Daun janggut

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Mint)
Daun janggut
Mentha longifolia
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Divisi:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Tribus:
Genus:
Mentha

Spesies

Lihat teks

Janggut atau poko[1] (Inggris: mint; dari bahasa Yunani: μίνθα, translit. míntha; nama ilmiah Mentha) adalah genus tumbuhan dalam famili Lamiaceae. Pembagian spesies dalam genus Mentha tidak memiliki batasan yang jelas. Menurut sumbernya, jumlah spesies dapat berkisar antara 13 hingga 24. Persilangan alami yang sering terjadi membuat persebaran beberapa spesies saling tumpang tindih. Banyak varietas hibrida dan kultivar dari tumbuhan ini yang diketahui.

Tumbuhan daun janggut tersebar luas dan merata di Eropa, Afrika, Asia, Australia, dan Amerika Utara. Kebanyakan tumbuh dengan baik di lingkungan yang basah dengan tanah yang lembab. Daun janggut dapat tumbuh setinggi 10–120 cm dan dapat menyebar ke segala tempat, termasuk tempa-tempat yang tidak diperuntukkan bagi tanaman ini. Karena sifat ini, daun janggut sering dianggap sebagai tumbuhan invasif. Daun janggut sering digunakan atau diolah sebagai makanan, minuman, pasta gigi, permen karet, dan permen.

Peristilahan[sunting | sunting sumber]

Tumbuhan janggut juga disebut sebagai bijanggut, poko, atau pudina.

Taksonomi[sunting | sunting sumber]

Spesies[sunting | sunting sumber]

Karangan bunga semu dari spesies Mentha spicata.

Hingga Desember 2020, Plants of the World Online mengakui spesies berikut ke dalam genus Mentha:[2]

Hibrida[sunting | sunting sumber]

Hibrida Mentha × piperita.

Tumbuhan daun janggut juga memiliki sejumlah hibrida yang diakui. Sejumlah hibrida yang diakui oleh Plants of the World Online dimuat dalam daftar di bawah ini.[2] Nama spesies induk berasal dari Tucker & Naczi (2007).[3] Nama sinonim, beserta kultivar dan varietas yang ada, dimuat dalam notospesies (hibrida yang disilangkan langsung dari dua spesies nonhibrida) tertentu.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Respon Tanaman Poko (Mentha arvensis. L) Terhadap Berbagai Tingkat Pemupukan Kalium dan Nitrogen". 
  2. ^ a b "Mentha L". Plants of the World Online. Royal Botanic Gardens, Kew. Diakses tanggal 2019-07-15. 
  3. ^ Tucker, Arthur O.; Naczi, Robert F. C. (2007). "Mentha: An Overview of its Classification and Relationships". Dalam Lawrence, Brian M. Mint: The Genus Mentha. Boca Raton, Florida: CRC Press, Taylor and Francis Group. hlm. 1–39. ISBN 978-0-8493-0779-9. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]