Kodomo no Jikan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Kodomo no Jikan
Kodomo no Jikan volume 1.jpg
Sampul depan manga Kodomo no Jikan volume 1
こどものじかん
GenreKomedi romantis
Manga
PengarangKaworu Watashiya
PenerbitFutabasha
Penerbit
Inggris
DemografiSeinen
MajalahComic High!
Terbit22 Mei 200522 April 2013
Volume13
Animasi video orisinal
SutradaraEiji Suganuma
StudioStudio Barcelona
Rilis12 September 2007
Durasi30 menit
Seri anime
SutradaraEiji Suganuma
StudioStudio Barcelona
Saluran
asli
Tayang 12 Oktober 2007 28 Desember 2007
Episode12 (Daftar episode)
Animasi video orisinal
Kodomo no Jikan 2 Gakki
StudioStudio Barcelona
Rilis 21 Januari 2009 24 Juli 2009
Episode4 (Daftar episode)
Animasi video orisinal
Kodomo no Jikan: A Child's Summer Time
StudioStudio Barcelona
Rilis21 Januari 2011
Durasi25 menit
Novel ringan
PengarangKaworu Watashiya
PenerbitFutabasha
DemografiMale
Terbit12 Januari 2012
Wikipe-tan face.svg Portal anime dan manga

Kodomo no Jikan (こどものじかん, arti harfiah: Masa Kanak-kanak) merupakan serial manga Jepang yang ditulis dan diilustrasikan oleh Kaworu Watashiya. Ceritanya berpusat pada Daisuke Aoki, seorang guru sekolah dasar, yang masalah dalam cerita ini adalah salah satu siswinya, Rin Kokonoe, memiliki perasaan suka yang sangat besar kepadanya. Manga ini ditampilkan di majalah Comic High! Futabasha pada antara bulan Mei 2005 dan bulan April 2013. Manga ini telah dikompilasikan ke dalam 13 volume. Manga yang telah diterjemahkan ke dalam versi bahasa Inggris dilisensikan oleh Seven Seas Entertainment untuk disalurkan di Amerika Utara dengan nama Nymphet, namun perusahaan yang berbasis di Los Angeles pada akhirnya memutuskan untuk tidak menerbitkannya karena muncul kontroversi terhadap isi manga tersebut.[1]

Adaptasi anime sebanyak 12 episode ini ditayangkan di Jepang pada antara bulan Oktober dan Desember 2007. Karena isi tayangan anime ini disensor habis-habisan, namun anime yang dirilis dalam versi DVD tidak disensor. Musim kedua anime tersebut dirilis dalam empat episode animasi video asli pada antara bulan Januari dan Juli 2009. DVD anime asli ketiga dirilis pada bulan Januari 2011.

Alur cerita[sunting | sunting sumber]

