Kelapa Dua Wetan, Ciracas, Jakarta Timur

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Kelapa Dua Wetan
Negara Indonesia
ProvinsiDaerah Khusus Ibukota Jakarta
Kota AdministrasiJakarta Timur
KecamatanCiracas
Kodepos
13730
Kode Kemendagri31.75.09.1003 Edit the value on Wikidata
Luas3,37 km2
Jumlah penduduk52994 (tahun 2019)
Kepadatan15725 jiwa per km2 (tahun 2019)
Jumlah RT134
Jumlah RW12

Kelapa Dua Wetan (atau kadangkala disingkat KDW dalam penulisan kasual / informal [1][2][3][4][5][6][7], secara harfiah berarti "kelapa dua timur" [8]) adalah salah satu kelurahan di kecamatan Ciracas, kota administrasi Jakarta Timur, provinsi DKI Jakarta, Indonesia. Kelurahan ini adalah kelurahan dengan luas ketiga terbesar di kecamatan Ciracas setelah kelurahan Cibubur (450 ha) dan kelurahan Ciracas (393 ha) [9].

Geografi dan Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada masa kolonialisme abad ke-17, daerah ini disebut dengan Kampong Kalapa Doea atau Klappa Doea [10][11].

Kelurahan Kelapa Dua Wetan berbatasan dengan Kelurahan Cipayung di sebelah timur laut, Kelurahan Ciracas di sebelah utara dan barat, Kelurahan Malaka di sebelah timur, dan Kelurahan Cibubur di sebelah barat dan selatan [12].

Pemerintahan[sunting | sunting sumber]

Terdapat 12 Rukun Warga (RW) dan 134 Rukun Tetangga (RT) dalam kelurahan ini. Secara geografis, kelurahan Kelapa Dua Wetan berada di ketinggian 8 meter dari permukaan laut [13].

Kantor Kelurahan Kelapa Dua Wetan
Kantor Kelurahan Kelapa Dua Wetan

Kantor Kelurahan Kelapa Dua Wetan terdapat di Jalan Raya PKP, dengan Kepala Kelurahan saat ini adalah Sandi Adamsyah, S.E. [14]. Kantor kelurahan ini dilengkapi dengan fasilitas Balai Kelurahan [13]. Kantor yang baru saja selesai direhabilitasi ini diresmikan oleh Sekda (Sekretaris Daerah) Provinsi DKI Jakarta Saefullah pada tahun 2020 bersamaan dengan peresmian kantor kelurahan Pulogebang, Pulogadung, dan Jatinegara[15].

Penegakan Hukum & Militer[sunting | sunting sumber]

Instansi penegakan hukum yang berada di wilayah Kelapa Dua Wetan adalah Pos Polisi Kelapa Dua Wetan (lokasi kantor di Jalan Raya Ciracas No.17, nomor telepon pelayanan 021-87706699 [16]), dengan Ipda (Inspektur Dua Polisi) Made Nuija, S.H. sebagai Kapolsubsektor[17].

Wilayah Kelapa Dua Wetan termasuk ke dalam wilayah kerja Polsek Ciracas (lokasi kantor di Jalan Raya Bogor KM21), dengan Kompol (Komisaris Polisi) Rudy Haryanto sebagai Kapolsek [18].

Dari aspek teritorial, wilayah Kelapa Dua Wetan termasuk ke dalam wilayah Komando Rayon Militer 03/Pasar Rebo Ciracas (lokasi markas di Jalan Mahoni No. 5 Gedong - Pasar Rebo), dengan Mayor Kav Luky Dibyanto sebagai Danramil[19].

Penanggulangan Bencana[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2013, berdasarkan Jakarta Open Data tercatat ada dua kejadian kebakaran di kelurahan ini [20]. Adapun fasilitas penanggunakan bencana kebakaran yang ada di kawasan ini adalah lahan sumbangan warga sejak tahun 2020 yang terletak di sekitar Situ Rawa Bambon [21]. Namun demikian, terdapat Kantor Sektor Ciracas di jalan Poncol dan Pusdiklatkar (nomor telepon 113, 021-8710361, 021-8718880) di kelurahan Ciracas yang terletak tidak jauh dari wilayah kelurahan Kelapa Dua Wetan.

Demografi[sunting | sunting sumber]

Berdasarkan statistik yang dikeluarkan oleh BPS Kota Jakarta Timur [13], karakteristik kependudukan di kelurahan Kelapa Dua Wetan adalah sebagai berikut:

2018 2019 Laju Pertumbuhan Penduduk per Tahun (%)
Populasi Kepadatan Penduduk per km2 Populasi Kepadatan Penduduk per km2
52196 15448 52994 15725 0.76

Rasio Jenis Kelamin (2019): 26327 Laki-laki & 26667 Wanita.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Fasilitas pendidikan yang ada di kelurahan ini cukup banyak dari tingkat SD sampai SMA, baik negeri maupun swasta [13]. Beberapa sekolah yang ada di kelurahan ini antara lain:

SDN Kelapa Dua Wetan 01, SDN Kelapa Dua Wetan 02, SMPN 9 Jakarta, dan SMAN 105 Jakarta.

