Langowan Timur, Minahasa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Langowan Timur
Kecamatan
Negara Indonesia
ProvinsiSulawesi Utara
KabupatenMinahasa
Pemerintahan
 • CamatSisca Maseo, MAP
Luas13,7 km²
Kepadatan1693,07 jiwa/km²
Desa/kelurahan10 desa dan 51 dusun/jaga

Langowan Timur adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara, Indonesia. Kecamatan ini adalah kecamatan induk (Kecamatan Langowan) yang kemudian dimekarkan menjadi tiga kecamatan yakni Kecamatan Langowan Timur, Kecamatan Langowan Barat dan Kecamatan Langowan Selatan.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Letak kecamatan ini sangat strategis karena merupakan pusat pertumbuhan ekonomi di bagian tengah Kabupaten Minahasa. Di kecamatan ini terdapat sejumlah pertokoan, pasar, dan terminal. Karena itu, Kecamatan Langowan Timur menjadi pusat mobilitas barang dan jasa. Daerah ini pun merupakan daerah transit ekonomi dan lintasan perhubungan jalur tengah provinsi, yang menghubungkan sejumlah kabupaten dan kota.

Batas wilayah[sunting | sunting sumber]

Berikut merupakan batas wilayah Kecamatan Langowan Timur:

Utara Kecamatan Kakas Barat
Timur Kecamatan Kakas Barat
Selatan Kecamatan Langowan Selatan
Barat Kecamatan Langowan Utara dan Kecamatan Langowan Barat

Wilayah administrasi[sunting | sunting sumber]

Kecamatan Langowan Timur terbagi menjadi beberapa desa, yaitu:

Penduduk[sunting | sunting sumber]

Jumlah penduduk Kecamatan Langowan Timur sesuai hasil Pendaftaran Pemilih dan Pendataan Penduduk Berkelanjutan (P4B) tahun 2004 adalah 17.715 orang, dengan 5.243 kepala keluarga.

Ekonomi[sunting | sunting sumber]

Pertanian[sunting | sunting sumber]

Produk utama pertanian Kecamatan Langowan Timur antara lain adalah jagung, cengkih, kelapa, sayur-mayur dan tanaman hortikultura, dll. Selain itu ekonomi mereka di perkuat dengan perdagangan dan pusat perdagangan nya berada di pusat pasar minhasa yaitu pasar langowan yang menjadi pusat perdagangan selain itu juga langowan terkenal dengan cap tikus. Cap tikus merupakan minuman tradisional Minahasa yang mengandung alkohol berkadar tinggi Cap tikus yang dibuat dari nira aren yang prosesnya sagatlah rumit. cap tikus juga termasuk kategori minuman keras (Miras) ter-tinggi. yang kadar alkoholnya bisa mencapai 80%.

Pariwisata[sunting | sunting sumber]

Kecamatan Langowan Timur terkenal akan Pasar Langowannya yang menyediakan bermacam-macam kebutuhan untuk masakan khas Minahasa, seperti: tikus ekor putih, ular, babi hutan, bebek, ayam,kodok/katak,Biawak,paniki,RW / anjing dll. kecamatan langowan timur terkenal juga dengan makanannya,, wisata kuliner Exterim yang membuat lidah orang menjadi terasa terbakar.. adapun jenis makanan yang paling terkenal yaitu, bebek langowan,yang bumbu-bumbunya di olah dari berbagai jenis rempah-rempah,, ikan bebek buatan orang langowan terkenal juga di manca-negara seperti Amerika serikat,

Di Wolaang, terdapat satu-satunya lapangan terluas di Langowan yaitu Lapangan Schwarz Langowan, dan di sebelah lapangannya terdapat kuburan dari Johan Gotliebb Schwarz, seorang penginjil pertama di Langowan yang berasal dari Belanda.

Potensi wilayah[sunting | sunting sumber]

Kecamatan Langowan Timur mempunyai sejumlah industri yang berpotensi untuk dikembangkan lebih jauh, seperti misalnya pembuatan sendok dan garpu di Sumarayar, Karondoran dan Amongena I, pembuatan kue bola roda di Teep dan pembuatan minuman khas daerah Minahasa Cap Tikus di Teep dan drum Cap Tikus serta minyak tanah di Wolaang.

Di kecamatan ini juga terdapat sejumlah tempat penambangan yaitu penambangan batu putih dan teras di Desa Toraget, panas bumi di wilayah Desa Tempang dan Toraget, serta kaolin di Toraget pula.