Kodomo no Jikan menceritakan tentang Daisuke Aoki, seorang guru sekolah dasar yang berusia 23 tahun, yang baru mendapatkan pekerjaan pertamanya sebagai guru sekolah dasar di Sekolah Dasar Futatsubashi (Futatsubashi Shōgakkō). Ia menjadi wali kelas 3-1, yang salah satu siswinya bernama Rin Kokonoe, yang memiliki tingkah laku yang nakal dan dewasa sebelum waktunya. Rin tiba-tiba menyukai Aoki hingga menganggapnya sebagai kekasihnya. Pada awal kejadian tersebut, Aoki tidak mengacuhkan Rin karena tidak menganggapnya sebagai bahaya. Lambat laun, tingkah laku Rin semakin menjadi-jadi dalam mencari perhatian Aoki. Aoki sangat terkejut ketika Rin menggodanya secara seksual sehingga ia menduga jika Rin memiliki latar belakang dari keluarga yang bermasalah. Aoki menemukan bukti bahwa ibu Rin telah meninggal dan ia saat itu tinggal dengan paman yang juga memiliki pengalaman kekerasan pada masa lalunya.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Daisuke Aoki (青木 大介, Aoki Daisuke)
Pengisi suara: Junji Majima
Daisuke Aoki merupakan pemeran utama anime ini, berperan sebagai guru sekolah dasar dan menjadi wali kelas 3-1. Ia memiliki gagasan idealis terhadap pekerjaan itu, namun secara tiba-tiba ia berhadapan dengan keadaan yang rumit. Rin Kokonoe, salah seorang siswi yang memiliki karakter nakal dan centil, memiliki perasaan suka terhadapnya dan ia mengejar Aoki ke manapun ia pergi untuk mendapatkan perhatiannya. Karena pengalaman mengajarnya yang sedikit, Aoki merasa sulit mengatur Rin akan perilaku sindiran seksualnya, ditambah lagi dengan Kuro, teman dekat Rin, menyebut Aoki sebagai seorang bujang. Dengan masa kanak-kanak Aoki yang normal dan tidak pernah memiliki masalah, ia sukar memahami perilaku siswa-siswanya yang nakal. Sejak awal, Aoki memiliki hubungan batin dengan Rin, dan hubungan tersebut semakin lama semakin rumit, sehingga pada satu waktu, ia merasa takut berhadapan dengan Rin, namun pada waktu lain, ia menganggap Rin sebagai anak-anak.[2] Selain memiliki perasaan suka terhadapnya, Aoki secara naluri merasa harus melindungi Rin dalam setiap gerak-geriknya dan pada akhirnya ia berjumpa dengan paman Rin yang memiliki perilaku berbeda, Reiji Kokonoe, yang menjaga Rin sejak taman kanak-kanak.
Rin Kokonoe (九重 りん, Kokonoe Rin)
Pengisi suara: Eri Kitamura
Rin adalah siswi kelas tiga sekolah dasar yang menyukai guru wali kelasnya, Aoki. Ia memiliki perilaku nakal dan menyebut dirinya sebagai kekasih Aoki; ia akan melakukan apa saja untuk mendapatkan perhatian Aoki. Perilakunya telah berulang kali melewati batas moral, termasuk mengirimkan surat kaleng dan mencoba merayu Aoki (yang tidak mampu mencegah perilaku nakal Rin) dengan cara-cara seksual. Di balik tingkah lakunya yang nakal, ia memiliki rasa perhatian terhadap teman-temannya, dan mau melakukan apa pun untuk melindungi mereka. Perilakunya yang tidak baik juga berasal dari kejadian masa lampau yang ingin ia sembunyikan ketika ia masih menjadi seorang anak yang lemah dan rapuh.
Kuro Kagami (鏡 黒, Kagami Kuro)
Pengisi suara: Kei Shindō
Kuro merupakan teman dekat Rin, yang menjadi tangan kanan Rin dalam melakukan hal-hal yang nakal. Kuro juga memiliki pengetahuan seksual yang sama dengan Rin. Ia secara terang-terangan menyindir Aoki yang belum memiliki pengalaman seksual, naif, tidak dapat menerapkan kedisiplinan di dalam ruang kelas, dan ia menganggapnya sebagai seorang yang mesum, lolicon, dan lawan untuk mendapatkan perhatian Rin. Ia kadang-kadang mengusik Aoki secara fisik. Kekayakan keluarga Kagami memberikan keleluasaan kepada Kuro untuk mendapatkan apa yang ia inginkan, seperti tren busana, dan ia sering memakai pakaian dalam gaya lolita; kadang kala ia menggunakan telinga dan ekor nekomimi. Orang lain menganggap Kuro sebagai anak yang ingin memamerkan barang yang ia miliki, dan anak yang nakal, ia berhasil menjadi teman dengan Rin dan Mimi dan sangat ingin melindungi keduanya.
Mimi Usa (宇佐 美々, Usa Mimi)
Pengisi suara: Mai Kadowaki
Mimi merupakan anak yang pendiam, namun memiliki pengetahuan seksual yang tidak sesuai dengan usianya saat itu. Masalah bagi Mimi adalah menemukan identitas dirinya: karena sebagian besar karakter dalam dirinya hanya berpusat pada kualitas dirinya: apakah ia merasa tidak nyaman atau hal yang menonjol dari dirinya, seperti sikap rajin, tinggi tubuh, dan tidak menyukai olahraga dan aktivitas serupa, dan secara tidak umum ia sangat rendah hati kepada orang lain. Hal-hal tersebut membuat emosinya menjadi tidak stabil dan kadang-kadang ia menjadi depresi. Masalah yang ia hadapi sebenarnya berasal dari rasa malu yang tinggi, tidak tegas, dan tidak percaya diri, sehingga menjadi sasaran bagi para siswa yang menyindir dan mencemoohnya. Rin dan Kuro menjadi pembela Mimi ketika ia menjadi sasaran teman-temannya. Ia diam-diam menyukai paman Rin, Reiji.
Kyōko Hōin (宝院 京子, Hōin Kyōko)
Pengisi suara: Ryōko Tanaka
Kyōko merupakan seorang guru dan rekan Aoki di sekolah dasar tersebut. Ia berusaha memberikan perhatian kepada Aoki karena ia masih baru dengan pekerjaannya, dan diam-diam menyukai Aoki. Ia telah mengajak Aoki untuk berkencan, namun selalu tidak berhasil, biasanya berurusan dengan Rin. Ia sering dijuluki dengan "Boin" (ejekan dari "Hoin") sebab ia memiliki dada yang besar.
Reiji Kokonoe (九重 レイジ, Kokonoe Reiji)
Pengisi suara: Tomokazu Sugita
Reiji merupakan wali Rin sejak ibu Rin meninggal. Ia dan Rin memiliki ikatan yang erat, mirip dengan seorang ayah dan anak perempuan atau seorang saudara laki-laki dengan adik perempuannya. Dalam waktu singkat, ia jatuh cinta dengan ibu Rin sekaligus sepupu, Aki, sebelum ia meninggal. Setelah Aki meninggal, Rin menjadi tanggungannya. Reiji sangat melindungi Rin dan tidak menyukai Aoki sama sekali karena Rin menyukainya, sehingga membuat Reiji merasa cemburu.
Aki Kokonoe (九重 秋, Kokonoe Aki)
Pengisi suara: Yuri Amano
Aki merupakan ibu Rin, yang meninggal karena kanker paru-paru ketika usia Rin masih sangat muda. Ia menceritakan perihal Rin, yang ayah kandung Rin meminta Aki melakukan aborsi, namun ia menolak permintaan tersebut. Ia didiagnosis menderita kanker dari penyakit batuk yang tidak sembuh. Kanker tersebut mengancam nyawanya; demi Reiji dan Rin, ia tidak memberitahukan penyakit tersebut kepada keduanya. Setelah kanker tersebut sudah tidak dapat disembuhkan lagi, ia memberitahukan perihal kondisinya dan mempercayakan Rin kepada Reiji.