Menurut data dari BPS Jakarta Timur, rincian fasilitas pendidikan yang ada di kelurahan ini adalah sebagai berikut [13]:

Jenis Sekolah Negeri Swasta Jumlah
Sekolah Dasar 5 1 6
Madrasah Ibtidaiyah 0 5 5
Sekolah Menengah Pertama 1 4 5
Madrasah Tsanawiyah 0 3 3
Sekolah Menengah Atas 1 5 6
Madrasah Aliyah 1 1 2
Sekolah Menengah Kejuruan 0 4 4
Perguruan Tinggi 0 2 2

Kesehatan[sunting | sunting sumber]

Terdapat beberapa fasilitas kesehatan di kelurahan ini untuk menunjang kesehatan warga, antara lain Puskesmas Kelurahan Kelapa Dua Wetan [22](non-rawat inap, nomor telepon 021-87700222[23]) di Jalan Raya Kelapa Dua Wetan serta beberapa klinik swasta. Rumah sakit milik pemerintah juga terdapat tidak jauh dari kelurahan ini yaitu RSUD Ciracas (Rumah Sakit Umum Daerah Ciracas).[24]

Adapun data SDM kesehatan di kelurahan ini, berdasarkan data BPPSDMK Kemkes yaitu [25]:

Rumpun Jenis Jumlah
Medis Dokter Umum 3
Medis Dokter Gigi 1
Kebidanan Bidan Klinik 3
Keperawatan Perawat 4
Kefarmasian Farmasi 1
Gizi Gizi 1
Dukungan Manajemen Pelaporan 3
Puskesmas Kelurahan Kelapa Dua Wetan

Transportasi[sunting | sunting sumber]

Jalan utama yang berlokasi di kelurahan ini antara lain adalah Jalan Raya Kelapa Dua Wetan, Jalan Raya PKP, Jalan Lapangan Tembak, dan Jalan Raya Malaka. Kondisi infrastruktur jalan di kelurahan ini termasuk baik dengan permukaan aspal maupun beton [13], serta dilengkapi dengan saluran air dan penerangan jalan umum yang relatif baik. Kemacetan juga tidak terlalu sering terjadi, dan terbatas di kawasan pertigaan Terowongan Ciracas dan pertigaan antara Jalan Raya Kelapa Dua Wetan - Jalan Raya PKP.

Terminal terdekat adalah Terminal Kampung Rambutan. Stasiun KRL terdekat adalah Stasiun Universitas Indonesia dan Stasiun Tanjung Barat. Stasiun LRT Jabodebek terdekat adalah Stasiun LRT Cibubur dan Stasiun LRT Ciracas yang berada di lintas Cawang - Cibubur [26]. Di kelurahan ini, terdapat dua SPBU Pertamina yang berlokasi di Jalan Raya Kelapa Dua Wetan dan Jalan Raya Ciracas. Jalan tol terdekat adalah Tol Jagorawi, Tol Jakarta Outer Ring Road, dan Tol Cijago, dengan gerbang tol terdekat adalah Gerbang Tol Cibubur dan Gerbang Tol Pasar Rebo

Kelurahan Kelapa Dua Wetan dilewati oleh rute Angkutan Perkotaan (Angkot) maupun Jak Lingko yaitu [27]:

  • T15A: Cililitan - Arundina Cibubur
  • T15: Cililitan - Pondok Ranggon
  • T16: Jambore Cibubur - Pasar Rebo
  • Jak73: Jambore Cibubur - Pasar Rebo

Pariwisata dan Olahraga[sunting | sunting sumber]

Di kawaran ini, terdapat berapa Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) maupun Ruang Terbuka Hijau (RTH) untuk sarana kegiatan pariwisata warga, antara lain:

Tempat wisata maupun restoran lain juga tersedia seperti:

  • Pemancingan di Situ Rawa Bambon (atau dapat disebut juga Situ Kelapa Dua atau Danau PKP)[31] [32]
  • Beberapa cafe yang terletak di Jalan Lapangan Tembak dan Jalan Raya Kelapa Dua Wetan
  • Warung tenda yang menjual pecel lele dan seafood
  • Taman Agrowisata Cilangkap (terletak di kelurahan Cilangkap) [33]
  • Arena billiard

