Su-25UTG

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Sukhoi Su-25UTG adalah sebuah pesawat tempur varian Sukhoi Su-25, bermesin ganda dengan pendorong jet diroduksi di Uni Soviet oleh Biro Perancang Sukhoi.

Su-25UTG (Uchebno-Trenirovochnyy s Gakom) adalah varian dari Su-25UB dirancang untuk melatih pilot di lepas landas dan mendarat pada simulasi pembawa dek berbasis lahan, dengan bagian ski-jump miring dan kabel penangkal. Yang pertama terbang pada bulan September 1988, dan sekitar 10 yang diproduksi Sekitar setengah tetap dalam pelayanan Rusia setelah 1991.

Mereka digunakan pada satu-satunya kapal induk Rusia, Admiral Kuznetsov. Sejumlah kecil pesawat ini tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan pelatihan dari kelompok udara pembawa Rusia, sehingga sejumlah Su-25UB dikonversi menjadi Su-25UTG. Pesawat ini dibedakan dengan sebutan alternatif Su-25UBP (Uchebno-Boyevoy Palubny) palubnyy kata sifat yang berarti "dek", menunjukkan bahwa pesawat ini memiliki fungsi angkatan laut. Sekitar 10 pesawat ini sedang operasional di Angkatan Laut Rusia sebagai bagian dari Naval Aviation Resimen 279.

Referensi[sunting | sunting sumber]