Ore no Nōnai Sentakushi ga, Gakuen Rabu Kome o Zenryoku de Jama Shiteiru

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ore no Nōnai Sentakushi ga, Gakuen Rabu Kome o Zenryoku de Jama Shiteiru
Sampul volume pertama light novel yang menampilkan Chocolat
俺の脳内選択肢が、学園ラブコメを全力で邪魔している
(Ore no Nōnai Sentakushi ga, Gakuen Rabu Kome o Zenryoku de Jama Shiteiru)
GenreKomedi, Romansa, Slice of life[1]
Novel ringan
PengarangTakeru Kasukabe
IlustratorYukiwo
PenerbitKadokawa Shoten
ImprintKadokawa Sneaker Bunko
DemografiLaki-laki
Terbit1 Februari 20121 Februari 2016
Volume12
Manga
PengarangTakeru Kasukabe
IlustratorSayaka Itsuki
PenerbitEnterbrain
MajalahFamitsu Comic Clear
DemografiSeinen
Terbit1 Februari 20131 Mei 2015
Volume5
Seri anime
SutradaraTakayuki Inagaki
SkenarioHiroko Kanasugi
MusikSakai Asuka
StudioDiomedéa
Pelisensi
Saluran
asli
Tokyo MX, Sun TV, TVQ, Mie TV, Gifu Broadcasting, BS11, CTC
Saluran bahasa Inggris
Tayang 10 Oktober 2013 12 Desember 2013
Episode10 (Daftar episode)
Video animasi orisinal
SutradaraTakayuki Inagaki
StudioDiomedéa
Pelisensi
Tayang20 Mei 2014
Durasi24 menit
 Portal anime dan manga

Ore no Nōnai Sentakushi ga, Gakuen Rabu Kome o Zenryoku de Jama Shiteiru (俺の脳内選択肢が、学園ラブコメを全力で邪魔している) merupakan sebuah serial light novel yang dikarang oleh Takeru Kasukabe dengan ilustrator Yukiwo. Kadokawa Shoten mempublikasikan ke-12 volumenya antara Februari 2012 hingga Februari 2016. Seri ini diadaptasi ke manga oleh Sayaka Itsuki dan diserialisasikan di Famitsu Comic Clear milik Enterbrain. Seri ini juga diadaptasi ke sebuah serial anime 10 episode dengan sutradara Takayuki Inagaki dan diproduksi oleh Diomedéa, animenya mengudara antara Oktober hingga Desember 2013.

Plot[sunting | sunting sumber]

Seri ini berpusat pada Kanade Amakusa yang menderita sebuah kutukan yang disebut "Zettai Sentakushi" (絶対選択肢) atau dalam bahasa Indonesianya ialah "Pilihan Absolut". Kutukan ini memaksa Kanade untuk memilih salah satu opsi dari beberapa opsi yang muncul di hadapan dirinya, ia tidak memiliki kuasa terhadap opsi apa yang akan muncul. Kebanyakan opsi yang muncul sangatlah aneh yang membuat reputasinya tercemar dan membuat hidupnya sukar. Namun, pada suatu hari, opsi yang ia pilih saat ia pulang dari sekolah membuat seorang perempuan muda yang cantik dan misterius jatuh dari langit. Nantinya, Kanade mengetahui bahwa perempuan tersebut dikirim oleh Dewa untuk membantunya menyelesaikan beberapa misi yang diberikan secara langsung dari Dewa itu sendiri. Setelah menyelesaikan seluruh misi tersebut, kutukan tersebut akan diangkat dari dirinya, tetapi jika ia gagal dalam satu misi saja maka kutukan tersebut akan terus ada di dirinya.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Karakter utama[sunting | sunting sumber]

