Kvass

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Kvass
Mint bread kvas.jpg
Kvass
Asal
Nama lain Квас, kwas chlebowy atau хлібний квас (bread kvass), gira, dzira, kali, kvas
Daftar asal Eropa Timur
Dari daerah Eropa Timur, negara-negara Baltik, Kaukasus Utara, Asia Tengah, Xinjiang, Heilongjiang
Detail
Jenis makanan Minuman
Penyajian Suhu ruangan atau dingin
Bahan utama roti hitam, air, adonan asam, ragi, gula
Variasi Diberi rasa buah

Kvass adalah minuman fermentasi tradisional Slavia dan Baltik yang umumnya terbuat dari roti hitam.[1] Warna roti tersebut menjadi warna minuman yang dihasilkan. Minuman ini digolongkan sebagai minuman non-alkohol berdasarkan standar Rusia, karena kadar alkohol yang didapat dari fermentasi biasanya rendah (0,5–1,0%).[2][3] Minuman ini mungkin diberi rasa buah seperti stroberi dan kismis, atau diberi rempah-rempah seperti mint.[4]

Minuman ini populer di negara-negara "Slavia Utara" (kecuali Republik Ceko dan Slowakia) serta Latvia, Lituania, Estonia and Serbia. Minuman ini juga dikenal di Mongolia, Georgia, Azerbaijan, Kirgizstan, Tajikistan, Kazakhstan, Uzbekistan dan Armenia. Kvass juga terkenal di Harbin[5] dan Xinjiang, Tiongkok, yang terpengaruh oleh budaya Rusia.

Banyak penjaja kvass yang menjual minuman ini di jalanan.[6]

Asal kata[sunting | sunting sumber]

Kata kvass berasal dari bahasa Slavonik Gereja Lama квасъ dari bahasa Proto-Slavia *kvasъ ('daun', 'minuman fermentasi') dan pada akhirnya dari bahasa Proto-Indo-Eropa kwat.[7][8] Saat ini minuman ini dijuluki dengan nama yang hampir sama dalam bahasa Belarusia: квас, kvas; Tionghoa: 格瓦斯/克瓦斯, géwǎsī/kèwǎsī; Latvia: kvass; Polandia kwas chlebowy ('kvass roti'); Rusia: квас, kvas; dan Ukraina: квас/хлібний квас/сирівець, kvas/khlibny kvas/syrivets. Nama yang berbeda dari yang lain adalah gira dalam bahasa Lituania (berarti "minuman", mirip dengan dzira dalam bahasa Latvia) dan Estonia kali.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Kvass merupakan minuman yang populer di Eropa Timur semenjak Abad Pertengahan. Kata "kvass" sendiri pertama kali disebutkan dalam sebuah kronik yang berjudul Pověstĭ Vremęnĭnyhŭ Lětŭ dari tahun 996 setelah Kristenisasi Rus' Kiev.[9] Menurut Kamus Merriam-Webster dan Kamus Inggris Oxford, kata kvass pertama kali disebutkan dalam buku berbahasa Inggris sekitar tahun 1553.[10][11] Pada masa kekuasaan Tsar Pyotr yang Agung dI Rusia, minuman ini adalah minuman non-alkohol paling populer di setiap golongan masyarakat.[12]

Cara pembuatan[sunting | sunting sumber]

Kepingan roti, biasanya roti hitam, dibakar dalam oven hingga kering seperti biskut. Beberapa produsen membakar roti mereka sampai hampir hangus; hal ini membuat rasanya menjadi lebih tajam dan warnanya menjadi lebih gelap.

Kepingan roti ini kemudian diletakkan di dalam sebuah wadah dan dituang air mendidih. Campuran ini ditutup dengan kain bersih dan dibiarkan antara 4 sampai 12 jam tergantung pada volume cairan, kemudian disaring (potongan roti dibuang atau didaur ulang sebagai makanan hewan ternak.)

Air roti ini dicampur dengan gula dan kultur ragi, kemudian ditutup kembali dengan kain dan dibiarkan selama 4 sampai 12 jam lagi untuk proses fermentasi utama. Pada akhir fermentasi tahap pertama, campuran tersebut disaring lagi kemudian dituang ke dalam botol-botol dan ditutup rapat. Mint, madu, kismis atau buah "berry" lain dapat dimasukkan untuk menambah rasa.

