Langgai Tinggang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Langgai Tinggang
COLLECTIE TROPENMUSEUM Zwaard met schede TMnr A-6705.jpg
Langgai Tinggang, sebelum 1894.
Jenis Pedang
Negara asal Kalimantan:
Indonesia (Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah)
Malaysia (Sarawak)
Sejarah pemakaian
Digunakan oleh Suku Dayak (Suku Iban)
Spesifikasi
Tipe pedang Satu mata, melengkung
Tipe gagang Tanduk rusa, kayu
Jenis sarung Kayu

Langgai Tinggang (disebut juga Langgai Tinggan, Langgi Tinggang, Mandau Langgi Tinggan) adalah pedang tradisional orang Dayak Laut, yang berasal dari Kalimantan. Namanya berarti "bulu ekor terpanjang dari burung enggang".[1][2]

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Pedang ini hampir identik dengan niabor, tetapi gagangnya mirip dengan mandau. Bilahnya memiliki tepi dan punggung yang melengkung. Pada kedua sisinya terdapat "rusuk" yang memanjang dari pelindung jari ke ujungnya. Pelindung jarinya lebih kecil daripada niabor dan lebih menjauh dari gagangnya. Tidak seperti pelindung jari pada niabor, langgai tinggang memiliki pelindung jari yang mirip dengan mandau.[3] Fitur lain yang membedakan langgai tinggang dari niabor adalah ujung gagang langgai tinggang yang selalu dihias dengan rambut hewan.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Royal Anthropological Institute of Great Britain and Ireland, JSTOR (1901). Journal of the Royal Anthropological Institute of Great Britain and Ireland, Volume 31. The Institute. 
  2. ^ Alex Archer (2008). Provenance: Rogue Angel. Gold Eagle. ISBN 1-4268-1425-9. 
  3. ^ Albert G Van Zonneveld (2002). Traditional Weapons of the Indonesian Archipelago. Koninklyk Instituut Voor Taal Land. ISBN 90-5450-004-2.