Terdapat setidaknya dua lapangan sepakbola di Kelapa Dua Wetan. Salah satunya yaitu Lapangan Sepakbola Kelapa Dua Wetan (seringkali disebut juga Lapangan Bola Caprina/Kaprina) [34][35][36][37][6][38]. Asal usul penamaan lapangan ini belum diketahui. Lapangan yang berlokasi di pertigaan antara Jalan Malaka, Jalan Raya Kelapa Dua Wetan dan Jalan Lapangan Tembak ini memiliki permukaan rumput berjenis alami, namun belum dilengkapi dengan tribun penonton. Lapangan ini dipergunakan untuk kegiatan sepak bola (seperti pertandingan dan latihan sekolah sepak bola) maupun kegiatan lain seperti salat Id dan pasar rakyat [39][40][41].

Lapangan sepakbola lain yang tersedia di kelurahan ini adalah Lapangan Sepakbola PKP yang terletak di Jalan Raya PKP, tidak jauh dari Situ Rawa Bambon [42].

Situ Rawa Bambon / Waduk Rawa Bambon (seringkali disalahtuliskan sebagai Rawa Babon) adalah salah satu danau yang sempat dinormalisasi oleh Gubernur Joko Widodo pada tahun 2013. Waduk seluas kurang lebih 15 hektar ini dinormalisasi agar kedalamannya menjadi 6 meter. Sebelum perbaikan ini, Situ Rawa Bambon kerap menimbulkan genangan pada waktu hujan deras sehingga berdampak kepada lingkungan di sekitarnya[43][44]. Normalisasi yang dilakukan kala itu direncanakan akan melengkapi situ ini dengan taman dan fasilitas warga seperti Waduk Pluit dan Waduk Ria-Rio.[45][46]


Di kawasan sepanjang jalan PKP, beberapa fasilitas olahraga juga tersedia seperti lapangan futsal, arena badminton [47] serta Gelanggang Remaja Kecamantan Ciracas (berbeda dengan Gelanggang Olahraga Ciracas) yang kebetulan berlokasi di kelurahan ini.

Penginapan

Terdapat setidaknya satu penginapan sederhana di kelurahan ini bagi wisatawan yang membutuhkan tempat menginap di Jalan Raya PKP [48].

Ekonomi dan Bisnis[sunting | sunting sumber]

Sosial, Budaya, dan Keagamaan[sunting | sunting sumber]

Terdapat beberapa fasilitas peribadatan di kelurahan ini untuk berbagai agama, antara lain [13]:

Tempat Peribadatan Jumlah
Masjid 25
Mushola 33
Gereja Protestan 5
Gereja Katolik 1

Adapun tempat ibadah yang cukup dikenal di kelurahan ini adalah GPI Cibubur, Masjid Al-Muhtadun [49], Masjid Ibadur Rahman [50], HKBP Cibubur [51], dan GBI Providensia.

Masjid Al-Muhtadun

Di kelurahan Kelapa Dua Wetan ini, terdapat sebuah yayasan budaya dan kearifan lokal yaitu Yayasan Panggung Rawa Bambon[52].

Tokoh[sunting | sunting sumber]

Tokoh yang berasal dari Kelapa Dua Wetan antara lain:

  • Syarif. Anggota DPRD DKI[53][54][55].
  • Jamaluddin. Anggota Komisi A DPRD DKI Jakarta, Pembina Yayasan Panggung Rawa Bambon[56][52][57].
  • Herlina Kasim. Sukarelawati operasi pembebasan Irian Barat[58][59].

