Kapal induk Tiongkok Liaoning

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Kapal induk Tiongkok Liaoning (Hanzi Hanzi: 中国人民解放军海军辽宁舰; Pinyin: Zhōngguó Rénmín Jiěfàngjūn Hǎijūn Liáoníng Jiàn), atau disingkat Liaoning (CV-16) adalah kapal induk pertama yang dioperasikan oleh Pasukan Permukaan Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat (People's Liberation Army Navy Surface Force). Liaoning diklasifikasikan sebagai kapal latihan, yang dimaksudkan untuk memungkinkan Angkatan Laut untuk mencoba dan membiasakan diri dengan pengoperasian kapal induk.

Pada awalnya kapal ini dirancang sebagai kapal jelajah pesawat terbang kelas Kuznetsov Rigapada tahun 1985, kemudian pembuatannya dimulai pada tanggal 4 Desember 1988, lalu berganti nama menjadi Varyag pada tahun 1990. Setelah pembubaran Uni Soviet pada tahun 1991, konstruksinya dihentikan dan kapalnya dijual oleh Ukraina. Kapal ini kemudian dibeli pada tahun 1998 dan dibawa ke galangan kapal angkatan laut Dalian di timur laut Tiongkok.

Kapal tersebut kemudian dibangun ulang dan kemudian digunakan oleh Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat sebagai Liaoning pada tanggal 25 September 2012. Kapal ini didesain sebagai kapal tipe 001. Pada bulan November 2016, komisaris politik Liaoning, Kapten Senior Li Dongyou, menyatakan bahwa Liaoning siap untuk bertarung.

Referensi[sunting | sunting sumber]