Koraibi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Koraibi

Koraibi adalah perisai tradisional yang berasal dari kepulauan Mentawai, Indonesia.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Koraibi adalah tameng yang terbuat dari kayu sepanjang 1 m dan lebar 30 cm. Koraibi ini dulu dipergunakan untuk menangkis serangan panah, tombak dan parang dari musuh. Orang Mentawai memakai koraibi untuk menjaga diri dari serangan musuh, baik musuh yang langsung berhadapan maupun musuh yang sembunyi-sembunyi. Bentuk koraibi seperti motif kepala buaya. Dan diukir sedemikian rupa sehingga tampak gagah dan cocok untuk koraibi.

Secara umum koraibi dihiasi dengan pola geometris yang dilukis di perisai. Lukisan-lukisan yang dipasang di kedua sisi perisai, dan biasanya didominasi warna merah, hitam dan putih. Model yang paling banyak digunakan adalah spiral. Tapi ada juga penggambaran sosok manusia . Warna-warna perisai dari pewarna alami, dimana warna merah didapat dari pohon kalumalang. Karena perang suku di awal abad 20 hampir tidak ada maka Koraibi juga semakin langka ditemui di daerah asalnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Albert G. van Zonneveld, Traditional weapons of the Indonesian archipelago, Verlag C. Zwartenkot Art Books, 2001, Seite 76, 77, ISBN 978-90-5450-004-9