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Wakil Walikota Optimis SDN KDW 01 Raih Juara LSS Tingkat Nasional". 
  2. ^ "Apel Siaga DBD Kel KDW". 
  3. ^ "Profil MAN 15 Jakarta". 
  4. ^ "Anggota Polsek Ciracas Monitoring Kegiatan Normalisasi Kali dI Kelapa Dua Wetan". 
  5. ^ "5 RPTRA Jakarta Timur Diresmikan, Tingkatkan 10 Program PKK". 
  6. ^ a b "Dalam Rangka Mencegah Penyebaran Virus Corona Kelurahan Kelapa Dua Wetan Melakukan Penyemprotan Disinfektan di Ruas Jalan Protokol". 
  7. ^ "PTT Satpol PP dan Dishub DKI Santuni 500 Anak Yatim". 
  8. ^ "Wetan". KBBI Daring. 
  9. ^ "Ciracas Kecamatan". 
  10. ^ "Sejarah Nusantara". 
  11. ^ "Bamboe Apoes". Leiden University Libraries Digital Collections. 
  12. ^ "Kelapa Dua Wetan". Google Maps. 
  13. ^ a b c d e f g "Ciracas Dalam Angka 2020". BPS Jakarta Timur. 
  14. ^ "117 Usulan Dibahas dalam Musrenbang Kelurahan Kelapa Dua Wetan". 
  15. ^ "Sekda DKI Resmikan 4 Kantor Kelurahan di Jakarta Timur yang Rampung". 
  16. ^ "Pelayanan". 
  17. ^ "Sambang Dialogis di Permukiman Warga Kapulsubsektor Kelapa Dua Wetan Beri Penyuluhah Kepada Warga". 
  18. ^ "Kapolsek Ciracas Bersama Tiga Pular Kampanyekan Gerakan Jakarta Bermasker di Rambutan". 
  19. ^ "Sterilisasi Wilayah Upaya Cegah Covid-19 oleh Koramil Pasar Rebo". 
  20. ^ "Rekapitulasi Kejadian Kebakaran Bulanan di Provinsi DKI Jakarta". 
  21. ^ "Damkar Jaktim Kekurangan Markas Warga Kelapa Dua Wetan Sumbang Lahan". 
  22. ^ "Puskesmas KDW". 
  23. ^ "Puskesmas Kelurahan Kelapa Dua Wetan". 
  24. ^ "RSUD Ciracas - Contact". 
  25. ^ "Fasyankes". 
  26. ^ "Lintas Cibubur Cawang". 
  27. ^ "Peta Rute". 
  28. ^ "RPTRA Jaya Makmur". 
  29. ^ "CFD Masih Libur Yuk Wisata Gratis ke Taman Kota di Jaktim". 
  30. ^ "Taman Apung Ciracas". 
  31. ^ "Waduk Rawa Babon Ciracas Jakarta Timur Wisata Alam". 
  32. ^ "GILAA..!! MONSTER RAWA BABON Bikin Tegek Patah || Mancing Ikan Gabus Besar". 
  33. ^ "Kebon Agro Wisata Cilangkap". 
  34. ^ "Tak Hadir Acara Relawan Djarot Dikabarkan Dipanggil Megawati". 
  35. ^ "Lurah Lebak bulus Terbaik Pilihan Pos Kota". 
  36. ^ "Jadwal Kampanye Terbuka Provinsi DKI Jakarta dan Kepulauan Seribu". 
  37. ^ "Gelar Turnamen Sepakbola Relawan Badja Hadirkan Legenda PSSI". 
  38. ^ "penyediaan-jalur-sepeda-oleh-pemprov-dki-diapresiasi". 
  39. ^ "Khatib Berkurban Wujud Ketakwaan". 
  40. ^ "Jadi Khatib Salat Id Mantan Pendeta Ini Jelaskan Makna Berkurban Dalam Islam". 
  41. ^ "DKI Jakarta Gelar 26 Pasar Rakyat". 
  42. ^ "Data Fasilitas Olahraga DKI Jakarta". 
  43. ^ "wali-kota-jakarta-timur-tinjau-pintu-air-waduk-rawa-babon-yang-jebol". 
  44. ^ "Sudin-Tata-Air-Buat-Sodetan-Ke-Waduk-Rawa-Babon". 
  45. ^ "jokowi-segera-sulap-rawa-babon-jadi-waduk". 
  46. ^ "Karier Joko Widodo sebagai Gubernur DKI Jakarta". 
  47. ^ "Taufik Hidayat Arena Diresmikan". 
  48. ^ "Hotels search di Kelapa Dua Wetan (Google Maps)". 
  49. ^ "Djarot safari Ramadhan di Masjid Al Muhtadun Kelapa Dua Wetan". 
  50. ^ "Walikota Buka Puasa Bersama Warga Kelurahan Kelapa Dua Wetan". 
  51. ^ "HKBP Cibubur". 
  52. ^ a b "wakil-wali-kota-jakarta-timur-hadiri-peresmian-yayasan-panggung-rawa-bambon". 
  53. ^ "Fraksi Parta Gerindra". 
  54. ^ "Tampung Aspirasi dan Tempat Berinteraksi Masyarakat, Anggota DPRD DKI Fraksi Gerindra Resmikan Pendopo Garuda Nanggrow". 
  55. ^ "Syarif, M.Si". 
  56. ^ "Yayasan-Panggung-Rawa-Bambon-Gelar-HUT-RI-Ke-75-Ini-Pesan-Bang-Jamal". 
  57. ^ "Politisi-Golkar-Ngantor-Pakai-Baju-Khas-Jawara-Betawi". 
  58. ^ "herlina-kasim-wafat-pending-emas-si-pembebas-irian-barat". 
  59. ^ "pelayat-datangi-rumah-duka-herlina-kasim-si-pending-emas". 

Lihat Pula[sunting | sunting sumber]