isian lainnya). Hidangan tersebut berbentuk bola atau kubah atau kue datar. Hidangan tersebut dapat dihias dengan tangan atau dibuat dengan kapang kayu khusus. Ma'amoul dengan isian kurma sering kali dikenal sebagai menenas, dan terkadang dibuat dengan bentuk gulungan kurma ketimbang bola atau kue.

Hidangan tersebut sangat populer di Yordania, Palestina, Suriah, Lebanon, dan negara-negara Levantine lainnya, dan sangat dikenal di Negara-Negara Teluk Persia, dimana terdapat versi komersial yang dikemas dari pastri tersebut.

Beberapa rumah tangga menyimpan sebuah stok dari makanan tersebut setiap tahun, namun biasanya digunakan pada perayaan-perayaan keagamaan.

Karabij[sunting | sunting sumber]

Terdapat versi yang lebih beragam yang dikenal sebagai Karabij (Kerebiç dalam bahasa Turki), yang digunakan pada perayaan-perayaan khusus. Dalam hidangan ini, bola ma'amoul isi kacang ditumpuk menjadi sebuah piramida dan disajikan dengan krim putih yang disebut Naatiffe yang terbuat dari putih telur, sirup gula dan soapwort (Saponaria officinalis). Hidangan tersebut populer di Suriah, Lebanon, dan negara-negara Levantine lainnya.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Templat:Masakan Lebanon