Media[sunting | sunting sumber]

Manga[sunting | sunting sumber]

Bagian pertama dari dua bagian awal Kodomo no Jikan tampil pada terbitan premier majalah manga seinen Futabasha Comic High! pada tanggal 2 Maret 2004.[3] Dengan adanya sambutan yang baik, Kaworu Watashiya, pengarangnya, membuat manga yang lebih lengkap. Serial tersebut dimulai pada tahun setelahnya di Comic High! tanggal 22 Mei 2005 dan ditampilkan hingga 22 April 2013.[4] Walaupun bagian awal yang disebutkan sebelumnya tidak dianggap dalam bagian serial yang sedang berjalan itu, pemeran utama, tema pusat, keadaan dan ide awal yang diperkenalkan diubah kembali dalam serial manga akhir–dan dimasukkan ke dalam serial selanjutnya–walaupun telah diubah sedikit dalam bagian-bagian tersebut.

Digital Manga telah melisensikan serial ini untuk diterbitkan di Amerika Utara, dan serial tersebut akan diterbitkan dalam bentuk omnibus di bawah cetakan Project-H.[5]

Drama audio[sunting | sunting sumber]

Acara radio internet bernama Kojika Radio, yang dibuat oleh Lantis Web Radio, Beat Net Radio!, dan situs web resmi Kodomo no Jikan, pada awalnya memiliki prasiaran pada tanggal 31 Agustus 2007, dan mulai menyiarkan secara berkala setiap minggu pada hari Jumat sejak 7 September 2007. Acara ini disiarkan oleh tiga penyiar radio, Eri Kitamura, Kei Shindō, and Mai Kadowaki, yang masing-masing memerankan Rin Kokonoe, Kuro Kagami, dan Mimi Usa dalam anime tersebut—dan diproduksi oleh Bandai Visual dan Lantis. Acara tersebut memiliki tiga bagian acara, yang secara umum mempromosikan versi anime.[6][7][8] CD berjudul Kojika Radio on CD: Aki Ensoku Hen dirilis oleh Lantis pada tanggal 21 November 2007, berisi pembicaraan pembuka dan penutup serta tujuh trek lain yang berasal dari acara radio internet.[9] CD drama dirilis pada tanggal 9 Januari 2008 oleh Lantis.[10]

Anime[sunting | sunting sumber]

