Kisah Tanah Jawa (kelompok)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kisah Tanah Jawa
Investigasi mengenai kisah mistis & mitos sejarah di Pulau Jawa
Informasi pribadi
NegaraIndonesia
Informasi YouTube
Kanal
Tahun aktif21 Mei 2018
GenreMistis dan Mitos
Pelanggan2,68 juta[1]
Total tayang263,804,822[1]
100.000 pelanggan
1.000.000 pelanggan

Diperbarui: 5 Januari 2024

Kisah Tanah Jawa (KTJ) adalah sebuah kelompok yang melakukan investigasi mengenai mistis dan mitos sejarah di pulau Jawa. Bermula dari produksi yang sederhana Kisah Tanah Jawa kini berkembang menjadi salah satu konten kreator terpopuler dengen segmen misteri di Indonesia.

Kisah Tanah Jawa bermula pada tahun 2018 di Yogyakarta. Pada awalnya tim terdiri dari Dienan Silmy, Bonaventura Genta, Om Hao, Mada Zidan, Videografer Monggo, dan Sketsa Day. Dova sendiri baru bergabung pada tahun 2019 dengan posisi project officer. Saat ini total tim KTJ berjumlah 11 orang dengan perubahan posisi di berbagai lini.

Konten-konten penulusuran KTJ tayang rutin di platform Youtube. Sebelum konten diproduksi tim kreatif lebih dulu meriset lokasi penelusuran. Proses riset ini juga melibatkan Om Hao untuk melakukan penerawangan di lokasi yang akan dituju.

Mereka merepresentasikan hasil investigasinya dengan rapi melalui media sosial yang mereka miliki. Tidak hanya membahas di sisi klenik, namun juga memberikan representasi energi dari sisi sejarah. Jadi tidak hanya melihat dari hal kleniknya, melainkan juga mengulas dari sisi sejarah atau sesekali biasanya Hari Hao (Om Hao) memberikan presentasi dari sisi ilmu sipil. Kisah Tanah Jawa mulai intens dalam memuat konten mistis bermula sejak tahun 2017 dan Aktif di YouTube pada tahun 2018.[2]

Anggota[sunting | sunting sumber]

Hari A. Kurniawan[sunting | sunting sumber]

Lahir di Jombang, Jawa Timur pada 13 April 1987 ini merupakan warga Yogyakarta. Ia juga dikenal sebagai praktisi atau ahli retrokognisi seperti time travel. Pria yang dikenal dengan nama Om Hao ini mulai populer setelah diundang dalam beberapa acara di stasiun televisi swasta.[3][4]

Om Hao sempat menulis beberapa buku, seperti Djawa Hidden Story, Jogja Hidden Story, dan Keluarga Tak Kasatmata.[5]

Bonaventura D. Genta[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2016, Genta pernah menulis Keluarga Tak Kasatmata yang sempat viral. Bersama dua orang lainnya. Genta memutuskan keluar dari Kisah Tanah Jawa pada awal 2021.

Mada Zidan[sunting | sunting sumber]

Memulai karir sebagai seorang penulis, ia adalah salah satu orang di balik penulisan buku berjudul Jogja Hidden Story pada 2016.[6]

Mada Zidan kemudian bergabung dengan Om Hao dan Genta untuk menyusun sebuah buku Kisah Tanah Jawa.

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Film yang mereka hasilkan dari skrip yang mereka buat saat ini masih ada satu berjudul Kisah Tanah Jawa: Merapi karya Bonaventura D. Genta dapat disertakan maka film Keluarga Tak Kasat Mata (2017) setidaknya juga bisa dimasukkan menjadi film kedua.

Bibliografi[sunting | sunting sumber]

Seri 1[sunting | sunting sumber]

Seri 2[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "About Kisah Tanah Jawa". YouTube. 
  2. ^ Febriani, Gresnia Arela (2019-09-08). "Kenal Dekat dengan Kisah Tanah Jawa yang Cerita Horornya Bikin Merinding". detikcom. Diakses tanggal 2020-02-20. 
  3. ^ "On The Spot TRANS7". www.youtube.com. Diakses tanggal 17 Oktober 2021. 
  4. ^ "Ini Baru Empat Mata TRANS7". www.youtube.com. Diakses tanggal 17 Oktober 2021. 
  5. ^ Zidan, Mada, dkk (2019). Kisah Tanah Jawa. Jakarta: Gagas Media. hlm. 247. ISBN 978-979-780-933-1. 
  6. ^ "Buku Jogja Hidden Story". goodreads.com. Diakses tanggal 17 Oktober 2020. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]