Kanade Amakusa (甘草 奏, Amakusa Kanade)
Pengisi suara: Toshiyuki Toyonaga, Ikumi Hayama (female form)
Merupakan karakter utama serial ini yang dikutuk dengan "Zettai Sentakushi" dan memaksanya untuk memilih pilihan dari opsi yang tersedia, jika ia tidak memilih, maka ia akan merasakan sakit kepala yang tidak tertahankan. Pada permulaan cerita, ia mengetahui dari Chocolat, bahwa untuk mengangkat kutukan tersebut, ia harus menyelesaikan beberapa misi, kalau ia gagal menyelesaikan misi tersebut sebelum batas waktunya menyebabkan kutukan tersebut akan terus ada di dalam dirinya. Akibat kutukan tersebut, teman sekelasnya menganggapnya orang aneh dan ia masuk menjadi bagian dari "Lima yang Ditolak".
Chocolat (ショコラ, Shokora)
Pengisi suara: Kaori Sadohara
Merupakan karakter yang jatuh dari langit setelah Kanade memilih opsi "Seorang perempuan cantik jatuh dari langit" saat ia dalam jalan pulangnya. Ia memilih nama Chocolat setelah Kanade memberinya kotak berisi cokelat untuk ia makan. Ia diutus oleh Dewa untuk membantu Kanade dalam menyelesaikan misi untuk mengangkat kutukan dari Kanade. Namun, ia sedikit bodoh sehingga ia cukup tidak berguna dalam membantu Kanade. Menurutnya, ia kehilangan ingatannya sebelum ia menerima misi? Dalam volume ke-2 light novel ia masuk ke kelasnya Kanade sebagai 'Hewan Peliharaan'?
Kadangkala, ketika ia membenturkan kepalanya atau mabuk, sisi dalam Chocolat yang tidak kehilangan ingatannya, muncul dalam waktu singkat. Berbeda jauh dengan sisinya yang lain, sisi Chocolat yang ini cerdas, suka menolong, dan lebih memahami tentang kutukan Kanade tersebut. Ia kembali ke dirinya yang biasa ketika ia membenturkan kepalanya lagi atau ia telah siuman dari mabuk. Menurutnya, ia akan kembali ke Dewa ketika kutukan Kanade telah diangkat. Dalam satu kesempatan, setelah mendapatkan kembali ingatannya, ia mencoba menggoda Kanade, tetapi gagal dikarenakan sebuah kotak cokelat membentur kepalanya yang membuat ia kembali ke dirinya yang biasa.

Lima yang Ditolak[sunting | sunting sumber]

"Lima yang Ditolak" (お断り5, Okotowari 5) merupakan lima murid di sekolahnya Kanade yang mempunyai kelakuan yang aneh.
Furano Yukihira (雪平 ふらの, Yukihira Furano)
Pengisi suara: Yui Kondō
Merupakan murid perempuan yang bangkunya berada di belakang Kanade. Ia memiliki selera humor yang aneh dan kadang-kadang memberikan candaan dengan ekspresi datar. Sepertinya ia memiliki perasaan kepada Kanade, tetapi ia menunjukkan sikap tsundere terhadap Kanade. Ia juga memiliki kegemarannya yang dirahasiakan olehnya, yaitu menggemari hal-hal yang imut, terutama kepada sebuah karakter bernama "Babi Putih", ia hanya menampakkan kegemarannya ini jika tidak ada yang ia kenal melihatnya.
Ōka Yūōji (遊王子 謳歌, Yūōji Ōka)
Pengisi suara: Ayumi Tsuji
Merupakan teman sekelasnya Kanade yang biasanya bersikap naif, hiperaktif, tetapi pada saat yang sama ia juga pintar dan biasanya membuat alat yang aneh. Ia merupakan anak dari Presiden UOG, perusahaan yang memproduksi berbagai macam produk. Ia menyadari tentang misi yang dikerjakan oleh Kanade, meskipun ia tidak mengetahui alasan di baliknya, ia kadang-kadang membantu Kanade.
Yuragi Hakoniwa (箱庭 ゆらぎ, Hakoniwa Yuragi)
Pengisi suara: Naomi Ōzora
Merupakan teman semasa kecilnya Kanade. Ia memiliki kebiasaan memanggil semua orang sebagai kakak laki-lakinya ataupun kakak perempuannya. Menurutnya, ia akan merasa sakit jika ia memanggil seseorang selain panggilan kakak laki-laki ataupun kakak perempuan, ataupun ada yang memanggilnya kakak perempuan.
Himeru Hisoka (密 秘, Hisoka Himeru)
Merupakan kakak tingkatnya Kanade. Ia menunjukkan minat baik ke laki-laki maupun perempuan. Ia bahkan menggoda perempuan yang pacarnya ia rebut. Di volume ke-4 light novelnya, Seira menugaskan ia untuk membuat Kanade jatuh cinta kepadanya, tetapi ia tidak mampu untuk menyelesaikannya.
Karasu Yumeshima (夢島 カラス, Yumeshima Karasu)
Pengisi suara: Masami Iwasaki
Merupakan kakak tingkatnya Kanade. Ia merupakan salah satu pemimpin dari murid-murid yang aneh di sekolah. Ia selalu memakai penutup muka.