Satu episode animasi video asli (original video animation; OVA) berdurasi 30 menit dan tanpa sensor dirilis pada tanggal 12 September 2007. OVA tersebut tersedia di situs web resmi anime tersebut dan dalam sebuah versi bundel yang tersedia terbatas dengan volume keempat manga. Serial anime, yang disutradarai oleh Eiji Suganuma dan diproduksi oleh studio animasi Studio Barcelona, pada awalnya dijadwalkan tayang di Jepang pada tanggal 11 Oktober 2007, namun dia stasiun televisi, TV Saitama dan Mie TV, menghapus siaran ini dari jadwal siaran mereka. Dalam sebuah siaran pers, TV Saitama menyatakan bahwa keputusan menghapus anime ini dipengaruhi oleh penangkapan Takayuki Hosoda, seorang kriminal pornografi anak yang ternyata adalah seorang wakil kepala sekolah dasar.[11] Rencana Chiba TV dan KBS Kyoto untuk menyiarkan serial ini tidak berubah sejak awal, dan anime tersebut disiarkan pada televisi Jepang pada tanggal 12 Oktober 2007, dengan 12 episode, hingga 28 Desember 2007. Namun, beberapa konten siarannya terpaksa disensor dalam berbagai tingkat, mulai dari adegan hingga efek suara yang mengaburkan percakapan yang dianggap tidak pantas. Versi tanpa sensor dari serial anime tersebut tersedia dalam DVD sebanyak 6 volume, masing-masing berisi dua episode. Volume DVD itu dirilis pada antara 21 Desember 2007[12] dan 23 Mei 2008.

Musim kedua anime diumumkan dan di dalam sebuah video promosi dimuat sebuah edisi khusus dari volume manga kelima yang diterbitkan pada tanggal 11 Juli 2008.[13] Anime musim ini dirilis dalam format animasi video asli sebanyak empat episode antara tanggal 21 Januari dan 24 Juli 2009. Adaptasi anime ketiga diumumkan pada sampul manga volume ke-8 pada bulan Mei 2010, dan dirilis pada tanggal 21 Januari 2011.[14]

Musik[sunting | sunting sumber]

Empat lagu tema digunakan untuk serial televisi anime ini: satu lagu pembuka dan tiga lagu penutup. Tema pembuka, yang digunakan dalam seluruh episode kecuali episode ke-12 yang tidak memiliki lagu pembuka, adalah Rettsu! Ohime-sama Dakko oleh Eri Kitamura, Kei Shindō, dan Mai Kadowaki, masing-masing dari mereka adalah pengisi suara untuk Rin Kokonoe, Kuro Kagami, dan Mimi Usa. Lagu penutup pertama, yang digunakan untuk seluruh episode kecuali dua episode, adalah Hanamaru Sensation oleh Little Non; lagu penutup kedua, yang hanya digunakan dalam episode keenam, adalah Yasashii oleh Chata; lagu ketiga sekaligus lagu penutup episode terakhir, yang hanya digunakan dalam episode ke-12 dan juga sebagai lagu pembuka, adalah Otome Chikku Shoshinsha desu, yang dinyanyikan oleh Eri, Kei, dan Mai. Lagu singel untuk tema lagu pembuka dirilis pada tanggal 24 Oktober 2007 oleh Lantis, dan lagu penutup pertama juga dirilis oleh Lantis pada tanggal 12 Oktober 2007.[15][16] Lagu tema anime dirilis pada tanggal 23 Januari 2008.[17]

Lagu pembuka dalam animasi video asli, yang sebelumnya disebut Otome Chikku Shoshinsha desu, dibenamkan dalam CD maxi single sebagai Rettsu! Ohime-sama Dakko sebagai lagu di sisi-B. Lagu penutup, Aijō◎Education oleh Little Non, diberi nama dengan Hanamaru Sensation dalam sisi-B CD singel tersebut. Tiga album lagu karakter anime ini dirilis oleh lantis pada tanggal 26 Desember 2007 sebagai Rin Kokonoe, Kuro Kagami, dan Mimi Usa, dibintangi oleh karya suara aktris pengisi suara mereka.[18][19][20]

Lagu tema pada musim kedua adalah Guilty Future oleh Kitamura.[21] Lagu tema penutup dalam setiap episode, selain episode ketiga, adalah 1,2,3 Day oleh Little Non.[22] Sedangkan lagu tema penutup untuk episode ketiga adalah Yoridori Princess oleh Eri, Kei, dan Mai. Sebuah album yang berisi semua musik dalam anime ini dirilis oleh Lantis pada tanggal 27 Januari 2010.[23]

