Kota Bangun, Kutai Kartanegara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Kota Bangun
Kecamatan
Lokasi kotabangun kutai kartanegara.jpg
Peta lokasi Kecamatan Kota Bangun
Negara  Indonesia
Provinsi Kalimantan Timur
Kabupaten Kutai Kartanegara
Pemerintahan
 • Camat Drs. Mawardi
Luas 1.143,74 km²
Jumlah penduduk 33.579 jiwa (2016)
Kepadatan 29 jiwa/km²
Desa/kelurahan 20

Kota Bangun merupakan sebuah kecamatan yang terletak di wilayah pedalaman Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Kecamatan ini berjarak sekitar 82 Km perjalanan darat dari Tenggarong, ibukota kabupaten Kutai Kartanegara ke utara. Pusat pemerintahannya berada di Desa Desa Kota Bangun Ulu.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Kota Bangun merupakan salah satu permukiman tertua di Kabupaten Kutai Kertanegara, selain itu juga ada daerah Kutai (Kutai Lama), nama kedua daerah ini sudah ada disebut di dalam Hikayat Banjar yang bagian terakhirnya ditulis pada tahun 1663. Kota Bangun merupakan asal daerah Raden Aria Dikara ayah Gusti Barap, isteri Panembahan di Darat (mangkubumi dari Sultan Inayatullah).[1]

Geografi[sunting | sunting sumber]

Kecamatan Kota Bangun terletak antara 116º27' BT – 116º46' BT dan 0º07' LS – 0º36' LS dengan luas wilayah mencapai 1.143,74 km2. Sebagian wilayah kecamatan Kota Bangun dibelah oleh Sungai Mahakam dan Sungai Belayan serta terletak di tepi Danau Semayang dan Danau Melintang. Pola penyebaran penduduknya pun terkonsentrasi di sepanjang sungai maupun danau tersebut.

Batas wilayah[sunting | sunting sumber]

Batas-batas wilayahnya adalah sebagai berikut:

Utara Kecamatan Kenohan
Selatan Kecamatan Loa Kulu
Barat Kecamatan Muara Wis
Timur Kecamatan Muara Kaman dan Kecamatan Sebulu

Penduduk[sunting | sunting sumber]

Mayoritas Penduduk di Wilayah Kota Bnagun Adalah Suku Kutai, dan Sebagian Masyarakat Pendatang: {{ 70 Persen Penduduk Asli Kutai 10 Persen Suku Banjar 10 Persen Suku Jawa dan sisanya Suku Bugis dan Lain lain Roda Perekonomian di Gerakan dari Sektor Nelayan dan Perkebunan }}

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Melayu)Johannes Jacobus Ras, Hikayat Banjar diterjemahkan oleh Siti Hawa Salleh, Percetakan Dewan Bahasa dan Pustaka, Lot 1037, Mukim Perindustrian PKNS - Ampang/Hulu Kelang - Selangor Darul Ehsan, Malaysia 1990.