Pedang Luwuk

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Pedang Luwuk

Pedang Luwuk adalah pedang pendek dari pulau Jawa. Pedang ini ditemukan terutama di Jawa Timur dan Jawa Tengah. Konon pedang ini dinamakan Pedang Luwuk, karena dibuat oleh seorang Empu yang bernama Ki Luwuk, Ki Luwuk konon berasal dari Luwuk (Kedatuan Luwu) sebuah kerajaan kuno di Sulawesi Selatan. Pedang ini dipercayai mempunyai daya magis karena dibuat dengan ritual khusus. Pedang ini telah ada dari masa Majapahit, pedang luwuk tercatat sebagai salah satu senjata mematikan dalam Perang Paregreg. Pedang luwuk hanya boleh digunakan oleh kalangan bangsawan atau ksatria di Jawa waktu itu.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Luwuk adalah pedang bermata satu yang lurus. Bagian bilah pedang (wilah) dari pangkal sampai ujung mempunyai lebar yang sama, tapi ada juga pedang luwuk yang bagian pangkal wilah lebih kecil dari bagian tengah wilah. Bilah (wilah) pedang ini terbuat dari besi pamor atau baja damaskus. Di bagian ujung wilah berbentuk lancip seperti pisau. Gagang pedang luwuk ini terbuat dari kayu atau tanduk. Panjang keseluruhan pedang luwuk ini tidak lebih dari 85 cm.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Albert G. van Zonneveld, Traditional weapons of the Indonesian archipelago, Verlag C. Zwartenkot Art Books, 2001, Seite 84, ISBN 978-90-5450-004-9

Pranala luar[sunting | sunting sumber]