Kritik dan kontroversi[sunting | sunting sumber]

Kodomo no Jikan awalnya dilisensikan untuk disalurkan di Amerika Utara pada tahun 2006 oleh perusahaan asal Los Angeles, Seven Seas Entertainment. Volume pertama manga ini telah mendapat kritikan sejak terbitan awal tahun 2007. Menurut Futabasha, judul Nymphet dipilih sebagai versi bahasa Inggris berdasarkan saran dari pembuat manga tersebut, Kaworu Watashiya.[24] Manga tersebut lalu menjadi sasaran kritikan setelah muncul pertanyaan mengenai kesesuaian isi manga tersebut kepada pembaca di Amerika Utara. Dalam pernyataan tertulisnya, presiden Seven Seas Entertainment, Jason DeAngelis, menemukan bahwa "mereka yang menolak Nymphet diduga terganggu dengan hubungan antara dua karakter dalam cerita, yaitu seorang siswa sekolah dasar dengan guru mereka" dan memutuskan untuk menunda penerbitan manga supaya ia dapat "berdialog terbuka dengan vendor dan penyalur buku."[25] Judul anime itu lalu dihapus seiring dengan pertimbangan tersebut, ketika DeAngelis mengatakan bahwa judul tersebut "tidak sesuai untuk Seven Seas untuk menerbitkan Nymphet," dan hal itu dapat membatalkan penerbitan manga tersebut.[1]

Dalam pernyataan keduanya tentang Nymphet, DeAngelis menjelaskan beberapa alasan di balik keputusan pembatalan penerbitan anime tersebut. Ia menyatakan bahwa, "alasan utama saya untuk membatalkan (penerbitan) Nymphet adalah kesadaran baru-baru ini bahwa volume sesudahnya dalam serial ini dianggap tidak sesuai untuk pasar Amerika Serikat berdasarkan standar apa pun." Ia juga memberikan bukti bahwa, "(vendor) mulai membatalkan pemesanan di mana, sehingga opini mereka dalam hal ini menjadi sangat jelas."[26] Secara khusus, DeAngelis mengatakan bahwa, ketika melakukan peninjauan antologi Kodomo no Jikan ia menyadari bahwa konten di dalamnya tidak sesuai untuk diterbitkan.[24] Halaman yang diberikan sebagai contoh adalah adegan karakter utama, Rin Kokonoe dan Daisuke Aoki yang terkunci di dalam sebuah ruangan dengan suhu yang sangat dingin. Mereka berdua saling berpelukan agar tetap hangat dengan saling membagikan panas tubuhnya, dan saat yang bersamaan, Rin mengambil kesempatan untuk menggerak-gerakkan selangkangannya terhadap Aoki, hingga hampir membuat Aoki ereksi.[24]

