Kapal induk Rusia Admiral Kuznetsov

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Russian aircraft carrier Kuznetsov.jpg
Su27K (Su33) DD-SD-99-06153.jpg

Admiral Flota Sovetskovo Soyuza Kuznetsov (Rusia: Адмирал флота Советского Союза Кузнецов "Admiral Armada dari Uni Soviet Kuznetsov") dibangun oleh Black Sea Shipyard, satu-satunya produsen kapal induk Soviet, di Mykolaiv dalam Ukrainian Soviet Socialist Republic. Nama awalnya kapal itu Riga; ia diluncurkan sebagai Leonid Brezhnev, memulai uji coba laut sebagai Tbilisi, dan akhirnya diberi nama Kuznetsov. Kapal ini adalah cruiser pesawat (berat rudal cruiser pesawat yang membawa (TAVKR) dalam klasifikasi Rusia) yang berfungsi sebagai unggulan dari Angkatan Laut Rusia.

Dia awalnya ditugaskan di Angkatan Laut Soviet, dan dimaksudkan untuk menjadi kapal pemimpin kelasnya, tapi satu-satunya kapal lain dari kelasnya, Varyag, tidak pernah selesai atau ditugaskan oleh Soviet, Angkatan Laut Rusia atau Ukraina. Kemudian, lambung kedua ini dijual ke Republik Rakyat Cina oleh Ukraina, selesai di Dalian dan diluncurkan sebagai Liaoning. Kuznetsov dinamai Laksamana Armada Uni Soviet Nikolay Gerasimovich Kuznetsov.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Kapal induk kelas Admiral Kuznetsov merupakan kapal induk terbesar serta tercanggih milik rusia pada saat ini. Serta dikenal selaku Proyek 1143. 5, kelas Brezhnev, ataupun kelas Kreml. Rusia hanya memiliki satu unit yang fungsional, yaitu Laksamana Armada Uni Soviet Kuznetsov. Kendati dinamai selaku Kapal induk oleh pihak Barat, rancangan Kuznetsov sebenarnya mengimplikasikan target yang berlainan dari kapal induk negara Barat.

Istilah yang digunakan oleh pembuat kapal ini ialah tyazholiy avianesushchiy kreyser (TAKR ataupun TAVKR). Untuk persenjataan pelindung armada, Kapal Induk Kuznetsov menggunakan rudal jelajah anti kapal P-700 Granit (nama panggilan NATO SS-N-19: Shipwerck), rudal permukaan menuju ke udara 3K95 Kinzhal (Gauntlet), dan juga pesawat Su-33 (Flanker-D). Pesawat bersayap-tetap diatas Admiral Kuznetsov ditujukan untuk operasi superioritas udara untuk melindungi gugus tugas yang diterjunkan. Kapal induk ini jua mengangkut beragam helikopter untuk peperangan anti kapal selam (ASW) beserta operasi SAR.

Kapal induk satu-satunya yang dimiliki oleh Angkatan Laut Rusia ini memiliki nama resmi Admiral Flota Sovetskogo Soyuza Kuznetsov. Kapal induk yang dikenal selaku Project 1143. 5 ini didesain oleh Nevskoye Planning and Design Bureau, sedangkan basis pembangunannya dipercayakan ke-pada galangan kapal Nikolayev South Shipyard yang terletak di Ukraina. Kapal induk ini diluncurkan pada tahun 1985 dan juga mulai beroperasi dengan cara penuh tahun 1995.

Admiral Kuznetsov ter-masuk salah 1 kapal induk yang sering diganti nama. Awalnya kapal induk ini bernama Riga lalu men-jadi Leonid Brezhnev, lalu berubah men-jadi Tbilisi dan juga terakhir men-jadi Admiral Kuznetsov. Kalau dibandingkan dengan Amerika Serikat, jumlah kapal induk yang dimiliki Rusia memang jauh ketinggalan. Amerika Serikat sendiri mengoperasikan 13 kapal induk terbesar serta tercanggih pada saat sekarang ini, mulai dari USS Nimitz, USS Theodore Roosevelt, USS George Washington, USS John C Stennis, USS Harry S Truman, USS Ronald Reagan, USS Abraham Lincoln, USS George H W Bush, USS Enterprise, USS Kitty Hawk, USS John F Kennedy, USS Dwight D Eisenhower, dan juga USS Carl Vinson.

Referensi[sunting | sunting sumber]