Lima yang Populer[sunting | sunting sumber]

Lima murid yang paling populer di sekolah, kebalikan dari Lima yang Ditolak.
Seira Kokubyakuin (黒白院 清羅, Kokubyakuin Seira)
Pengisi suara: Hiromi Igarashi
Merupakan ketua dari Dewan Siswa (OSIS) dan pemimpin dari "Lima yang Populer". Ia mengetahui tentang kutukan Kanade, tetapi alih-alih membantu Kanade, ia menggunakannya untuk mengolok-olok Kanade. Sepertinya ia memiliki hubungan dengan Dewa dan mengetahui tentang kutukan Kanade lebih dari karakter lainnya.
Sōka Shishimori (獅子守 想牙, Shishimori Sōka)
Pengisi suara: Takayuki Kondō
Merupakan wakil ketua Dewan Siswa (OSIS) dan murid laki-laki paling populer di sekolah. Ia merupakan murid biasa dan lelah dengan tingkah aneh "Lima yang Ditolak". Ia memiliki lima adik perempuan yang membuatnya enggan dengan orang lain dengan karakter adik perempuan. Ia memiliki sifat tenang.
Konagi Yawakaze (柔風 小凪, Yawakaze Konagi)
Pengisi suara: Misato
Merupakan sahabat Yūōji, ia memiliki tingkah yang sangat polos. Ia merupakan murid perempuan terpopuler ketiga dan memiliki banyak pengagum yang berkeinginan untuk menjaga kepolosannya. Jika ada murid yang mencoba melakukan sesuatu yang menyeleweng kepadanya, penjaganya akan menggebuk murid tersebut.
Ayame Reikadō (麗華堂 絢女, Reikadō Ayame)
Pengisi suara: Rei Matsuzaki
Merupakan murid perempuan yang angkuh dan keras dan selalu berselisih dengan Furano. Ia memiliki payudara yang besar. Kanade, melalui kutukannya, mengetahui bahwa payudaranya diperbesar melalui operasi plastik, Furano, karena menyentuhnya, mengetahui tentang operasi plastik ini, Kanade dan Furano memilih untuk menyembunyikan rahasianya. Menurutnya, tingkahnya yang keras dan operasi plastik pada payudaranya disebabkan oleh teman semasa kecilnya yang menyukai perempuan tsundere.
Tōya Yoshiwara (吉原 桃夜, Yoshiwara Tōya)
Pengisi suara: Kazutomi Yamamoto
Merupakan murid tingkat pertama. Biasanya ia pendiam.