Botol-botol tersebut dibiarkan di tempat yang gelap selama 3 sampai 5 hari untuk fermentasi sekunder. Setelah itu cairan disaring ketiga kalinya untuk membuang ragi yang berlebihan (serta sisa-sisa buah atau daun mint jika ada yang digunakan), kemudian disimpan di dalam lemari es selama beberapa jam. Kvass kini siap untuk diminum.

Kvas tradisional atau yang dibuat di rumah dimaksudkan untuk diminum segera setelah siap diseduh karena tidak dapat bertahan lama - 2 atau 3 hari jika tidak didinginkan, atau seminggu jika disimpan di dalam lemari es. Kvass komersial yang dimasukkan ke dalam botol biasanya mengandung sedikit bahan pengawet sehingga lebih tahan lama.

Khasiat dan nutrisi[sunting | sunting sumber]

Kvass mengandungi jumlah alkohol yang sangat kecil (hampir sama dengan tape). Minuman ini kaya akan vitamin B berkat kandungan raginya. Ada beberapa versi kvass yang tidak menyaring ragi ketika proses fermentasi, sehingga kandungan vitamin B dalam kvass ini tentunya lebih tinggi. Selain itu kvass juga mengandung mineral Gallium yang membantu mencegah penyakit darah tinggi, serta asam amino dan protein.[13] Kvass juga mengandung probiotik yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh serta meringankan masalah usus.[14]

Minuman yang serupa dengan kvass[sunting | sunting sumber]

Minuman-minuman tradisional yang hampir serupa dengan kvas dapat ditemui di negara-engara lain:

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Julia Volhina (3 December 2011). "Kvass (Russian Fermented Rye Bread Drink)". EnjoyYourCooking. 
  2. ^ ГОСТ Р 52409-2005. Продукция безалкогольного и слабоалкогольного производства ("GOST Р 52409-2005. Production of non-alcoholic and mildly alcoholic products") (Rusia)
  3. ^ Ian Spencer Hornsey. A history of beer and brewing, page 8. Royal Society of Chemistry, 2003. "A similar, low alcohol (0.5–1.0%) drink, kvass … may be a 'fossil beer'".
  4. ^ Katz, Sandor (2003). Wild Fermentation. White River Junction, VA: Chelsea Green Publishing Company. hlm. 121. ISBN 1-931498-23-7. 
  5. ^ 哈尔滨特色饮料“格瓦斯”竞相亮相哈洽会
  6. ^ "Michael Jackson's Beer Hunter - Porter and kvass in St. Petersburg". beerhunter.com. 
  7. ^ Max Vasmer. Russisches etymologisches Wörterbuch. Winter, Heidelberg, 1953–1958 (in German). Russian translation by Oleg Trubachyov: Этимологический словарь русского языка. Progress, Moscow, 1964–1973. квас
  8. ^ Олег Николааевич Трубачёв и др. Этимологический словарь славянских языков. Академия наук СССР, Москва, т. 13 (1987), с. 153 (Oleg Trubachyov et al. Etymological dictionary of Slavic languages. USSR Academy of Sciences, Moscow, vol. 13 (1987), p. 153; in Russian)
  9. ^ The Russian Primary Chronicle, Laurentian Text Archived October 16, 2013, di the Wayback Machine., p.121. Translated and edited by Samuel Hazzard Cross and Olgerd P. Sherbowitz-Wetzor. Cambridge, MA: The Mediaeval Academy of America, 1953.
  10. ^ Kvass in Merriam Webster Dictionary
  11. ^ Kvass in Oxford English Dictionary. c 1553 Chancelour Bk. Emp. Russia in Hakluyt Voy. (1886) III. 51 Their drinke is like our peny Ale, and is called Quass.
  12. ^ Tooke, William (1799), View of the Russian empire during the reign of Catharine the Second, and to the close of the present century, Volume 1, Piccadilly: T.N. Longman and O. Rees, Pater-Noster-Row, and J. Debrett, hlm. 362 
  13. ^ "A. Le Coq, Kvass". 15 Agustus 2012. 
  14. ^ "Kvass: What is this popular Russian drink, is it good for you & why is Coca Cola getting in the act?". 15 Ogos 2012.