Pada tanggal 7 Juni 2007, Kaworu Watashiya mengirimkan tulisan ke dalam blognya mengenai kontroversi Kodomo no Jikan di Amerika Serikat.[27] Ia mengomentari, "apa yang saya dengar tentang 'isu dalam volume 2 dan setelahnya' membuat saya sadar tentang perbedaan budaya antarnegara."[28] Penulis blog tersebut mengutip contoh dalam volume setelahnya yang menunjukkan hubungan erat antarsepupu dan adegan mandi bersama antara seorang anak dan orang dewasa, akan mengatakan bahwa, "sejujurnya perasaan saya adalah, 'Ini sangat disayangkan, namun apa yang dapat saya lakukan?'"[28]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "ICv2: Seven Seas Kills 'Nymphet'". icv2.com (dalam bahasa bahasa Inggris). Diakses tanggal 14 April 2016. 
  2. ^ Watashiya, Kaworu. "Period 30". Kodomo no Jikan volume 5. Futabasha. 
  3. ^ "New Shoujo Manga Magazine for Boys". Anime News Network (dalam bahasa bahasa Inggris). Diakses tanggal 14 April 2016. 
  4. ^ "コミックハイ! 2013年5月号 - オンライン書店 e-hon". オンライン書店 e-hon (dalam bahasa bahasa Jepang). Diakses tanggal 14 April 2016. 
  5. ^ "Project-H Asks Fans How They Want Their "Kodomo no Jikan"". Crunchyroll (dalam bahasa bahasa Inggris). Diakses tanggal 14 April 2016. 
  6. ^ "アニメ・特撮等映像作品ならバンダイビジュアル【公式サイト】". bandaivisual.co.jp (dalam bahasa bahasa Jepang). Diakses tanggal 14 April 2016. 
  7. ^ "こどものじかん". kojika-anime.com. Diakses tanggal 14 April 2016. 
  8. ^ "ちょっぴり過激な小学生たちの日常を描く、超話題作☆「こどものじかん」のネットラジオがスタートです!". lantis-net.com (dalam bahasa bahasa Jepang). Diarsipkan dari versi asli tanggal 12 Mei 2008. Diakses tanggal 14 April 2016. 
  9. ^ "TVアニメ『こどものじかん』こじからじお on CD ~秋の遠足編~". lantis.jp (dalam bahasa bahasa Jepang). Diakses tanggal 14 April 2016. 
  10. ^ "TVアニメ『こどものじかん』ドラマCD". lantis.jp (dalam bahasa bahasa Jepang). Diakses tanggal 14 April 2016. 
  11. ^ "TV Saitama, Kodomo no Jikan, and axe girl stuff". momotato.com (dalam bahasa bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 14 Februari 2012. Diakses tanggal 14 April 2016. 
  12. ^ "こどものじかん". kojika-anime.com (dalam bahasa bahasa Jepang). Diakses tanggal 14 April 2016. 
  13. ^ "Kodomo no Jikan (Nymphet) Second Term Anime Announced". Anime News Network (dalam bahasa bahasa Inggris). Diakses tanggal 14 April 2016. 
  14. ^ "Kodomo no Jikan Anime's Return Announced (Updated)". Anime News Network (dalam bahasa bahasa Inggris). Diakses tanggal 14 April 2016. 
  15. ^ "TVアニメ『こどものじかん』OPテーマれっつ!おひめさまだっこ/オトメチック初心者でーす". lantis.jp (dalam bahasa bahasa Jepang). Diakses tanggal 14 April 2016. 
  16. ^ "TVアニメ『こどものじかん』EDテーマハナマル☆センセイション/愛情◎エデュケイション". lantis.jp (dalam bahasa bahasa Jepang). Diakses tanggal 14 April 2016. 
  17. ^ "TVアニメ『こどものじかん』オリジナルサウンドトラック". lantis.jp (dalam bahasa bahasa Jepang). Diakses tanggal 14 April 2016. 
  18. ^ "TVアニメ『こどものじかん』キャラクターソングキャラクターソングCD1". lantis.jp (dalam bahasa bahasa Jepang). Diakses tanggal 14 April 2016. 
  19. ^ "TVアニメ『こどものじかん』キャラクターソングキャラクターソングCD2". lantis.jp (dalam bahasa bahasa Jepang). Diakses tanggal 14 April 2016. 
  20. ^ "TVアニメ『こどものじかん』キャラクターソングキャラクターソングCD3". lantis.jp (dalam bahasa bahasa Jepang). Diakses tanggal 14 April 2016. 
  21. ^ "OVA『こどものじかん 2学期』OPテーマ Guilty Future". lantis.jp (dalam bahasa bahasa Jepang). Diakses tanggal 14 April 2016.  line feed character di |title= pada posisi 22 (bantuan)
  22. ^ "OVA『こどものじかん 2学期』EDテーマ 1,2,3 day". lantis.jp (dalam bahasa bahasa Jepang). Diakses tanggal 14 April 2016.  line feed character di |title= pada posisi 22 (bantuan)
  23. ^ "TVアニメ『こどものじかん』べすとこれくしょん". lantis.jp (dalam bahasa bahasa Jepang). Diakses tanggal 14 April 2016. 
  24. ^ a b c Entertainment, Seven Seas; LLC. "Adventures of a Manga Publisher #1 (06-06-07)". gomanga.com (dalam bahasa bahasa Inggris). Diakses tanggal 14 April 2016. 
  25. ^ "Seven Seas Entertainment Talks about Nymphet". Anime News Network (dalam bahasa bahasa Inggris). Diakses tanggal 14 April 2016. 
  26. ^ "Seven Seas' Nymphet Letter 2". Anime News Network (dalam bahasa bahasa Inggris). Diakses tanggal 14 April 2016. 
  27. ^ "十年日記、三年目で挫折。". homepage2.nifty.com (dalam bahasa bahasa Jepang). Diakses tanggal 14 April 2016. 
  28. ^ a b "Nymphet Creator, U.S. Publisher Blog on Cancellation". Anime News Network (dalam bahasa bahasa Inggris). Diakses tanggal 14 April 2016.