Karakter lainnya[sunting | sunting sumber]

Utage Dōraku (道楽 宴, Dōraku Utage)
Pengisi suara: Akiko Yajima
Merupakan wali kelasnya Kanade yang pada dulunya pernah menderita kutukan yang sama dengan kutukannya Kanade. Meskipun ia bisa berdiskusi dengan Kanade tentang kutukan tersebut, ia tidak mampu memberitahukan tentang cara untuk mengangkat kutukan tersebut atau ia akan mengalami sakit kepala yang tidak tertahankan. Ia akan melindungi kelakuan Kanade jika Kanade melakukan sesuatu yang memalukan selagi ia bisa. Ia memiliki penampilan seperti anak sekolah dasar meskipun umurnya 29 tahun.
Dewa (, Kami)
Pengisi suara: Shinnosuke Tachibana
Merupakan Dewa yang bertanggung jawab dalam misi Kanade untuk mengangkat kutukan Kanade tersebut. Ia biasanya ceroboh dan selalu mengerjai Kanade dengan kutukan tersebut. Menurutnya, ia baru diberikan tugas tersebut dan tidak mampu memberikan banyak bantuan dalam mengangkat kutukan Kanade tersebut. Ia juga menegaskan bahwa opsi di kutukan tersebut bukan ia yang memberikan, Dewa yang memberikannya tidak diketahui.
Aoi Nishino (西野葵, Nishino Aoi)
Pengisi suara: Shin Ginoza
Merupakan kakak tingkat yang memasuki Sekolah Privat Seikou. Meskipun ia memasuki sekolah tinggi yang sama dengan karakter lainnya, ia memiliki penampilan layaknya anak sekolah dasar dan kepribadian layaknya anak kecil.
Kazama (笠間)
Pengisi suara: Takehiro Hasu
Merupakan murid laki-laki di Sekolah Privat Seikou.
Ishioka (石岡)
Pengisi suara: Teppei Akahira
Merupakan murid laki-laki di Sekolah Privat Seikou.
Sakuragawa (桜川)
Pengisi suara: Shusaku Shirakawa
Merupakan murid laki-laki di Sekolah Privat Seikou.

Publikasi[sunting | sunting sumber]

Cetak[sunting | sunting sumber]

Seri light novel dikarang oleh Takeru Kasukabe dengan ilustrasi oleh Yukiwo. Kadokawa Shoten mempublikasikan 12 volumenya di antara 1 Februari 2012 hingga 1 Februari 2016.

Adaptasi manga dengan ilustrasi oleh Sayaka Itsuki, diserialisasikan di majalah daring Famitsu Comic Clear milik Enterbrain antara 1 Februari 2013 hingga 1 Mei 2015. Enterbrain mempublikasikan seri ini dalam lima volume tankōbon antara 13 Juli 2013 hingga 15 Juni 2015.

Anime[sunting | sunting sumber]

Sepuluh (10) episode adaptasi anime dengan sutradara Takayuki Inagaki dan diproduksi oleh Diomedéa mengudara antara 10 Oktober hingga 12 Desember 2013 di Tokyo MX dan di simulcast di Crunchyroll.[2][3] Naskahnya ditulis oleh Hiroko Kanasugi. Desainnya ditangani oleh Hiroyuki Saida dengan konsep dasar dari ilustrasi Yukiwo. Pengarah suaranya ialah Takayuki Yamaguchi dan musiknya diproduksi oleh Mages. Lagu pembukanya ialah "S・M・L☆" (Sweet Melty Love) oleh Afilia Saga dan lagu penutupnya ialah "Taiyō to Tsuki no Cross" (太陽と月のCROSS) oleh Two Formula, grup yang terdiri dari Kaori Sadohara dan Saeko Sōgō. Episode tambahan dirilis dalam Cakram Blu-ray bersamaan dengan rilis volume ke-8 light novel pada 20 Mei 2014.[3]

No. Judul tidak resmi bahasa Indonesia
Judul resmi bahasa Jepang
Tanggal mengudara
1"Kehidupan sehari-hari Amakusa Kanade yang tidak begitu manis/Natto Amakusa Kanade yang tidak terlalu bau"
"甘草奏の甘くない日常 (Amakusa Kanade no Amakunai Nichijō)/甘草奏の臭くない納 (Amakusa Kanade no Kusakunai Nattō)"
10 Oktober 2013 (2013-10-10)
2"Teknik rahasia! Buat mereka tertawa dengan lelucon??/Keberatan! Cobaan Buttaku"
"秘技あり!ブタックジョークで笑わせろ! (Higi Ari! Butakkujōku de Warawasero!)/異議あり!ブタック裁判 (Igi Ari! Burakku Saiban)"
17 Oktober 2013 (2013-10-17)
3"Perempuan dan celana dalam/Kamu masih tetap meilhat celana dalam meskipun punya laki-laki??"
"がーるず&ぱんちらー (Gāruzu & Panchirā)/男物でもパンツが見たい? (Otokomono demo Pantsu ga Mitai?)"
24 Oktober 2013 (2013-10-24)
4"Harem sangatlah luar biasa!/Perasaan terhebat di dunia!"
"ハーレムはスバラC! (Hāremu wa SubaraC!)/世界で一番キモチE! (Sekai de Ichiban KimochiE!)"
31 Oktober 2013 (2013-10-31)
5"Adik perempuan muncul/Perut merasa kesal"
"妹、あらわる (Imōto, Arawaru)/胃、もたれる (I, Motareru)"
7 November 2013 (2013-11-07)
6"Harimau! Harimau! Harimau!/Babi! Babi! Babi!"
"トラトラトラ! (Tora Tora Tora!)/ぶたぶたぶた! (Buta Buta Buta!)"
14 November 2013 (2013-11-14)
7"Serangan mendadak Seira!/Seira, jangan membuatku melepas bajuku"
"清羅出撃! (Seira Shutsugeki!)/清羅、服を脱がさないで (Seira, Fuku o Nugasanaide)"
21 November 2013 (2013-11-21)
8"Orang yang memanfaatkanku tidak akan sepintar ini!?/Benda milikku tidak akan sehebat ini!?"
"俺の居候がこんなに賢いはずがない!? (Ore no Isōrō ga Konna ni Kashikoi Hazu ga Nai!?)/俺の一物がこんなに凄いはずがない!? (Ore no Ichibutsu ga Konna ni Sugoi Hazu ga Nai!?)"
28 November 2013 (2013-11-28)
9"Terkesiap! Kontes berenang yang diisi oleh gadis!/Lentur! Kontes otot yang diisi oleh kakak laki-laki!/Menggali! Kontes penggalian yang diisi oleh pengerajin Jomon!"
"ドキッ!美少女だらけの水泳大会 (Doki! Bishōjo Darake no Suiei Taikai)/ムキッ!アニキだらけの筋肉大会 (Muki! Aniki Darake no Kinniku Taikai) / 土器っ!縄文式だらけの発掘大会 (Doki! Jōmonshiki Darake no Hakkutsu Taikai)"
5 Desember 2013 (2013-12-05)
10"Hidup merupakan rangkaian pilihan/Hidup merupakan rangkaian tugas"
"人生は、選択の連続である (Jinsei wa, Sentaku no Renzoku de aru)/人生は、洗濯の連続である (Jinsei wa, Sentaku no Renzoku de aru)"
12 Desember 2013 (2013-12-12)
OVA"カタオモイ☆乙女 (Kataomoi ☆ Otome)/肩重い☆トメ (Kata Omoi ☆ Tome)/片方ゲイ☆片方ホモ (Katahō Gei ☆ Katahō Homo)"20 Mei 2014 (2014-05-20)

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "My mental choices are completely interfering with my school romantic comedy - Sentai Filmworks". www.sentaifilmworks.com (dalam bahasa Inggris). 
  2. ^ "Ore no Nōnai Sentakushi ga, Gakuen Love Come o Zenryoku de Jama Shiteiru Anime to Air this Fall". Anime News Network (dalam bahasa Inggris). 
  3. ^ a b "NouCome Light Novel to Bundle Unaired Anime on Blu-ray". Anime News Network (dalam bahasa Inggris). 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]